Home Movie From Low Budget to Box Office

From Low Budget to Box Office

Thursday, November 20, 2014 - 18:07
Bagikan
Facebook Twitter Email

Banyak orang menganggap film-film dengan budget rendah akan sulit bersaing di pasaran, terutama di pasar Hollywood yang akrab dengan visual effect canggih. Namun, siapa sangka kalau ternyata ada banyak film Hollywood low budget yang berhasil masuk ke barisan top box office. Keuntungan yang diperoleh film-film ini bahkan terbilang sangat fantastis dibandingkan biaya produksinya. Percaya atau nggak, kunci utama dalam suatu film adalah ide cerita yang menarik dipadu directing yang pas. Berikut lima judul film low budget yang sukses membuktikan hal tersebut:

1. Lost in Translation (2003)

Film yang dibintangi oleh Bill Murray dan Scarlett Johansson ini berbiaya produksi sekitar US$ 4 juta. Bercerita tentang petualangan kecil seorang aktor ternama Hollywood di Tokyo dengan seorang perempuan muda yang tak sengaja ditemuinya, film ini menyuguhkan cerita drama sederhana yang menarik. Tapi, sejak dirilis, film Lost in Translation sukses meraup keuntungan US$ 120 juta dan menembus jajaran box office di tahun 2003.

2. Slumdog Millionaire (2008)

Lo pasti nggak asing dengan judul film ini. Mengambil ide cerita tentang seorang pemuda miskin asal India yang berhasil memenangkan kuis bergengsi Who Wants to be A Millionaire, film Slumdog Millionaire sukses di pasaran. Slumdog Millionaire mengguncang box office Hollywood dengan pendapatan film sebesar US$ 377 juta. Berlipat-lipat kali dari biaya produksinya yang sebesar US$ 15 juta saja.

3. Paranormal Activity (2009)

Para pencinta film horror pasti nggak bakal melewatkan film ini. Film yang menampilkan penampakan makhluk-makhluk supranatural dalam rekaman CCTV di sebuah rumah ini berhasil menarik perhatian publik. Paranormal Activity yang berkonsep footage film, ternyata hanya diproduksi dengan budget US$ 15.000. Gilanya, film ini malah sempat menduduki urutan teratas box office di minggu kedua perilisannya dengan pendapatan yang dihasilkan sebesar US$ 193 juta!

4. The King’s Speech (2010)

Diangkat dari kisah nyata Raja George VI dari Britania Raya yang berlatih mengatasi gagap dalam menyampaikan pidato, The King’s Speech diproduksi dengan biaya US$ 15 juta. Sukses masuk ke berbagai penghargaan bergengsi mendongkrak pendapatan film ini. Tercatat The King’s Speech bertahan selama sebelas minggu di top ten box office dengan total pendapatan US$ 414 juta lebih.

5. Dallas Buyers Club (2013)

Dallas Buyers Club diadaptasi dari kisah nyata Rob Woodroof, seorang pengidap HIV/AIDS asal Dallas, Texas, yang berjuang mencari serta memasarkan obat-obatan bagi pengidap HIV/AIDS lainnya di tahun 80-an. Dibintangi jajaran aktor ngetop Hollywood yaitu Matthew McConaughey, Jared Leto, serta Jennifer Garner, Dallas Buyers Club berhasil masuk box office dan memperoleh pendapatan sebesar US$ 55 juta. Berlipat dari biaya produksi yang hanya US$ 5 juta.