Trending
Kamis, 13 Agustus 2015

Uniknya Jazz ala Malacca Ensemble

  • Share
  • fb-share
Uniknya Jazz ala Malacca Ensemble

Terbukti jika musik jazz tidak melulu identik dengan musik yang hanya mampu dinikmati dan dipahami oleh kalangan tertentu aja. Musik jazz saat ini lebih fleksibel dengan memadukan unsur musik lain sebagai penambah keunikan melodinya.

Contohnya Lisa Ono dengan jazz nuansa Brazil (bossa nova). Dan kini musisi jazz Indonesia pun tak mau ketinggalan. Malacca Ensemble hadir dengan nuansa musik jazz kontemporer yang unik. Malacca Ensemble pada mulanya merupakan sebuah grup musik jazz bernama Unit Malaka Jazz yang berdiri pada tahun 2008. Kemudian, grup ini mengubah nama menjadi Malacca Ensemble.

Keunikan musik Malacca Ensemble terletak pada sentuhan unsur-unsur etnik Melayu dalam lagu-lagu mereka. Begitu mendengar alunan musik yang dimainkan oleh Malacca Ensemble, memang akan terasa sekali nuansa etnik Melayu di dalamnya. Malacca Ensemble mengangkat tema musik etnik yang kemudian dikembangkan dengan pendekatan baru, sehingga memberikan kesan yang modern pada lagu, tanpa meninggalkan nuansa tradisi.

Misalnya, aransemen lagu Melayu berjudul Seroja, Warung Pojok, atau Angin Mamiri. Malacca Ensemble sendiri kini digawangi oleh sejumlah musisi jazz yang sebagian besar juga merupakan komposer, yaitu Hendri Lamiri (biola), Demas Narawangsa (drum), Indro Hardjo Dikoro (bass), Yaser Arafat (perkusi), Butonk Olala (akordeon), Faisal (gitar), Rio Zee Rinaldo (keyboard), dan Eunique Shalom (vokal).

Malacca Ensemble telah membuktikan eksistensinya di dunia musik jazz Indonesia dengan tampil di sejumlah panggung musik yang diadakan di Indonesia. Bulan Juni lalu, Malacca Ensemble berpartisipasi dalam pertunjukan musik Jazz Gunung di Java Banana Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Malacca Ensemble akan kembali hadir menyapa penggemar musik mereka pada bulan Agustus di Teater Salihara, Jakarta.

Malacca Ensemble tampaknya akan tetap fokus membawa musik-musik Melayu dengan perpaduan jazz di setiap pertunjukannya. Musik Melayu yang berkembang di Indonesia begitu beragam, dan tentunya masih dapat terus digali oleh grup musik ini untuk memajukan musik-musik tradisional Indonesia dengan gaya yang lebih modern dan berkelas.

Langkah yang diambil Malacca Ensemble dalam bermusik layak diacungi jempol. Ini bisa menjadi bukti nyata bahwa anak bangsa bisa berkarya dengan kreativitas tinggi.

Source : voiceofjakarta.co.id, jax.co.id, komunitas salihara

 

 

Comments
nicolas filbert tandun
Arasemen melayu menjadikan unik
AGUS NAWING
Keren banget