Home Music Cymatics, Dari Fisika Sampai Ke Musik

Cymatics, Dari Fisika Sampai Ke Musik

Monday, January 5, 2015 - 19:17
Bagikan
Facebook Twitter Email

Music is about idea, idealisme, passion and fun. Seperti yang kita tahu, sekarang ini banyak banget musik yang keren. Nggak cuma dari musikalitasnya saja, tapi konsep video klipnya pun ada yang mengundang decak kagum sekaligus desahan pasrah karena nggak pernah terpikir untuk membuat sesuatu sekeren itu. Sebut saja OK Go yang selalu ‘bersenang-senang’ dengan prinsip one take shot di setiap video musiknya.

Siapa sangka, lewat musik kita bisa menemukan hal menarik yang tidak bisa kita bayangkan sebelumnya. Seperti yang dilakukan oleh seorang musisi asal New Zealand bernama Nigel Stanford. Nigel membawa sesuatu yang baru dalam video musik berjudul Cymatics.  Cymatics adalah ekperimen yang dibuat dengan mengkombinasikan musik dan science, kemudian dikemas sedemikian rupa menjadi sesuatu yang sangat out of the box. Dan voila, keren banget dilihatnya urbaners!

Tujuan dibuatnya Cymatics adalah untuk memvisualisasikan dentuman frekuensi suara dan getaran lewat alat-alat musik seperti drum, keyboard, juga syntetizer sebagai media penghantar yang kemudian digabungkan dengan elemental dasar seperti air, pasir, api, dan listrik yang akan membentuk pola-pola tertentu sesuai dengan ritme musik yang dimainkan.

Musik yang dimainkan juga bukan musik asal-asalan tapi musik yang enak didengar. Di video-nya juga bisa kita lihat, drum yang dihubungkan dengan hose pipe berisi air dan ketika drum ditabuh maka air dalam pipa itu akan membentuk pola-pola yang menarik. Ada juga keyboard yang diatasnya diberi media liquid seperti minyak, atau juga turn-table yang digabungkan dengan kartu-kartu diatasnya dan kalau diputar akan membentuk gelombang suara. Dan kalau dimainkan bersamaan, semuanya akan memainkan peran mereka sesuai dengan setting yang sudah direncanakan.

Hasilnya seperti chemistry yang tepat yang bikin lo tercengang saking kerennya. Mau tahu lebih detailnya, lo bisa check video di bawah ini :