• Music News
  • Bob Dylan Umumkan Akan Segera Rilis Album Berjudul "Rough and Rowdy Ways"

Bob Dylan Umumkan Akan Segera Rilis Album Berjudul "Rough and Rowdy Ways"

Wed, 13 May 2020
Bob Dylan mengenakan topi sambil memainkan gitar listrik di atas panggung

Penyanyi dan penulis lagu ternama kebanggaan Amerika Serikat, Bob Dylan, menggemparkan industri musik dunia dengan kabar perilisan album terbarunya berjudul “Rough and Rowdy Days.” Bob Dylan masuk ke dalam jajaran musisi dunia yang berani merilis album di tengah pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai.

Untuk menemani para penggemar, berikut informasi lengkap seputar album baru Bob Dylan yang akan dirilis di bulan Juni. Bahkan, lo sudah bisa menikmati tiga lagu di dalam album tersebut.

 

Telah Merilis Tiga Lagu

Bob Dylan mengenakan jas hitam, bernyanyi dengan mic di atas panggung

Sejak bulan Maret 2020, tampaknya Bob Dylan mulai disibukkan dengan berbagai aktivitas promosi untuk album terbarunya ini. “Murder Most Foul” menjadi lagu pertama dari album Rough and Rowdy Ways yang dikeluarkan oleh Bob Dylan. Lagu ini berdurasi 17 menit dan langsung menduduki peringkat nomor 1 dalam Rock Digital Song Sales versi Billboard.

Melanjutkan prestasi gemilang dari Murder Most Foul, sebulan kemudian Bob Dylan pun kembali menyapa fans melalui lagu “I Contain Multitudes.” Membawa nuansa country ke dalam lagu, Bob Dylan pun berhasil menunjukkan keahliannya dalam memproduksi lagu-lagu dalam berbagai genre.

Siapa yang sangka, di bulan Mei pun Bob Dylan mengeluarkan lagu ketiga “False Prophet” sekaligus mengumumkan bahwa ia akan merilis album terbarunya berjudul Rough and Rowdy Ways pada tanggal 19 Juni mendatang. Lagu False Prophet sendiri bernuansa blues dengan lirik yang lebih dark dibanding kedua lagu sebelumnya. Ketiga lagu ini akan dimasukkan ke dalam album terbaru Bob Dylan.

 

Double Album, Versi CD dan Vinyl

Tampilan album vinyl “Rough and Rowdy Days” karya Bob Dylan

Informasi mengejutkan mengenai album Rough and Rowdy Days ini perihal format album tersebut. Bob Dylan memutuskan untuk merilis albumnya dalam format double album, artinya memiliki 2 disc dan berdurasi lebih panjang dibanding single album. Kalau lo suka mengoleksi vinyl klasik, lo juga bisa membeli album Bob Dylan yang satu ini dalam versi vinyl.

Sudah bisa dikonfirmasi bahwa akan ada 10 lagu, sudah termasuk tiga lagu yang sudah dirilis, dalam album Rough and Rowdy Days. Mengingat durasi panjang dari lagu Murder Most Foul, nggak heran kalau sang legenda musik Amerika ini memutuskan untuk menggarap double album. Daftar lengkap berisi judul-judul lagu dalam album ini akan segera diumumkan oleh Bob Dylan, jadi tunggu saja ya, Bro!

 

Album Original Pertama Setelah Delapan Tahun

Momen Bob Dylan mendapatkan penghargaan dari Barrack Obama, Presiden AS saat itu

Bob Dylan memang pernah merilis tiga album sebelum Rough and Rowdy Days. Namun, album terbaru ini menjadi album pertama selama delapan tahun yang berisi lagu-lagu original ciptaan Bob Dylan. Album “Tempest” terakhir dirilis di tahun 2012, diikuti oleh tiga album berisi lagu-lagu yang di-cover Bob Dylan, yakni “Shadows in the Night” (2015), “Fallen Angels” (2016), dan “Triplicate” (2017).

Sejauh ini, reaksi para kritikus dan penggemar menyambut baik kehadiran album baru Bob Dylan. Ketiga lagu yang sudah dirilis pun mendapat ulasan yang memuaskan, kembali membawa Bob Dylan ke masa keemasannya pada waktu album “Blond on Blonde.” Bob Dylan juga masih mengusung tema American society ke dalam albumnya, terbukti dari beberapa penggalan lirik ketiga lagunya.

Rasanya tidak sabar untuk mendengar alunan lagu dari album terbaru Bob Dylan sambil bersantai atau beraktivitas #MumpungLagiDirumah saja ya, Bro!

 

 

 

Sources: The Guardian, Variety, Billboard.

The Chainsmokers akan Jadi Host untuk Festival EDM Virtual Pertama

Fri, 29 May 2020
Salah satu penampilan panggung The Chainsmokers

Di tengah pandemi, banyak banget festival musik yang dibatalkan dan para musisi dengan kreatifnya menghadirkan konser virtual yang bisa lo nikmati #MumpungLagiDirumah saja. Konser virtual EDM yang diselenggarakan oleh Sirius XM ini diberi judul DisDance. Sekilas terdengar seperti “distance,” sesuai dengan kondisi terkini kita semua. Festival EDM virtual pertama ini dibawakan langsung oleh The Chainsmokers.

 

Akan Berlangsung Selama Tiga Hari

Andrew Taggart dan Alex Pall tersenyum ke kamera dalam salah satu panggung mereka

Keseruan dari festival virtual DisDance ini berlangsung selama tiga hari. SiriusXM secara eksklusif menunjuk Andrew Taggart dan Alex Pall dari The Chainsmokers untuk meramaikan festival EDM ini dari rumah mereka. Festival EDM ini berlangsung pada 22 hingga 24 Mei 2020 lalu. Disiarkan secara langsung dari saluran BPM milik SiriusXM.

Festival virtual ini sukses jadi obat rindu para pecinta musik EDM dan yang nggak bisa kemana-mana, apalagi seru-seruan di festival dalam waktu dekat. Apalagi set musik EDM dimainkan dalam waktu yang cukup panjang, yakni tiga hari di akhir pekan. Waktu yang tepat Bro buat bersenang-senang dan melepas penat sejenak.

 

Jadi Bentuk Support untuk Industri Musik

Penampilan spektakular The Chainsmokers dengan tembakan kembang api dari sisi panggung

Festival virtual ini juga dilengkapi dengan set eksklusif milik Avicii di tahun 2011. Sedikit banyak dapat mengobati para penggemar musisi dengan nama asli Tim Bergling yang meninggal di tahun 2018 lalu. Set yang dijadikan penghormatan pada musisi EDM yang satu ini disambut positif para penggemar musik EDM.

Nggak hanya itu, panggung EDM virtual ini juga akan menyumbangkan keuntungan serta sejumlah donasi bagi MusicCares. Tujuannya untuk dapat mendukung para pekerja di industri musik yang membutuhkan dan terdampak dari adanya pandemi ini. Apalagi mengingat nggak ada lagi konser dan festival yang diadakan, beberapa pekerja di industri musik juga ikut merugi tanpa ada pekerjaan selama pandemi.

 

Line Up Musisi EDM Terbaik

Alex Pall dan Andrew Taggart berpose dengan apparel serba hitam

Nggak hanya dibawakan oleh musisi EDM terbaik seperti The Chainsmokers saja, Bro. Festival EDM virtual yang sudah berlangsung ini diramaikan jejeran musisi EDM yang nggak kalah keren dan eksklusif pula. Termasuk juga musisi-musisi EDM dengan nama besar seperti Afrojack, Alesso, Armin van Buuren, Gryffin, Kaskade, Krewella, Kygo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nggak lupa juga musisi EDM yang populer dan lagu-lagunya banyak jadi hits, seperti Major Lazer, Marshmello, Martin Garrix, Steve Aoki, juga Tiësto. Ada juga set ekslusif milik Avicii yang tadi sempat disebutkan di atas. Ini adalah penampilan Avicii dalam acara eksklusif milik SiriusXM di tahun 2011.

Kebayang ya betapa serunya festival EDM yang disiarkan dari set masing-masing line up musisi EDM ini. Tujuannya pun nggak semata-mata untuk menghibur lo yang ada di rumah atau mengobati kerinduan lo akan ramainya suasana festival EDM. Tetapi sekaligus juga membantu dan memberi kontribusi berarti di tengah pandemi yang sedang berlangsung ini.

 

 

 

Sources: The Billboard, TicketNews, SiriusXm