Sudah Ada yang Dengar Single Terbaru Isyana Sarasvati 'Unlock the Key'? - MLDSPOT
  • Music News
  • Sudah Ada yang Dengar Single Terbaru Isyana Sarasvati 'Unlock the Key'?

Sudah Ada yang Dengar Single Terbaru Isyana Sarasvati 'Unlock the Key'?

Wed, 11 November 2020
Bagaimana menurut lo lagu terbaru isyana yang judulnya unlock the key?

Sudah di bawah naungan label sendiri, Isyana Sarasvati jadi lebih bebas buat berkreasi – well, ini dibuktikan dari single terbaru Isyana yaitu ‘Unlock the Key’. Single ini sudah dirilis dari 28 Oktober 2020 kemarin, lho.

Label rekaman dari Isyana, yaitu Redrose Records menjadi rumah baru buat dirinya berinovasi di industri musik terlepas ia sudah tidak lagi berada di bawah payung Sony Music Entertainment Indonesia.

Bicara soal lagu atau single terbaru dari Isyana ini, jika dilihat dari judulnya yaitu ‘Unlock the Key’ – Isyana mau cerita soal apa sih ini? Kalau lo sudah mendengarkan lagunya – jelas nuansa rock progressive cukup kental dan makin menarik karena dilengkapi oleh sentuhan tutti khas Isyana Sarasvati.

Pastinya lo juga makin penasaran nih kalau sebenarnya – di lagu yang terbaru ini, Isyana mau membagikan pengalaman yang seperti apa nih? Jika ditelisik dari liriknya – Isyana seperti bercerita soal gejolak pengalaman pribadinya sendiri, bro.

Namun kalau dari sisi musik – well, lo sudah paham kan bagaimana Isyana mengkomposisikan nada dan melodi yang selalu terngiang di telinga? Komposisi musiknya cukup megah karena sentuhan string section yang merepresentasikan begitu dewasanya sekarang Isyana ini.

 

Isyana dan ‘Unlock the Key’

Bagaimana menurut lo lagu terbaru isyana yang judulnya unlock the key?

Credit Image: kumparan.com

Dilansir dari ringtimesbali – pada tanggal 1 November 2020 lalu, pihak management Isyana memberikan penjelasan terkait dengan rilisnya single terbaru tersebut. Mereka bilang kalau single ini adalah kumpulan dari berbagai momen kompleks yang dialami oleh Isyana.

Bagi Isyana sendiri, satu-satunya cara untuk tetap bisa mengekspresikan perasaannya adalah dengan bermusik. Nah ‘Unlock the Key’ adalah salah satu representasi dari segala gejolak yang terjadi di dalam diri Isyana.

Buat lo yang sudah penasaran dengan lirik lagu ‘Unlock the Key’ dari Isyana ini, lo bisa melihat official lyric video yang dirilis di kanal Youtube dari Isyana Sarasvati. Wah sudah ada ratusan ribu penonton lho buat video itu.

Single terbaru Isyana ini mendapatkan berbagai macam reaksi, lho dan yang pasti mendapatkan sambutan dan respon yang begitu positif dari para penggemarnya. Perlu lo ketahui nih bro – sebelum rilis single terbaru ini, Isyana sempat mengunggah konten di akun instagrammnya yang mengisyaratkan kalau ia ingin punya label rekaman sendiri!

 

Berharap Karyanya Selalu Bisa Diterima

Bagaimana menurut lo lagu terbaru isyana yang judulnya unlock the key?

Credit Image: pramborsfm.com

Musisi mana sih yang tidak ingin kalau karyanya bisa selalu diterima oleh banyak kalangan, terutama di industri musik di Indonesia. Isyana pun begitu. Dirinya selalu berharap, terutama di single terbarunya ini untuk bisa diterima dan dinikmati oleh semua kalangan.

Isyana juga berharap pada dirinya, manajemen dan label rekamannya kalau kedepannya ia terus selalu berusaha untuk menghasilkan karya dan punya kontribusi untuk dunia atau industri musik di Indonesia ini.

Ngobrolin soal karya, apakah lo ingat kapan pertama kali Isyana merilis single di Indonesia? Terjun ke Indonesia pada tahun 2014 dengan single ‘Keep Being You’ – lagu tersebut cukup terngiang-ngiang di kepala banyak kalangan.

Dari single tersebut sampai kurang lebih di tahun 2019, total album yang sudah dirilisnya ada 3, yaitu Explore! Di tahun 2015, Paradox di tahun 2017, dan LEXICON di tahun 2019. Wah apakah mendekati akhir tahun nanti akan ada kejutan dari Isyana? Masih belum tahu bro!

Terkait dengan label musik atau label rekaman yang akhirnya ia bangun – ada visi misi yang mesti dihormati atau dapat respect bro dari banyak kalangan. Isyana menyatakan dirinya selalu memimpikan untuk membangun sebuah tempat di mana tempat itu jadi rumah untuk berbagai kreasi music.

Ia menganalogikan label rekamannya seperti sebuah kuntum mawar yang ia harap – label rekaman tersebut jadi rumah untuk berkembang dan jadi sesuatu yang indah dan cermelang. Wah memang oke nih visi misinya.

Kalau jadi musisi – apakah lo mau masuk label rekamannya Isyana?

Wah bagaimana nih bro? Kalau lo sudah makin penasaran dengan single terbarunya Isyana – langsung saja cek di bawah ini ya!

 

Feature Image – cnnindonesia.com

Menikmati Musik Jazz dari Waktu ke Waktu

Tue, 23 February 2021
Musik Jazz

Kalau berbicara soal musik jazz, sepertinya nggak akan ada habisnya. Udah ada sejak lama, jazz merupakan salah satu genre musik yang cukup populer banyak kalangan. Perkembangannya pun terbilang cukup menarik – kini, jazz tak hanya sekedar musik lantai dansa, tapi musik yang makin berjaya dari masa ke masa.

Nggak melulu hanya dinikmati oleh kalangan dewasa, tetapi kini para anak muda pun semakin keranjingan dengan aliran musik ini. Well, apakah lo juga termasuk pecinta musik jazz, bro? Perlu diakui, genre musik ini memang timeless – alias nggak ada matinya!

Meski popularitasnya semakin meninggi, bahkan nggak sedikit musisi jazz yang semakin bermunculan. Tetapi, perjalanan genre musik ini, lebih tepatnya di Indonesia – telah melalui perjalanan yang panjang, lho. Dari populer, sempat meredup, hingga kembali diminati.

Nah, tanpa perlu basa basi – berikut ini ulasan mengenai perjalanan musik jazz dari waktu ke waktu yang wajib lo simak, bro!

 

Tahun 1919, Jadi Tahun Awal Masuknya Musik Jazz ke Indonesia

Musik Jazz

Credit Image - k-state.edu

Perjalanan panjang musik jazz di Indonesia, diawali dengan masuknya genre musik ini di tahun 1919. Melalui piringan hitam dari The American Jazz Band, masyarakat mulai mengenal dan menggandrungi musik jazz. Bahkan, ternyata The American Jazz Band pun merupakan musisi jazz pertama yang pernah datang ke tanah air, lho.

Berlanjut ke tahun 1950an – popularitas musik jazz semakin memuncak. Di tahun ini aliran musik jazz juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perjalanan nggak selalu mulus, popularitas musik jazz pun pernah mengalami pasang surut.

Mulai dari sempat mengalami penurunan popularitas dalam beberapa dekade, hingga kini tetap berjaya dan semakin diminati oleh para kalangan. Perjalanan musik jazz dari waktu ke waktu – memang menjadi kisah unik yang patut ditunggu.

 

Pasang Surut Perjalanan Musik Jazz di Indonesia

Musik Jazz

Credit Image - goodnewsfromindonesia.id

Selayaknya genre musik lainnya, perjalanan musik jazz di Indonesia pun pernah mengalami pasang surut popularitas. Berawal di tahun 1950an – dimana jadi puncak berjayanya musik jazz. Thanks to grup Chen Brothers yang punya peran besar terhadap perkembangan musik tersebut.

Nggak hanya melahirkan sejumlah klub dan festival musik jazz saja, tetapi Chen Brothers juga berhasil mendongkrak popularitas aliran jazz di masyarakat luas – berkat salah satu additional players dari band tersebut, Jack Lesmana yang merambah ke dunia televisi untuk mengenalkan musik jazz.

Setelah sempat meredup, musik jazz berhasil berjaya kembali di tahun 1980 hingga 1990an. Pada tahun yang sama, deretan musisi ternama – mulai dari Elfa Secoria, Benny Likumahuwa, hingga Ireng Maulana berhasil menghadirkan musik jazz yang dapat dinikmati para kalangan muda. Di tahun tersebut – musik jazz sering diputar di lantai dansa.

Masih di tahun yang sama, yaitu 1980an – mengikuti jejak sang ayah, Indra Lesmana membantuk band jazz Krakatau yang jadi idola para remaja di masa tersebut. Diiringi dengan kehadiran Dwiki Darmawan dan Gilang Ramadhan – yang membuat musik jazz makin digandrungi.

Popularitas musik jazz semakin memuncak ketika dibentuknya Institut Musik Indonesia dan Sekolah Musik Indonesia – kedua tempat tersebut dianggap sebagai pencetak musisi jazz terbaik di Indonesia, lho!

Harus kembali mengalami surutnya popularitas, di tahun 1990an peminat musik jazz kembali menurun. Kedatangan berbagai genre musik lain, mulai dari elektro pop, dance, dan melayu – membuat musik jazz dianggap sebagai aliran musik membosankan, musik tua, hingga bikin ngantuk!

Badai pasti berlalu – begitu pula dengan perjalanan musik jazz di Indonesia. Di akhir tahun 90, musisi Syaharani hadir dengan album ‘What a Wonderful World’ bersama Bubu Chen, Benny Likumahuwa, Sutrisno, Oele Pattiselano, dan Cendi Luntungan. Album inilah yang akhirnya mengantarkan musik jazz ke era yang lebih modern.

 

Tahun 2000-Hingga Kini: Masa Kejayaan Musik JazzMusik Jazz

Credit Image - indonesia.travel

Jadi momen terbaik untuk perjalanan musik jazz, di tahun 2000an – deretan musisi jazz kembali bermunculan. Andien, Tompi, Maliq & D`Essentials, Raisa, dan Tulus berhasil membawa kembali musik jazz di Indonesia. Di saat yang bersamaan pula, berbagai festival musik, seperti Java Jazz dan Ngayogjazz pun ikut membantu mengangkat popularitas genre musik tersebut.

Masih terus populer hingga saat ini – tetapi kini, musik jazz punya sentuhan yang berbeda. Jika di tahun 2000an aliran jazz berfokus pada bagaimana musik tersebut dapat dinikmati semua usia dan kalangan. Namun, tidak di era ini.

Kini, musik jazz di Indonesia semakin mengalami perubahan – dan tentu saja peningkatan popularitas berkat Kunto Aji dan Ardhito Pramono yang berhasil mengubah pandangan musik jazz. Dari yang dianggap sebagai musik membosankan, kedua musisi ini seolah mengantarkan musik jazz ke sisi yang anti-mainstream, yaitu indie.

Kunto Aji dan Ardhito Pramono menghadirkan musik jazz yang berpadu dengan genre lainnya. Bahkan, Ardhito Pramono berhasil memadukan musik jazz dengan unsur pop-indie – yang belum pernah dilakukan oleh musisi di era sebelumnya.

Perkembangan musik jazz dari waktu ke waktu ini memang menjadi bukti bahwa aliran jazz dapat menjadi the new “pop”, termasuk di Indonesia. Di masa yang mendatang, lo bisa pastikan bahwa perkembangan jazz di tanah air akan semakin pesat.

 

Featured Image - interactive.wttw.com