• Music News
  • U2 Dapatkan Penghasilan Besar di Joshua Tree Anniversary

U2 Dapatkan Penghasilan Besar di Joshua Tree Anniversary

Thu, 30 January 2020
U2 saat menggelar konser di stadium.

The Joshua Tree menjadi salah satu album yang paling sukses dari grup band legendaris U2 yang telah dirilis sejak tahun 1987 lalu. Grup band asal Irlandia itu juga baru menyelesaikan tur dunia mereka yang bertajuk Joshua Tree Anniversary untuk memperingati kesuksesan album tersebut.

 

U2 Dapatkan Penghasilan Melimpah dari Tur Joshua Tree Anniversary

Seluruh personel U2 berada di atas panggung dengan background merah

Menurut hasil yang dilaporkan oleh Billboard Boxscore, Joshua Tree Anniversary Tour yang dimulai sejak tahun 2017 dan 2019 mendapatkan penghasilan kotor hingga USD 390,8 juta. Dalam tur tersebut Bono, larry Mullen Jr, Adam Clayton dan The Edge berhasil menjual 3,3 juta tiket dalam 65 pertunjukan yang digelar di seluruh dunia.

Di tahun 2017 lalu Tur Joshua Tree Anniversary mulai dilakukan di beberapa kota yang ada di Amerika Utara dan Selatan. Selama sekitar 5 bulan mereka melakukan 50 pertunjukan dan berhasil mendapatkan penghasilan kotor hingga USD 317 juta. Tur Joshua Tree Anniversary kemudian kembali dilanjutkan di tahun 2019 dan mendatangi beberapa kota yang ada di Asia dan Australia.

Saat mampir di Australia, U2 melakukan 8 pertunjukan dan mendapatkan penghasilan kotor hingga USD 35,7 juta. Sedangkan saat menggelar konser di 7 kota di Asia rupanya mereka mendapatkan untung yang lebih besar dengan total pendapatan kotor sebanyak USD 38,1 juta. Rata-rata tiket yang dijual di Asia (USD 166,18) memiliki keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tiket yang dijual di Australia (USD 105,65). Namun rata-rata tiket tertinggi berasal dari konser yang ada di Amerika Selatan dengan angka USD 121,20.

 

Penghasilan di Tur Joshua Tree Anniversary Ini Lebih Banyak Dibandingkan Tur pada 30 Tahun yang Lalu

The Joshua Tree Tour sebenarnya sudah digelar oleh U2 pada tahun 1987 lalu. Akan tetapi, penghasilannya jauh lebih banyak Tur Joshua Tree Anniversary yang digelar di tahun 2017 dan 2019. Jumlah tiket yang dijual pun juga diketahui lebih banyak nih, Urbaners.

Di tahun 1987 lalu U2 menggelar 76 pertunjukan di Amerika Utara dan menghasilkan sebanyak USD 33 juta dan tiket yang terjual hanya sebanyak 1,9 juta. Hal itu tentunya ditentukan oleh banyak faktor dan salah satunya adalah perbedaan era tur dan tiketnya. Rata-rata tiket konser U2 di tahun 1987 lalu dijual dengan harga USD 17,11 sedangkan tiket yang dijual di konser terbarunya harganya lebih dari USD 100.

 

Jumlah Penghasilan U2 dari Tur yang Dilakukannya Mencapai USD 2,22 Miliar

Bono, larry Mullen Jr, Adam Clayton dan The Edge saat Tur Joshua Tree Anniversary sedang menyiramkan minuman di botol pada penonton

Pelantun I Still Haven’t Found What I’m Looking For ini memang pas sekali jika disebut sebagai salah satu grup band paling legendaris dan populer di dunia. Lewat beberapa tur yang dilakukannya, U2 telah mendapatkan penghasilan yang super fantastis hingga mencapai USD 2,22 miliar. Sedangkan untuk tiketnya sendiri diketahui terjual hingga 28,3 juta lembar dari 825 pertunjukan.

Meskipun U2 nggak mampir ke Indonesia, tapi apakah lo sempat nonton mereka, Urbaners?

 

 

Sources: billboard.com

The Strokes Rilis Album Baru Setelah 7 Tahun

Thursday, February 20, 2020 - 14:47

Jika lo pencinta musik rock, terutama lagu-lagu dari The Strokes, nggak lama lagi lo akan bisa mendengarkan karya-karya baru mereka dalam album teranyar The New Abnormal. Band yang dibentuk sejak 1998 itu segera mengeluarkan album terbaru, dengan formasi lengkap Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nikolai Fraiture, dan Nick Valensi.

Album The New Abnormal

The Strokes mengumumkan tanggal rilis album pada acara kampanye Bernie Sanders di New Hampshire

Setelah tujuh tahun vakum, akhirnya album baru dari The Strokess dirilis dengan judul The New Abnormal. Frasa The New sendiri mengacu pada sesuatu yang baru, setelah sekian lama nggak ada album yang dikeluarkan. The New Abnormal merupakan album ke-6 milik band rock asal New York Amerika Serikat itu. Dalam momentum ini, The Strokes menyanyikan dua lagu yang ada pada album barunya.

Album The New Abnormal akan dirilis pada April mendatang. Pengumuman ini disampaikan Selasa 11 Februari lalu, tepatnya beberapa jam setelah menghadiri kampanye calon presiden Bernie Sanders di New Hampshire. Album The New Abnormal berisi sembilan lagu, diantaranya The Adults are Talking, Bad Decisions, At the Door, dan Why Are Sundays So Depressing.

Rilis Video Klip

Beberapa video klip dari lagu yang ada pada album The New Abnormal sudah bisa ditonton di kanal YouTube. Satu diantaranya adalah At the Door. Lagu ini menjadi satu diantara sekian lagu di dalam album yang dikerjakan di Shangri-La Studios, California. Lagu At the Door sendiri dirilis pada 14 Februari lalu, bertepatan dengan Hari Valentine. Lo akan merasakan tabuhan drum Fab Moretti yang benar-benar menghentak. Ini akan mengobati rasa kangen akan musik pop rock dengan suara drum yang menderu.

 

Kepastian Rilis Album

Kerinduan pada genre musik rock membuat The Strokes sudah berencana sejak tahun lalu untuk menelurkan album barunya. Tahun lalu, band yang digawangi Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nick Valensi, dan Nikolai Fraiture ini sudah memberikan pernyataan langsung tentang rencana peluncuran album baru. Bahkan di akhir 2019, band asal New York ini sempat menyanyikan The Adults Are Talking, salah satu lagu yang ada di album terbaru mereka.

Pada momen itu, Julian mengatakan bahwa tahun 2020 akan ada sebuah kejutan atau surprise untuk para fans. Ini membuat penggemar memiliki kepastian, setelah terdengar kabar burung sejak September 2019 tentang peluncuran album. Album ke-enam yang akan dirilis April mendatang akan melanjutkan diskografi setelah album Comedown Machine yang dirilis tujuh tahun lalu. The Strokes juga pernah merilis Future Present Past EP pada 2016, tapi dalam bentuk mini album yang hanya berisi empat lagu.

Setelah mendapat kepastian tentang tanggal rilis album ke-7 dari The Strokes, sudah siapkah untuk mendengarnya?

Source: Billboard, Kumparan, Matamatamusik