Jazz di Surabaya Timur - MLDSPOT

Jazz di Surabaya Timur

Mon, 16 November 2015

Setelah meramaikan Surabaya Barat, MLD Stage Bus Tour 2015 mampir ke belahan timur kota. Panggung ketiga di kota ini, tidak kalah ramai.

Suasana malam minggu yang dipenuhi berbagai macam kegiatan bertambah semarak dengan kehadiran MLD Stage Bus Tour 2015 di East Coast Corner Food Festival, Surabaya Timur. MP3 Trio mampir dengan membawa teman baik mereka, Dira Sugandi.

Karena luas kota yang besar, Surabaya mendapatkan kesempatan untuk beberapa kali menggelar pertunjukan jazz di atas bus ini. Setelah penampilan Yura di malam sebelumnya, kali ini Dira Sugandi naik panggung memberi warna lain.

Karakter vokal yang berbeda, membuat nuansa permainan MP3 Trio menjadi lain dengan malam sebelumnya. Dira Sugandi juga piawai memainkan sejumlah komposisi jazz klasik yang cocok disandingkan untuk memopulerkan musik jazz ke publik awam.

Persis seperti misi utama tur ini, untuk menyebarkan musik jazz ke lapisan masyarakat yang lebih luas.

Venue yang dipadati pengunjung pun seolah mengambil peran yang baik. Antusiasme tergelar jelas setiap penampil memainkan set mereka. Tidak terkecuali sesi kedua MP3 yang berkolaborasi dengan Dira Sugandi. Tampak jelas, bahwa keberadaannya telah ditunggu.

Berbagai macam aktivitas yang telah digelar sejak sore pun seolah melengkapi malam minggu indah yang sekali lagi mampir ke langit Surabaya. Panas terik yang seharian muncul pergi jauh dan angin sepoi menggantikannya. Mengantarkan warga berkumpul bersama orang-orang terdekat mereka menghabiskan malam dan menikmati musik.

Antusiasme yang lumayan tinggi membuat interaksi penonton dengan penampil pun terjadi dengan baik. Di beberapa kesempatan, tidak jarang Dira Sugandi turun dari panggung dan berinteraksi dengan penonton.

Di beberapa titik, nampak sejumlah orang yang mulai bergoyang pelan mengikuti lantunan lagu yang dimainkan dari panggung oleh MP3 Trio dan Dira Sugandi.

Malam itu, Surabaya sempurna. Perut kenyang karena ragam kuliner yang banyak dan tersaji di depan mata, orang-orang terdekat yang ada di sekitar dan musik jazz nan santai yang membantu mood baik tinggal di dalam hati.

Sudah Ada yang Dengar "Sampaikan" Lagu Terbaru Dari Coldiac?

Mon, 23 November 2020
ada pesan penting dari single terbaru dari Coldiac yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan bahasa indonesia pada liriknya

Sebelumnya dikenal sebagai salah satu band lokal yang punya deretan lagu yang liriknya bahasa Inggris semua, di single terbarunya ini – akhirnya Coldiac menggunakan lirik berbahasa Indonesia di single “Sampaikan”.

Coba kasih tahu lagu Coldiac yang mana nih yang paling lo suka?

Single terbaru dengan judul “Sampaikan” ini jadi salah satu single yang segar dari Coldiac. Band pop asal Malang ini masih berada di naungan JUNI Records. Lalu kenapa single ini dinilai sebagai lagu terbaru dari mereka yang segar?

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau baru di single terbaru ini, Coldiac akhirnya menggunakan lirik dengan bahasa Indonesia. Nah, terkait dengan lagu terbaru ini – ternyata banyak isi kepala yang tercurahkan di “Sampaikan”.

Dari beberapa cover album atau materi digital yang ada, Coldiac dengan empat personelnya berada di sebuah gurun pasir dengan memakai seragam cokelat dengan pose-pose yang membuat siapapun yang melihat materi ini bakal kepikiran ‘maksudnya apa ya?’.

Well, kalau lo punya pertanyaan yang sama, dan mencoba menebak-nebak sendiri apa yang mau disampaikan oleh Coldiac dari single terbaru ini, sekarang – sila simak bahasan kali ini buat tahu selengkapnya ya bro!

 

Berproses di New Normal

ada pesan penting dari single terbaru dari Coldiac yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan bahasa indonesia pada liriknya

Credit Image: genius.com

Hal pertama terkait single terbaru dari Coldiac yang berjudul “Sampaikan” ini adalah proses pembuatannya yang berada di masa new normal. Di tengah segala pembatasan yang pada saat itu diterapkan, Coldiac tetap berusaha melahirkan karya yang luar biasa.

Nah, untuk proses penulisan lirik dan segala penyusuaian yang ada, Derry sebagai keyboardist bersama Sambadha di vokal, menurut mereka – single “Sampaikan” ini membawa perubahan yang signifikan buat Coldiac sendiri.

Terlepas dari keputusan mereka yang menggunakan bahasa Indonesia di single yang satu ini, lagu terbaru dari mereka ini juga terasa sekali pop 90an layaknya band-band besar sebelumnya. Sebut saja seperti Dewa 19, Potret dan lainnya.

Nuansa 90an ini semakin kental ketika mendengar bagian dari pemilihan suara khas gitar vintage terutama saat di bagian solo gitarnya, bro.

Masih dari USSFEED – lagu ini sendiri ingin menceritakan bahwa sebagai manusia, lo mungkin tidak pernah tahu apa isi kepala setiap orang, maka dari itu – hal tersebut mesti ditumpahkan. Kalau dari Sambadha, ide lagu ini berangkat dari sesuatu yang dekat dengan keseharian. Seperti momen menyatakan sesuatu ke orang lain tapi ragu dan akhirnya dipendam begitu saja. Padahal, kalau dipikir hidup itu singkat dan pastinya kalau seperti itu jadi penyesalan begitu saja.

 

Bagaimana Soal Video Musiknya?

ada pesan penting dari single terbaru dari Coldiac yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan bahasa indonesia pada liriknya

Credit Image: ussfeed.com

Berbarengan dengan rilisnya single terbaru mereka ‘Sampaikan’ ini – Coldiac juga sekalian menyajikan video musik dari lagu tersebut. Video musiknya sendiri ini cukup unik bro. Mereka perlu datang ke pegunungan Bromo untuk mendapatkan apa yang mereka maksudkan.

Latar pegunungan Bromo beserta lautan pasirnya ini sendiri mempunyai pesan kuat terkait dengan single yang baru saja mereka rilis ini. Menurut Prialangga sebagai sutradara dari video musik ‘Sampaikan’ – padang pasir Gunung Bromo ini jadi simbol-simbol komunikasi tersendiri.

Personil Coldiac sendiri tampil mewakili ragam akibat jika terdapat suatu pesan yang tidak tersampaikan.

Wah bagaimana nih bro? Dari lirik dan video musiknya, ‘Sampaikan’ jadi warna tersendiri dalam bentuk karya atau ekspresi di mana isinya memang membuat lo untuk semakin berani mengungkapkan sesuatu.

Terkait dengan single terbaru dari Coldiac ‘Sampaikan’ buat lo yang mau dengar lagunya, langsung saja dengarkan lagunya di bawah ini ya bro!

 

Feature Image – kompas.com