12 Musisi dengan Lagu Jazz Terbaik. Wajib Masuk Daftar Playlist Lo! - MLDSPOT
  • Music News
  • 12 Musisi dengan Lagu Jazz Terbaik. Wajib Masuk Daftar Playlist Lo!

12 Musisi dengan Lagu Jazz Terbaik. Wajib Masuk Daftar Playlist Lo!

Thu, 04 February 2021
Lagu Jazz Indonesia

Popularitas musik jazz terus menanjak di tanah air. Hal ini karena liriknya easy listening dan mudah dikombinasikan dengan berbagai genre musik lainnya.

Tidak heran keberadaan jazz di Indonesia sangat digemari oleh banyak orang. Jika lo pecinta jenis musik ini, wajib simak tuntas 10 daftar lagu dan musisi terpopuler sepanjang masa, check this out. 

 

•             MLD Jazz Project - Valeria

lagu jazz Indonesia

Credit image - Liputan6

MLD Jazz Project Season 1 mendapat kesempatan berkolaborasi dengan beberapa musisi jazz papan atas Indonesia. Dalam album ini menyumbang sebuah lagu berjudul Valerie, dan proses pembuatannya tak terlalu sulit mengingat rekan-rekannya punya taste musik yang luar biasa.

 

        A Long The Way - Eva Celia

 

Lagu yang berjudul “A Long Way” dan menjadi tindak lanjut dari album debut “And So It Begins” yang dirilis dua tahun silam. Lagu dengan tipe modern sound dan vintage twist adalah percakapan tentang mencintai dan menghormati diri sendiri, “pelajaran berharga yang saya dapat saat berada di titik terendah” ujar Eva Celia.

 

        Di Senayan - Ardhito Pramono

 

Album yang rilis pada tahun 2017 ini memuat lima buah lagu, yakni What Do You Feel About Me. Di Senayan, The Sun, Bitterlove dan I Placed My Heart. Lagu ini terinspirasi dari sosok gadis yang muncul dalam mimpinya. Pria yang pandai bermain alat musik piano, gitar, bas, dan drum itu mengukapkan bahwa lagu tersebut diciptakan-nya hanya dalam satu malam saja.

 

•             Nurlela - Trio Lestari

 

Lirik "Nurlela" ini dipublikasikan pada tanggal 11 Desember 2014 dan diciptakan oleh Adi Bing Slamet. setelah diaransemen ulang oleh Trio Lestari jadi lebih menarik lagi untuk didengar kembali di masa sekarang.

 

•             Teman Sejati - Mocca

lagu jazz Indonesia

Credit image – cnnindonesia

"Teman Sejati" merupakan lagu yang dipopulerkan oleh grup band Mocca. Lagu ini dirilis bertepatan pada hari kasih sayang tahun 2018. Dipilih menjadi lagu utama dalam album mereka yang bertajuk Lima, Riko selaku penulis lagu ini mengatakan bahwa lagu ini mewakili warna keseluruhan album yang sesuai dengan citra Mocca yang positif.

 

•             In Your Wonderland - Teddy Aditya

 

Lagu ini menceritakan suatu pertanyaan tentang pasangan yang tak bisa bersatu hingga sang pria berkata “Can I be your man in your wonderland?” Pada video klip, Teddy ingin mengangkat tema wonderland dan sekaligus mempromosikan Indonesia yang punya tempat-tempat yang bisa disebut Wonderland.

Tempat syuting untuk pengambilan video In Your Wonderland yaitu Bromo(Jawa Timur), Cangar(Batu-Malang), Coban Sewu (Lumajang-Jawa Timur), dan Kawah Ijen (Bondowoso-  Jawa Timur).

 

•             Indahnya Dunia - Andien

 

Single utama dari album terbaru Andien bertajuk “Metamorfosa”  seolah-olah mengajak lo kembali ke masa lalu. Penggarapan lagu ini dimulai sejak awal kehamilan Andien, sehingga lagu-lagu dalam album ini agak terasa lebih sensitif dan perasa, bro. Di video klipnya pun lo bakal melihat sisi dari dunia yang berbeda.

 

        Winter Song - Isyana Sarasvati

lagu jazz Indonesia

Credit image – wartakota

Setelah meluncurkan dua single dari album Paradox miliknya, penyanyi Isyana Sarasvati kembali merilis single terbaru dari albumnya itu. Lagu tersebut berjudul Winter Song dan sudah dirilis pada 9 Juli lalu. Lagu ini paling bermakna, dikarenakan makna dari lagu tersebut memberikan motivasi kepada orang-orang untuk bangkit menghadapi hidup.

 

•             Aku Ingin - Indra Lesmana

 

Lagu berjudul “Aku Ingin” ini menjadi hits andalan Indra Lesmana di album solonya dan menjadi lagu jazz terbaik Indonesia di tahun 90-an.

Liriknya bercerita tentang keinginan seseorang untuk bebas dan terlepas dari masa lalunya. Cocok banget nih buat lo yang masih belum bisa move on!

 

•             If I See You Tomorrow - Vira Talisa

 

“If I See You Tomorrow” dan “Walking Back Home” Frentos mungkin akan berpikir jika yang menyanyikan lagu tersebut pastinya musisi yang berasal dari luar negeri, maka jangan heran jika dirinya menjadi highlight di kalangan penyuka musik kontemporer.

 

•             Kisah dari Jakarta - White Shoes and The Couples Company

lagu jazz Indonesia

Credit image - indiemarket.news

White Shoes and The Couples Company adalah salah satu band indie alternatif yang telah menelurkan beberapa lagu jazz terbaik. Lagu “Kisah dari Selatan Jakarta” merupakan single ke-12 dari album studio mereka berjudul “Vakansi”.

 

•             Saat Kau Milikku - Barry Likuwahuma

 

Nama Barry Likumahuwa Project sangat populer di kalangan para pecinta musik jazz. Di setiap perhelatan konser jazz, band ini menjadi salah satu band yang dinantikan kehadirannya loh. Salah satu lagu mereka yang cukup populer adalah “Saat Kau Milikku” pernah menjadi runner up chart lagu top track di last.fm.

Itulah deretan lagu dan musisi jazz terbaik yang wajib menjadi playlist lo. Apa udah ada salah satunya, bro?

Bikin Terobosan Lagi, Feel Koplo Remix Gurita Kota-nya The Panturas!

Mon, 01 March 2021
Feel Koplo

Sekarang ini dalam memberikan preferensi genre musik udah bukan sebuah hal yang harus ditutup-tutupi lagi. Mungkin kalau kilas balik 5 tahun ke belakang, mendengarkan genre musik tertentu masih jadi hal yang diperdebatkan atau bahkan menuai hujatan – salah satunya genre musik dangdut.

Berkat kemajuan industri musik saat ini, banyak grup-grup musik dangdut yang hadir dan berhasil menguasai industri musik Indonesia, salah satunya duo DJ Feel Koplo.

Feel Koplo emang terkenal banget dengan lagu-lagu pop yang di remix dengan tambahan musik gendang ala musik dangdut dan juga keunikan musik dengan kearifan lokal khas Feel Koplo. Siapa sangka, ternyata musik feel koplo yang sering dianggap aneh ini punya banyak penggemar!

Baru-baru ini, Feel Koplo baru aja ngerilis remix-an barunya – yaitu lagu Gurita Kota milik grup band The Panturas. Pastinya nggak menghilangkan identitas gendang dan musik ala Feel Koplo, lagu ini seakan jadi punya daya tarik yang baru.

Penasaran sama remix-an Gurita Kota ini? Langsung aja simak ulasannya di bawah ini!

Kolaborasi 2 Grup asal Bandung

Feel Koplo

Credit image – Grid ID

Feel Koplo merupakan duo DJ yang berasal dari Bandung dan memang membesarkan namanya di kota kembang ini. Nggak jauh beda dengan The Panturas – yang berasal dari Bandung juga, kedua grup ini terlihat punya kedekatan tersendiri.

Sebagai grup yang memiliki musik yang membawa identitas kearifan lokal, Feel Koplo membuat lagu Gurita Kota menjadi lebih ‘lokal’ dengan alunan gendang khas Feel Koplo. Dari musik The Panturas yang bisa dibilang anak band banget – yaitu permainan irama bass dan drum yang kental, remix-an lagu ini jauh dari kata fail – alias sukses banget untuk terlihat lebih menarik!

Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad berhasil membawa nuansa musik koplo ke lagu Gurita Kota milik The Panturas dan membuat para penggemarnya menikmati musik hasil remix-an ini.

Kenapa lagu ‘Gurita Kota’?

Feel Koplo emang terkenal sering nge-remix lagu pop dengan ciri khas yang acak-acakan ala musik dangdut angkot – hal inipun terbukti karena beberapa bulan lalu mereka baru aja ngerilis lagu baru dan memasang lagu tersebut di angkot-angkot kota Bandung.

Di antara sekian banyak lagu The Panturas, Feel Koplo lebih memilih me-remix lagu Gurita Kota dari album Mabuk Laut. Lagu Gurita Kota emang udah menarik perhatian tersendiri bagi para pendengarnya – hal inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh Feel Koplo. Meskipun Gurita Kota bukanlah lagu pertama The Panturas yang di remix oleh Feel Koplo.

Mengutip dari Pop Hari Ini, Ikhsan mengatakan pemilihan lagu Gurita Kota dipilih karena memberikan nuansa meriah dan mengundang orang untuk bergoyang. Lagu yang punya makna bahwa polusi udara dari asap kendaraan yang ada di Ibukota mulai meresahkan.

Lagu ini dianggap  sebagai realita yang dirasakan oleh masyarakat urban. Hal ini juga senada dengan identitas Feel Koplo yang sering membahas mengenai kehidupan masyarakat urban. Remix-an dari Gurita Kota ini membuat lagu dari The Panturas ini semakin menarik dan punya tarik yang berbeda dari lagu aslinya.

Sampai Dibikinin Music Video, Bro!

Feel Koplo

Credit image - Youtube

Dari ulasan di atas pasti lo udah paham – kalau Feel Koplo benar-benar menjadikan lagu Gurita Kota ini sebagai lagu yang mengajak lo untuk bergoyang bersama dan menikmati realitas Ibukota dengan cara berjoget ria.

Selain ngajak joget, Feel Koplo juga mengajak para pendengarnya buat nostalgia masa kecilnya dengan menyajikan Music Video dari Gurita Kota versi remix-annya. Bukan Feel Koplo namanya kalo nggak menyajikan sesuatu yang unik – karena di video ini, mereka menyajikan mainan masa kecil yang biasa dimainkan oleh anak-anak tahun 90-an.

Seakan kearifan lokalnya nggak cukup di musik aja – di video ini Feel Koplo memberikan gambaran mainan kapal-kapalan zaman dulu yang ditaruh di atas kubangan air dan juga sebuah ember. Visualisasinya pun keren banget – pas kata ‘tenggelam’, si kapal pun ikutan tenggelam!

Emang bukan Feel Koplo deh kalo nggak menyajikan sesuatu yang unik dan aneh. Tapi keanehan dengan konotasi positif inilah yang menjadikan image Feel Koplo menarik dan diterima masyarakat. Untuk remix-an Gurita Kota sendiri udah bisa lo nikmatin di seluruh platform musik digital kesayangan lo. Jadi, udah siap joget bareng, bro?

 

Feature image - Arsnews