Erwin Gutawa Rilis Symphonesia: Albumnya di Bikin di Abbey Road Studio! - MLDSPOT
  • Music News
  • Erwin Gutawa Rilis Symphonesia: Albumnya di Bikin di Abbey Road Studio!

Erwin Gutawa Rilis Symphonesia: Albumnya di Bikin di Abbey Road Studio!

Wed, 17 March 2021
Symphonesia

Tahun ini emang banyak banget musisi yang mencoba bikin karya baru dan merilis album barunya. Selain untuk menghibur para penikmat musik dan penggemarnya, hal ini juga dilakukan para musisi agar terus produktif di era new normal ini.

Kali ini, giliran musisi Erwin Gutawa nih yang meluncurkan album barunya. Album yang dirilis berterapatan dengan hari musik nasional – yaitu tanggal 9 Maret lalu ini disambut hangat oleh para penikmat musik tanah air.

Dengan judul ‘SYMPHONESIA’, Erwin Gutawa membawa konsep remake dengan format instrumental dan orkestra simfonik. Berisi total delapan lagu, berisi apa aja ya album SYMPHONESIA ini? Langsung aja simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Album yang Berisikan Delapan Lagu

Symphonesia
Credit image – Youtube, Visualizer Lagu Memori oleh Erwin Gutawa

Album dengan konsep instrumental dengan iringan musik orkestra simfonik ini dibuat oleh Erwin Gutawa dengan delapan lagu di dalamnya. Lagu-lagu yang dipilihnya ini cukup beragam – mulai dari pop, dangdut, hingga lagu ballad.

Lagu yang sudah pernah eksis beberapa tahun ke belakang dan di remake versi orkestra oleh Erwin Gutawa ini antara lain:“Memori” (Ruth Sahanaya), “Bukan Cinta Biasa” (Afgan), “Alamat Palsu” (Ayu Ting Ting), “Pelangi di Matamu” (Jamrud), “Firasat” (Marcell), “Di Dadaku Ada Kamu” (Vina Panduwinata), “Kala Sang Surya Tenggelam” (Chrisye), dan “Menghitung Hari” (Krisdayanti).

Alasan Erwin Gutawa Memilih Lagu Tersebut

Symphonesia

Credit image - Mousaik

Lagu dengan berbagai genre yang dipilih Erwin Gutawa ini pastinya membuat banyak orang bertanya-tanya; kenapa lagu-lagu tersebut yang dipilih ya?

Tenang, MLDSPOT punya jawabannya!

Melalui perilisan persnya, Erwin Gutawa mengatakan bahwa lagu-lagu tersebut dipilih karena melodi asli dari lagunya udah bagus banget dan nggak asing lagi untuk didengar oleh masyarakat Indonesia. Lagu yang mayoritas udah dirilis bertahun-tahun ke belakang ini ternyata udah punya tempat masing-masing di hati masyarakat Indonesia – tanpa terpaku pada satu genre aja.

“Melodi merupakan suatu unsur penting dalam sebuah karya instrumentalia, maka dari itu harus dapat bercerita karena tidak ada lirik yang terkandung dalam lagunya”, ujar Erwin Gutawa melalui rilisan persnya.

Dibantu Oleh Sang Putri, Gita Gutawa

Symphonesia

Credit image – Fimela

Ketika lo masih duduk di bangku sekolah, pasti pernah denger nama Gita Gutawa dong? Lagunya yang sempat mengisi tangga lagu Indonesia pada era 2010-an ini ternyata ikut membantu proses pembuatan album SYMPHONESIA ini, bro!

Pada album ini, Gita Gutawa ikut membantu sang ayah di bangku produser. Nggak cuma sang putri, album ini juga dibantu oleh 60 musisi orkestra di Vienna, Austria yang juga tergabung sebagai Synchron Stage Orchestra. Kolaborasi besar dari album instrumental dan orkestra ini emang nggak main-main, pantes aja hasil albumnya keren banget ya!

Proses Pembuatan Dilakukan di Negara Terpisah

Di atas udah dibahas kalo album ini juga berkolaborasi dengan 60 musisi orkestra dari Vienna, Austria. Nggak cuma itu, ternyata proses pembuatan album ini juga dilakukan di berbagai negara!

Proses mixing dan mastering dilakukan di negara terpisah, bagaimana mixing dilakukan oleh Eko Sulistyo di Jakarta dan mastering oleh Simon Gibson di Abbey Road Studio, London. Siapa yang nggak tau Abbey Road Studio? Yup, studio yang identik dengan rekaman studio The Beatles ini ikut membantu proses pembuatan album ini, bro!

Nggak cuma itu, Erwin juga dibantu oleh Johannes Vogel – yaitu konduktor dari Synchron Stage Orchestra dan Dimitrie J. Leivici dan Marina Dimitrova – yaitu concertmaster yang pernah terlibat dalam produksi dari film-film Hollywood.

Wah, album ini emang diproduksi sama Erwin Gutawa dengan effort yang ekstra ya, bro. Untuk album SYMPHONESIA ini bisa lo nikmati di berbagai platform musik digital kesayangan dan juga ada beberapa visualizer dari lagu ini yang diunggah oleh Erwin Gutawa di kanal resmi Youtube-nya. Selamat menikmati!

 

Feature image - Medcom

Setelah 12 Tahun, Kings of Convenience Ngasih Surprise Lagu Baru!

Sat, 08 May 2021
Kings of Convenience

Sejak awal mendengarkan lagu, apakah lo punya satu lagu yang selalu dikenang – iya kan? Sebagai penikmat musik, pastinya lo juga punya musisi atau band yang selalu jadi favorit lo kan?

Mungkin sekarang musisi atau band yang dulu lo suka dengerin udah nggak produksi lagu lagi dan alhasil lo dengerin lagu-lagu lawanya lagi dan lagi. Kalo kayak gini, lo pasti jadi kangen sama musisi atau band favorit lo itu nggak sih? Pasti lo pengen dong denger mereka punya lagu baru.

Baru-baru ini, duo folk asal Norwegia – Kings of Convenience mengumumkan bahwa mereka bakal kembali produktif bermusik dalam waktu dekat. Kembalinya duo ini diawali dengan merilis single baru.

Lagu baru yang ear-catchy dan jadi yang pertama setelah 2009 lalu pastinya bikin para penggemarnya. Penasaran kembalinya grup ini kayak apa? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kembali Setelah 12 Tahun

Setelah terakhir mengeluarkan karyanya pada 2009 lalu, duo musik ini sebenarnya sudah membocorkan kalo mereka bakal kembali ke dunia musik sejak 2019 lalu. Kabar baik dari duo musik ini tentunya disambut baik oleh para penggemarnya.

Kabar burung ini beredar karena mereka sempat mengatakan bahwa akan menggarap album keempatnya. Namun saat merekam, mereka merasa kurang materi dan kurang sempurna pada proses produksinya. Akhrinya, mereka mencoba istirahat sejenak dan baru sempat melanjutkan proyek ini hingga dirilis pada 2021 ini.

Comeback dengan Lagu “Rocky Trail”

Kings of Convenience

Credit image – Kings of C on Twitter

Comeback ini ditandai dengan dirilisnya single baru mereka dengan tajuk “Rocky Trail”. Duo yang terdiri dari Erlend Øye dan Eirik Bøe ini kayaknya benar-benar serius akan kembali menjadi produktif dalam bermusik lagi.

Lagu yang ear-catchy ini emang jadi lagu yang worth it banget buat dinikmati setelah 12 tahun lamanya para penggemar nggak menikmati lagu baru dari mereka. Tapi yang menjadi fakta unik – lagu ini sebenarnya udah mereka rekam pada tahun 2016 lalu. Lalu akhirnya mereka memutuskan untuk merilis lagu “Rocky Trail” sebagai penanda comeback mereka di tahun 2021.

Menyapa Penggemar Kembali

Kings of Convenience

Credit image – Spotify

Sebagai musisi yang udah cukum lama vakum dari dunia musik, Kings of Convenience pastinya banyak dirindukan oleh banyak penikmat musik. Musisi yang terakhir kali meluncurkan karya mereka pada 2009 dengan album “Declaration of Dependence”.

Jadi album terakhir dalam vakumnya – dan berhenti berkarya selama 12 tahun, lagu “Rocky Trail” berhasil bikin para penggemarnya menghilangkan rasa kangennya.

Pada perilisan lagu ini – tepatnya 27 April 2021 kemarin, Kings of Convenience mengunggah pengumuman comeback-nya melalui jejaring Instagram bahwa mereka akan merilis lagu baru. Lagu baru ini juga bukan lagu yang satu-satunya dirilis untuk comeback-nya, melainkan jadi awal dari langkah baru mereka dalam bermusik.

Unggahan mereka pada instagram yang bertuliskan “Thanks for waiting, hope you will like it – Erlend and Erik“ ini berhasil membuat para penggemar nggak sabar menantikan lagu baru lainnya yang akan dirilis di tahun ini.

Penasaran nggak sih sama lagu-lagu baru yang bakal dirilis sama King of Convenience? Tungguin aja perilisan satu album comeback dari duo ini ya, bro!

 

Feature image – Rocky Trail