Home Movie BAFTA TV Awards 2019: Women Ruled the Night
 BAFTA TV Awards 2019: Women Ruled the Night

BAFTA TV Awards 2019: Women Ruled the Night

Monday, May 13, 2019 - 17:09
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalau Amerika punya Emmy Award untuk memberi penghargaan kepada pelaku industri televisi, maka Britania Raya punya BAFTA TV Awards. Tahun ini, BAFTA TV Awards baru saja selesai diselenggarakan pada Minggu, 12 Mei waktu setempat. Memberikan panggung untuk women empowerment, BAFTA TV Awards 2019 mendapatkan review yang cukup positif. Hal ini pun menjadi salah satu momen paling spesial dalam sejarah industri pertelevisian British.

 

Kategori yang didominasi wanita

Kategori yang didominasi wanita

Setahun belakangan ini, layar TV British memang cukup didominasi oleh wanita. Mulai dari munculnya Doctor Who wanita pertama hingga kehadiran serial killer wanita di series berjudul Killing Eve. Hal ini ternyata sampai juga ke BAFTA TV Awards 2019, Urbaners. Ada cukup banyak kategori yang nominasinya didominasi oleh wanita.

Salah satunya adalah kategori Best Scripted Comedy, yang dimenangkan oleh Julia Davis untuk serial Sally4Ever. Ada juga Lucy Worsley yang mendapatkan Specialist Factual Award untuk film dokumenternya. Walaupun begitu, aktris Ruth Wilson mengatakan dalam speech-nya bahwa Britania Raya sebetulnya masih kalah dari Amerika dalam hal penciptaan tokoh wanita yang kuat.

 

Killing Eve raih paling banyak piala

Killing Eve raih paling banyak piala

BAFTA TV Awards 2019 menjadi malam yang begitu spesial bagi Killing Eve, sebuah series tentang serial killer dan seorang spy. Mereka berhasil menyabet kategori bergengsi Best Actress, yang diraih oleh Jodie Comer. Ia mengalahkan Sandra Oh, yang juga menjadi tokoh wanita utama di Killing Eve. Nggak cuma itu, Killing Eve juga membawa pulang piala Supporting Actress (Fiona Shaw) dan tentunya kategori Best Drama Series.

 

Benedict Cumberbatch bawa pulang piala Best Actor

Benedict Cumberbatch bawa pulang piala Best Actor

Nama Benedict Cumberbatch sudah nggak asing lagi di dunia film maupun pertelevisian British. Cumberbatch kembali menunjukkan kemampuan aktingnya dengan membawa pulang piala Best Actor di BAFTA TV Awards 2019 kemarin. Piala tersebut didapatkan berkat akting Cumberbatch di serial Patrick Melrose. Ia berhasil mengalahkan Hugh Grant, Lucian Msamati, dan Chance Perdomo.

 

Walaupun mungkin perjalanan masih panjang, BAFTA TV AWARDS 2019 menjadi salah satu bukti bahwa wanita bisa membuktikan diri selama mereka diberi kesempatan. Apakah ada jagoan lo yang berhasil membawa pulang piala BAFTA TV AWARDS 2019?

 

 

Sources: Bbc.com, telegraph.co.uk