Home Movie Westworld, Serial Televisi yang Mengundang Penasaran Para Scientist dan Roboticist
Westworld, Serial Televisi yang Mengundang Penasaran Para Scientist dan Roboticist

Westworld, Serial Televisi yang Mengundang Penasaran Para Scientist dan Roboticist

Friday, June 8, 2018 - 08:30
Bagikan
Facebook Twitter Email

Serial televisi Westworld pertama kali muncul pada bulan Oktober 2016. Setelah itu, semua orang langsung terkesima dengan jalan cerita, teknologi yang digunakan, sampai bagaimana detail science di serial ini. Beberapa media di luar sana beramai-ramai membedah satu per satu episodenya, mereka kemudian membandingkan apakah isu yang ada di Westworld sama seperti yang ada sekarang.

Bagi lo yang penasaran bagaimana sebenarnya proses development dari serial Westworld, berikut ini petikan wawancara dari David Eaglemen, seorang neuroscientist dari Stanford University yang ternyata ikut menjadi penulis dan scientific adviser.

 

8 jam meeting bersama produser dan writer

Jauh sebelum serial Westworld dimulai, ternyata sang produser sangat tertarik dengan masukan dari para neuroscientist. David Eagleman adalah nama pertama yang dijadikan rujukan pembuatan naskah Westworld. Eagleman juga bukan orang baru di dunia robot dan neuroscientist, dirinya pernah mengisi seminar TED Talk dengan topik serupa.

“Saya pernah bertemu dengan penulisnya. Kemudian saya terbang ke Los Angeles untuk meeting dengan produser dan writer. Saya meeting 6 hingga 8 jam tentang bagaimana masa depan robot dan kemungkinan robot memiliki kesadaran,” ujar Eagleman seperti dikutip dari sciencemag.org.

 

Robot hampir sama seperti manusia

David Eagleman mempunyai pandangan yang sangat mengejutkan dari masa depan robot di dunia. Eagleman mengatakan bahwa perkembangan robot ini sejatinya seperti manusia. Dulu manusia nggak bisa makan, dan membuat mereka belajar proses untuk mencari bahan-bahan, memasak, kemudian baru makan. Sama seperti robot, dulu robot mungkin hanya bisa bicara, sekarang robot udah memasuki fase berpikir dan mempertahankan diri.

“Kita dulu ingin terbang seperti burung, dan kita membuat pesawat. Tetapi setelah pesawat jadi, kita malah bisa membuat pesawat yang bisa terbang lebih lama dan lebih cepat dari burung. Sama seperti membuat otak pada robot, pada prosesnya kita akhirnya bisa membuat lebih dari ekspektasi,” ujar Eagleman.

Westworld sudah memasuki Season 2 dan episode terakhir akan tayang 24 Juni 2018 mendatang. Bagi lo yang tertarik, lo masih belum terlalu tertinggal untuk melihat bagaimana robot bisa mulai berpikir dan berempati.

 

Source: sciencemag.org