• Movie
  • Lebih Dekat dengan Stephen Hillenburg, Creator Spongebob SquarePants

Lebih Dekat dengan Stephen Hillenburg, Creator Spongebob SquarePants

Fri, 30 November 2018
Lebih Dekat dengan Stephen Hillenburg, Creator Spongebob SquarePants

26 November 2018 kemarin menjadi hari yang menyedihkan di Nickelodeon dan dunia kartun, dikarenakan Stephen Hillenburg, creator kartun Spongebob SquarePants, meninggal dunia akibat penyakit ALS yang sudah diderita sejak tahun 2017. Hillenburg memang berada di bayang-bayang kartunya sendiri. Nggak seperti kreator kartun terkenal lain, Hillenburg memang lebih silent.

Demi menghormati Stephen Hillenburg yang telah berjasa membuat kartun Spongebob SquarePants menjadi salah satu kartun terbaik yang pernah dibuat oleh Nickelodeon, di bawah ini akan dibahas sedikit mengenai bagaimana latar belakang Stephen Hillenburg membuat Spongebob sebelum meninggal dunia.

 

Penggemar dunia laut sejak kecil

Penggemar dunia laut sejak kecil

Ayah dari Hillenburg merupakan seorang marinir sebelum akhirnya menjalani profesi sebagai drafter dan desainer di aerospace industry. Dari situ, masa kecil Hillenburg sudah dikelilingi oleh gambar ayahnya. Saat kecil, Hillenburg suka menggambar dunia laut, tetapi itu nggak menjadi fokus utamanya. Saat kuliah, Hillenburg mengambil jurusan kelautan di Humbolt State University. Tetapi di sela-sela kuliah, ternyata Hillenburg mengambil mata kuliah seni di waktu senggang, menjadikan kemampuan menggambarnya terus terasah.

Setelah lulus kuliah, Hillenburg bekerja sebagai art director di San Francisco sebelum mengajar ilmu kelautan dan sejarah kelautan di Dana Point. Di sela-sela mengajar itulah Hillenburg membuat sebuah komik edukasi tentang dunia laut yang bertujuan untuk mengenalkan dunia bawah laut kepada anak-anak. Komik pertamanya ini berjudul The Intertidal Zone. Salah satu karakter utamanya yaitu Bob The Sponge.

 

Awal mula Spongebob SquarePants

Awal mula Spongebob SquarePants

Tahun 1986, rekan kerjanya yaitu Martin Olson melihat komik dari Hillenburg dan mendoronya untuk membuat sebuah animasi. Setelah berdiskusi, muncullah karakter utama yaitu spon, kepiting, cumi-cumi, dan bintang laut. Kemudian pada 1992, Hillenburg mulai fokus bekerja sebagai animator dan karya pertamanya adalah The Green Baret dan Wormholes. Yup Urbaners, Spongebob SquarePants bukan animasi pertama dari Hillenburg. Baru di tahun 1997, Hillenburg melakukan pitching ke Nickelodeon dan terealisasi 2 tahun kemudian.

Untuk konsep per karakter yang dibuat oleh karakter utama ini, Hillenburg terinspirasi dari tokoh komedi Amerika Serikat Pee-wee Herman (Spongebob), kemudian Patrick Stars dibuat sebagai tokoh yang innocent, Squiward adalah tokoh opposite dari Spongebob, kemudian Mr. Krabs terinspirasi dari manajer restoran di tempatnya dulu bekerja.

Sejak 1999 sampai 2004, Hillenburg menjadi penulis, produser, dan direktor dari Spongebob SquarePants. Kemudian dirinya mundur karena sudah merasa mencapai titik puncak dalam hidupnya. Karya terakhir Hillenburg adalah The Spongebob SquarePants Movie (2004) dan secara mengejutkan di film The Spongebob Movie: Sponge Out of Water (2015), dirinya kembali menjadi penulis dan eksekutif produser.

Stephen Hillenburg sudah tiada, karyanya sekarang abadi di semua imajinasi anak-anak atau bahkan orang dewasa yang dulu menggemari Spongebob. Selamat jalan Hillenburg.

 

 

Source: hypebeast.com

Tom Holland Dirumorkan Muncul di Venom 2

Tuesday, December 31, 2019 - 15:28
Tom Holland berperan sebagai Spider-Man dalam kostum merah-biru, berdiri di dekat kereta api

Berkat karakter Spider-Man yang dimainkannya, Tom Holland sukses menjadi salah satu fan favorite di Marvel Cinematic Universe (MCU). Untungnya Sony dan Marvel berhasil mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, sehingga Spider-Man pun bakal tetap bisa muncul di film-film MCU berikutnya.

Tapi ternyata ada film lain yang rumornya juga bakal “didatangi” oleh Tom Holland, yaitu Venom 2. Saat ini, sekuel dari Venom tersebut memang sedang dalam masa produksi. Tom Holland dikabarkan bakal muncul sebagai cameo.

 

Bagian dari Kesepakatan Sony dan Marvel

Ilustrasi Spider-Man yang sedang melawan Venom. Tampak Venom sedang mencekik Spider-Man

Pada bulan Agustus 2019 lalu, Sony dan Marvel sempat mengalami konflik yang membuat fans Spider-Man cukup was-was. Mengingat pengembangan film Spider-Man versi 2012 dan 2014 yang dinilai kurang berhasil, Sony pun memutuskan buat “meminjamkan” Spider-Man kepada Marvel. Namun, karena isu pembagian keuntungan, deal tersebut pun sempat bermasalah.

Untungnya, sekitar dua bulan kemudian, telah dikonfirmasi bahwa Sony dan Marvel telah mencapai kesepakatan. Spider-Man pun bisa muncul di film-film Marvel berikutnya! Nah, sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, kabarnya Spider-Man bakal muncul di film Venom 2.

 

Masih dalam Tahap Awal Negosiasi

Dikutip dari situs Cinemags.co.id, kabarnya saat ini Tom Holland masih dalam tahap awal negosiasi untuk membahas kemunculannya di Venom 2. Jadi, belum bisa dipastikan 100% apakah pria asal Inggris tersebut bakal benar-benar menjadi cameo. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinannya cukup besar. Apalagi saat ini memang Venom 2 masih memasuki tahap produksi dalam pengerjaannya. Everything can happen!

 

Belum Pasti Tom Holland Bakal Muncul Seperti Apa

Tom Holland sebagai Spider-Man, dalam kostum merah-biru, berjongkok di dekat pesawat

Walaupun kemungkinan Tom Holland muncul di Venom 2 cukup besar, belum diketahui juga secara pasti bentuk kemunculannya. Maksudnya, sampai sekarang pun belum ada bocoran apakah Tom Holland bakal muncul sebagai Spider-Man atau justru tanpa kostum. Tapi sepertinya fans nggak terlalu memperhatikan hal tersebut. Selama Sony nggak melepaskan ikatan antara Spider-Man dan Venom, kemungkinan besar fans bakal tetap happy.

 

Bagaimana menurut lo, Urbaners? Apakah lo termasuk tim yang excited menunggu kehadiran Tom Holland di film Venom 2 nanti?

 

 

Sources: media.skyegrid.id, hai.grid.id, cinemags.co.id