Trending
Selasa, 01 Desember 2015

Tompi: Terserah Penonton

  • Share
  • fb-share
Tompi: Terserah Penonton

Penyanyi dengan banyak hits punya keleluasaan untuk memainkan apapun yang mereka mau di atas panggung. Tapi bagaimana jika kendali diserahkan kepada penonton?

Sejatinya, penonton adalah elemen penting yang membuat sebuah pertunjukan jadi semarak. Respon mereka, mutlak diperlukan. Sama seperti kemampuan seorang artis untuk menampilkan yang terbaik dalam pertunjukan mereka. 

Tompi, salah satu penyanyi laki-laki paling baik di Indonesia saat ini, tahu betul bagaimana memperlakukan penonton. Pengalamannya turun-naik panggung dari satu ajang ke ajang yang lain seolah membuat ia makin mengerti bagaimana menservis penonton.

Di pertunjukan MLDSPOT Jazz in Town yang berlangsung di MP Club, Pekanbaru, ia mempraktekkan kebisaannya mengajak penonton untuk ikut larut membentuk malam yang seru. Sedari awal naik ke atas panggung, indikasi untuk mengajak keterlibatan orang lain sudah terlihat.

Benar saja, di lagu-lagu awal, ia sudah memulai aksinya. “Ayo, mau lagu apa malam ini? Yang jelas, harus lagu saya. Jangan lagunya Glenn Fredly, jangan pula lagunya Sandhy Sondoro,” kelakarnya. Tentu saja penonton langsung tertawa bereaksi merespon ajakan tersebut. Glenn Fredly dan Sandhy Sondoro adalah teman sejawatnya di Trio Lestari, kelompok vokal yang juga beranggotakan dirinya.

Skenario itu terus menerus diulang sehingga seolah-olah ia bermain tanpa setlist. Tampil dalam satu jam dengan sekitar sepuluh lagu tanpa urutan, bukanlah sebuah tindakan yang mudah untuk dilakukan. Bagaimanapun juga, mood pertunjukan harus diperhatikan dan Tompi berhasil mengelola hal itu dengan baik. Ibaratnya, yang ia lakukan sepanjang malam adalah improvisasi dengan bahan dasar yang banyak.

Sama seperti sebuah band jazz yang menghidupi ruang untuk jam session di dalam permainan mereka dengan keterlibatan banyak elemen, begitulah cara Tompi memerlakukan setlist di pertunjukan MLDSPOT Jazz in Town itu.

Jangan tanya respon penonton mendapatkan perlakuan artis yang seperti ini. Sudah barang tentu senang bukan main. Ada di level senior membuatnya dengan mudah bersikap seperti ini. Dan ini adalah contoh baik untuk banyak penyanyi lain yang mencoba peruntungan berkarya di industri musik Indonesia.

Comments
AGUS NAWING
Keren banget
ERRI HARI WULANDARI
Skenario itu terus menerus diulang sehingga seolah-olah ia bermain tanpa setlist. Tampil dalam satu jam dengan sekitar sepuluh lagu tanpa urutan, bukanlah sebuah tindakan yang mudah untuk dilakukan. Bagaimanapun juga, mood pertunjukan harus diperhatikan dan Tompi berhasil mengelola hal itu dengan baik. Ibaratnya, yang ia lakukan sepanjang malam adalah improvisasi dengan bahan dasar yang banyak.