Indonesian Rock Legend

Thursday, December 17, 2015 - 10:52
Bagikan
Facebook Twitter Email

Nggak terlalu banyak orang yang familiar dengan nama The Tielman Brothers, grup musik tertua asal Indonesia yang beranggotakan Andy, Reggy, Ponthon, Loulou, dan Jane. Mereka berempat merupakan kakak-adik dari keluarga Tielman. Ayah mereka yang bernama Herman Tielman berasal dari Kupang, sedangkan sang ibu, Flora Lorine, merupakan wanita keturunan Jerman yang lahir di Madiun. The Tielman Brothers lahir dari kecintaan Herman terhadap musik, yang lalu menurun pada anak-anaknya.

Pada susunan awal grup musik The Tielman Brothers, Herman berperan menjadi seorang gitaris. Jane, satu-satunya saudara perempuan dalam keluarga Tielman, dipercaya untuk menjadi vokalis utama. Sama seperti sang ayah, Andy juga memegang instrumen gitar. Sedangkan, Reggy didapuk untuk memainkan banjo sementara Ponthon memetik senar double bass-nya. Untuk membantu Jane, Andy dan Reggy juga berperan ganda sebagai vokalis.

 

Memulai Karir di Surabaya

Herman merupakan komandan KNIL (tentara Hindia Belanda), itulah kenapa rumahnya di Surabaya sering dijadikan tempat berkumpul bagi rekan-rekannya. Anak-anaknya yang memang pintar bermain musik pun sering unjuk kebolehan. Mereka sering mendapat sambutan yang meriah, bahkan dari para pejabat Hindia Belanda karena kagum dengan kemampuan mereka dalam membawakan tembang-tembang sulit, seperti Tiger Rag atau 12th Street Rag.

Melihat hal tersebut, Herman nggak mau membuang kesempatan. Ia menamai kelompok musik anak-anaknya dengan The Timor Rhytm Brothers, dengan dirinya sebagai manajer. Sejak saat itu, tawaran untuk tampil pada acara-acara di Surabaya pun berdatangan. Lambat laun nama mereka pun mulai dikenal di seluruh Indonesia. Mereka bahkan pernah diundang oleh Presiden Soekarno untuk tampil di Istana Negara, Jakarta, pada bulan Desember 1949.

 

Lebih Terkenal di Luar Negeri

Pada tahun 1957, The Timor Rhytm Brothers hijrah ke Belanda demi mengembangkan karir. Musik mereka disambut dengan amat baik oleh orang Belanda. Nggak lama kemudian, The Timor Rhytm Brothers berganti nama menjadi The Four Tielman Brothers atau The T4T karena Jane nggak bergabung lagi dengan mereka. Meski dilabeli sebagai grup musik rock ‘n roll, orang Belanda lebih sering menyebut musik mereka sebagai Indorock, yakni perpaduan antara Indonesia, Barat, dan akar musik keroncong.

Dari Belanda, T4T melebarkan sayap mereka ke Brussel, Jerman, dan Belgia. Mereka beberapa kali tampil dalam acara televisi internasional. Sebuah perusahaan rekaman bernama Bovema bahkan membantu mereka merilis single debut yang berhasil menjadi salah satu hits dalam sejarah pop Belanda. Pada tahun 1960, mereka berganti nama menjadi The Tielman Brothers. Ada satu personil baru yang bergabung, yakni Franky Luyten yang memainkan rhytm guitar.

 

Source: bimbimbimbim.wordpress.com, ensiklo.com