Trending
Selasa, 16 Februari 2016

Sisi Artistik Michael Jackson di Film Barunya

  • Share
  • fb-share
Sisi Artistik Michael Jackson di Film Barunya

Sudah lewat hampir 7 tahun sejak sang Raja Pop, Michael Jackson, meninggal di usia 50 tahun. Selama lebih dari 4 dekade, MJ telah menjadi figur musisi yang punya sumbangan besar di dunia musik. Karir menyanyinya sudah dimulai sejak kecil bareng band yang dibuat bareng saudara-saudaranya, Jackson 5. Saat memulai karir solo, tidak butuh sampai 10 tahun buat MJ sukses mendobrak dunia musik internasional dan jadi musisi yang dominan. Meski pun lo nggak menggandrungi MJ banget, setidaknya lo pasti tahu lagu-lagunya yang berjudul Beat It, Billie Jean, atau Thriller. Nggak ketinggalan, lo juga pasti kenal dengan gaya Moon Walknya MJ.

 

Observasi Penuh Buat Cerita Soal Sang Raja Pop

MJ adalah sebuah sosok yang legendaris. Kematiannya di tahun 2009, bikin penggemarnya di berbagai belahan dunia sedih banget. Suara dan gaya nyentrik MJ, dipadu dengan musik pop dan lirik yang catchy, memang jadi senjata utama MJ. Bukan cuma nyanyi soal cinta, MJ juga sering nyampein pesan-pesan kritis dan moral yang berhubungan dengan isu kemanusiaan di lagu-lagunya. Meski pun MJ punya kecenderungan narsis, tapi kalau lo perhatiin, dia bisa nggak tampil sama sekali di video lagunya yang bercerita soal kehidupan manusia. Setidaknya, lo pasti pernah dengar lagu Heal the World yang dalem banget itu, Urbaners!

Karena kisah hidup dan perjalanan karirnya yang nggak kayak artis biasa, Spike Lee membuat suatu film dokumenter tentang MJ. Lee ngasih judul Michael Jackson’s Journey from Motown to Off the Wall buat film dokumenter ini. Kurang lebih, film tersebut nyeritain soal gimana awal mula MJ sukses, mulai dari pas dia masih bareng saudara-saudaranya, sampai bikin debut solo. Film ini punya observasi luar biasa tentang kehidupan MJ. Jadi, bakal cocok buat lo yang suka banget sama MJ.

Menurut Lee, nggak ada detail yang terlalu kecil buat ditunjukkin dari seorang Michael Jackson. Makanya, film yang sudah tampil di Sundance ini penuh dengan detail musik dan lagu karya MJ.

 

Nggak Bahas Skandalnya Sang Raja Pop

From Motown to Off the Wall adalah karya kedua Lee yang mendokumentasi soal Jackson. Tahun 2012, Lee pernah membuat dokumentasi tentang pembuatan album Bad. Kedua film dokumenter itu sama-sama menampilkan sisi artistik MJ, dan bukan soal skandal yang pernah dialaminya. Biar begitu, keduanya nggak membosankan karena orang-orang yang terlibat dalam perkembangan hidup MJ juga mendapat sorotan dan kebagian ngomong dalam film. Hasilnya, dokumentasi terasa penuh energi.

Kalau penasaran buat nonton filmnya, lo nggak perlu bersabar terlalu lama. Menurut kabar, bulan ini lo bisa menikmati From Motown to Off the Wall kok, Urbaners. Ditunggu saja kapan rilisnya, ya!

 

Sumber: www.newyorker.com

Comments
Selvi eyang surun
Mamtap bosqu
Lukmanul hakim
Observasi Penuh Buat Cerita Soal Sang Raja Pop