Trending
Selasa, 30 Agustus 2016

4 Film Indonesia yang Sukses Merajai Festival di Luar Negeri

  • Share
  • fb-share
4 Film Indonesia yang Sukses Merajai Festival di Luar Negeri

Indonesia nggak haus prestasi perfilman luar negeri. Setiap tahun pasti ada saja pasti ada saja film Indonesia yang berhasil menggondol penghargaan festival di luar negeri. Terakhir kita mengatahui bahwa Prenjak karya Wregas Bhanuteja ini menjadi film pendek terbaik di kategori Semaine de la Critique 2016 dalam festival film Cannes. Selain Prenjak, ada beberapa film karya anak bangsa yang sukses di festival luar negeri, apa saja film tersebut?

 

05:55

Film pertama berjudul 05:55 karya Tiara Kristiningtyas dan Mohammad Azri dari Komunitas Film Independen Yogyakarta. Berkisah tentang sudut Yogyakarta sebelum terjadinya gempa hebat di tahun 2006. Film 05:55 ini berhasil menjadi film terbaik dalam kategori Global Short Film Awards 2016.

 

The Fox Exploits The Tiger’s Might

Sang sutradara yaitu Lucky Kuswandi in berhasil masuk ke dalam 10 besar kategori film pendek terbaik di Film Cannes. Walaupun akhirnya gagal memenangkan, tetapi film The Fox Exploits The Tiger’s Might ini berhasil memberikan motivasi bahwa film Indonesia juga dapat berprestasi di Film Cannes. Akhirnya film Prenjak berhasil memenangkan film terbaik di kategori dan festival yang sama.

 

What They Don’t Talk When They Talk About Love

Film What They Don’t Talk When They Talk About Love ini keluar pada tahun 2013. Karya sutradara Mouly Surya ini mengisahkan seorang remaja penyandang cacat yang jatuh cinta, dengan segala keterbatasannya, remaja tersebut ingin mendapatkan cintanya. Film ini berhasil ditayangkan dua kali di festival Film Cannes. Kemudian film ini juga masuk ke dalam World Cinema-Dramatic­ di ajang Sundace Film Festival 2013.

 

The Mirror Never Lies

Film karya Kamila Andini ini berhasil ditayangkan di beberapa festival internasional. Bahkan di Festival Film Cannes 2011, The Mirror Never Lies ini berhasil mendapatkan standing ovation oleh ratusan penonton. Selain ditayangkan di Festival Film Cannes, film ini juga tayang di Festival des Antipodes di St. Tropez.

Setiap tahun pasti ada saja film Indonesia yang berjaya di festival luar negeri. Terus berkaya sineas film Indonesia.

 

Source: flickmagazine.net

Comments
John Hutabarat
mantap bro
Selvi eyang surun
Mantap bos