Vakum Selama 8 Tahun, Rolling Stones Mengeluarkan Lagu Baru Bertajuk "Living in a Ghost Town" - MLDSPOT
  • Music News
  • Vakum Selama 8 Tahun, Rolling Stones Mengeluarkan Lagu Baru Bertajuk "Living in a Ghost Town"

Vakum Selama 8 Tahun, Rolling Stones Mengeluarkan Lagu Baru Bertajuk "Living in a Ghost Town"

Thu, 30 April 2020
Mick Jagger tampil enerjik di panggung dengan outfit bermotif floral

Terakhir kali merilis lagu baru sekitar 8 tahun yang lalu, nggak ada yang menyangka bahwa di tengah pandemi dan serangkaian tur konser yang harus dibatalkan, Rolling Stones justru mengejutkan penggemar dengan lagu barunya “Living in a Ghost Town”. Walau sempat merilis koleksi cover dalam album “Blues & Lonesome” di tahun 2016, tetap saja ini menjadi momen mengejutkan nan bersejarah bagi para pendengar setia.

 

Mulai Digarap Sejak 2019

Keith Richards dan Mick Jagger tampak tersenyum dalam sebuah kesempatan di red carpet

Dari judulnya, barangkali lo merasa bahwa lagu baru dari Rolling Stones baru saja digarap belakangan ini. Nyatanya, lagu ini sudah mulai dikerjakan sejak awal tahun 2019 di Los Angeles. Mick Jagger dan Keith Richards yang terlibat langsung dalam penulisan lagu ini bercerita tentang perasaan kelam saat berada di tempat mereka dulu hidup, namun sekarang sudah berubah.

Dengan bermodalkan jamming kilat dengan gitar selama sepuluh menit, Jagger mengaku sudah selesai menuliskan lagu tersebut. Satu hal yang ia dan rekan band lainnya nggak sangka adalah bagaimana lagu yang mereka tulis begitu serupa dengan keadaan orang-orang saat ini. Hingga akhirnya, The Stones memutuskan untuk merilis lagu tersebut tanggal 24 April 2020 lalu.

 

Sempat Ditulis Kembali Sebelum Dirilis

Para anggota band legendaris Rolling Stones masih bersemangat tampil di panggung

Situasi di tengah pandemi yang mengharuskan banyak orang tinggal dan berdiam di dalam rumah alih-alih keluar dan melakukan aktivitas seperti biasanya, membuat Jagger merasa dekat dengan lirik-lirik yang ditulisnya bersama Richards di lagu Living in A Ghost Town. Mereka akhirnya memutuskan untuk merilis lagu ini sekarang. Lagu yang berisi cerita tentang rasa kacau dan hancur, serta sentuhan rasa sepi karena kesendirian dan terisolasi.

“Life was so beautiful, then we all got locked down. Please let this be over, stuck in a world without end,” begitu penggalan lirik dari lagu yang sebelum dirilis sempat ditulis kembali oleh Jagger. Jagger berpikir untuk memberi sedikit sentuhan terakhir yang akan membuat lo lebih merasa relevan saat mendengar lagu baru mereka ini. Nggak butuh banyak perubahan memang, karena ide dasarnya sebenarnya sudah relevan dengan situasi sekarang.

 

Lebih Banyak Track akan Menyusul

Rolling Stones tampak sedang tampil di panggung dengan enerjik

Perilisan lagu baru ini memang jadi angin segar di kalangan pecinta musik rock dan penggemar setia Rolling Stones. Ini bisa jadi sinyal baik bahwa sang band legendaris sedang dalam proses penggarapan musik lain untuk merilis album penuh di tahun ini. Sebagai hadiah ganti tur konser yang dibatalkan.

Dalam wawancaranya bersama Apple Music, Richards membocorkan bahwa ada sekitar lima hingga enam track lain yang masih digarap. Apalagi, melihat situasi di mana himbauan untuk social distancing dan nggak berkumpul dulu ini juga memberikan banyak waktu luang buat mereka. Jadi, bukan nggak mungkin akan ada lebih banyak track digarap di sela-sela waktu luang ini. Kita tunggu saja.

Mendengar lantunan Living in A Ghost Town yang punya sentuhan khas dari The Stones saja sudah memberikan kesegaran sendiri. Apalagi tracks lain yang bisa jadi juga dirilis dalam waktu dekat ini. Benar-benar pilihan eskapis yang menyenangkan para pecinta musik. Apalagi, lo juga sekarang punya lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi lagu, album, bahkan musik baru.

 

 

Sources: The Rolling Stones, CNN Indonesia, Kompas

Bikin Terobosan Lagi, Feel Koplo Remix Gurita Kota-nya The Panturas!

Mon, 01 March 2021
Feel Koplo

Sekarang ini dalam memberikan preferensi genre musik udah bukan sebuah hal yang harus ditutup-tutupi lagi. Mungkin kalau kilas balik 5 tahun ke belakang, mendengarkan genre musik tertentu masih jadi hal yang diperdebatkan atau bahkan menuai hujatan – salah satunya genre musik dangdut.

Berkat kemajuan industri musik saat ini, banyak grup-grup musik dangdut yang hadir dan berhasil menguasai industri musik Indonesia, salah satunya duo DJ Feel Koplo.

Feel Koplo emang terkenal banget dengan lagu-lagu pop yang di remix dengan tambahan musik gendang ala musik dangdut dan juga keunikan musik dengan kearifan lokal khas Feel Koplo. Siapa sangka, ternyata musik feel koplo yang sering dianggap aneh ini punya banyak penggemar!

Baru-baru ini, Feel Koplo baru aja ngerilis remix-an barunya – yaitu lagu Gurita Kota milik grup band The Panturas. Pastinya nggak menghilangkan identitas gendang dan musik ala Feel Koplo, lagu ini seakan jadi punya daya tarik yang baru.

Penasaran sama remix-an Gurita Kota ini? Langsung aja simak ulasannya di bawah ini!

Kolaborasi 2 Grup asal Bandung

Feel Koplo

Credit image – Grid ID

Feel Koplo merupakan duo DJ yang berasal dari Bandung dan memang membesarkan namanya di kota kembang ini. Nggak jauh beda dengan The Panturas – yang berasal dari Bandung juga, kedua grup ini terlihat punya kedekatan tersendiri.

Sebagai grup yang memiliki musik yang membawa identitas kearifan lokal, Feel Koplo membuat lagu Gurita Kota menjadi lebih ‘lokal’ dengan alunan gendang khas Feel Koplo. Dari musik The Panturas yang bisa dibilang anak band banget – yaitu permainan irama bass dan drum yang kental, remix-an lagu ini jauh dari kata fail – alias sukses banget untuk terlihat lebih menarik!

Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad berhasil membawa nuansa musik koplo ke lagu Gurita Kota milik The Panturas dan membuat para penggemarnya menikmati musik hasil remix-an ini.

Kenapa lagu ‘Gurita Kota’?

Feel Koplo emang terkenal sering nge-remix lagu pop dengan ciri khas yang acak-acakan ala musik dangdut angkot – hal inipun terbukti karena beberapa bulan lalu mereka baru aja ngerilis lagu baru dan memasang lagu tersebut di angkot-angkot kota Bandung.

Di antara sekian banyak lagu The Panturas, Feel Koplo lebih memilih me-remix lagu Gurita Kota dari album Mabuk Laut. Lagu Gurita Kota emang udah menarik perhatian tersendiri bagi para pendengarnya – hal inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh Feel Koplo. Meskipun Gurita Kota bukanlah lagu pertama The Panturas yang di remix oleh Feel Koplo.

Mengutip dari Pop Hari Ini, Ikhsan mengatakan pemilihan lagu Gurita Kota dipilih karena memberikan nuansa meriah dan mengundang orang untuk bergoyang. Lagu yang punya makna bahwa polusi udara dari asap kendaraan yang ada di Ibukota mulai meresahkan.

Lagu ini dianggap  sebagai realita yang dirasakan oleh masyarakat urban. Hal ini juga senada dengan identitas Feel Koplo yang sering membahas mengenai kehidupan masyarakat urban. Remix-an dari Gurita Kota ini membuat lagu dari The Panturas ini semakin menarik dan punya tarik yang berbeda dari lagu aslinya.

Sampai Dibikinin Music Video, Bro!

Feel Koplo

Credit image - Youtube

Dari ulasan di atas pasti lo udah paham – kalau Feel Koplo benar-benar menjadikan lagu Gurita Kota ini sebagai lagu yang mengajak lo untuk bergoyang bersama dan menikmati realitas Ibukota dengan cara berjoget ria.

Selain ngajak joget, Feel Koplo juga mengajak para pendengarnya buat nostalgia masa kecilnya dengan menyajikan Music Video dari Gurita Kota versi remix-annya. Bukan Feel Koplo namanya kalo nggak menyajikan sesuatu yang unik – karena di video ini, mereka menyajikan mainan masa kecil yang biasa dimainkan oleh anak-anak tahun 90-an.

Seakan kearifan lokalnya nggak cukup di musik aja – di video ini Feel Koplo memberikan gambaran mainan kapal-kapalan zaman dulu yang ditaruh di atas kubangan air dan juga sebuah ember. Visualisasinya pun keren banget – pas kata ‘tenggelam’, si kapal pun ikutan tenggelam!

Emang bukan Feel Koplo deh kalo nggak menyajikan sesuatu yang unik dan aneh. Tapi keanehan dengan konotasi positif inilah yang menjadikan image Feel Koplo menarik dan diterima masyarakat. Untuk remix-an Gurita Kota sendiri udah bisa lo nikmatin di seluruh platform musik digital kesayangan lo. Jadi, udah siap joget bareng, bro?

 

Feature image - Arsnews