Trending
Jumat, 22 Januari 2016

Philip Clouts Quartet Jazz, Jazz untuk Semua Kalangan

  • Share
  • fb-share
Philip Clouts Quartet Jazz, Jazz untuk Semua Kalangan

Banyak yang menganggap bahwa musik jazz hanya diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas. Hal ini bisa dilihat dari eksklusifnya penggemar musik ini, begitu juga dengan para musisinya. Musik jazz memang memiliki tempo yang cenderung lambat, mendayu-dayu, dan enak dinikmati sambil santai menikmati secangkir teh atau kopi. Namun, hal ini berbeda dengan salah seorang musisi jazz yang berhasil mengubah anggapan tersebut.

 

Penemuan Aliran Musik Jazz yang Baru

Musik jazz sudah mendarah daging dalam diri musisi yang bernama Philip Clouts ini. Kecintaannya pada musik jazz membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Pasalnya, pria asal Inggris ini merupakan pianis dari Cape Town yang berhasil menemukan aliran musik jazz baru. Seperti yang dibahas di atas, musik jazz cocok dinikmati sambil bersantai. Temponya yang cenderung mendayu-dayu justru dijadikan referensi bagi Philip.

 

Aliran Musik Jazz yang Diambil Dari Musik Khas Afrika

Bersama dengan grup musik jazz-nya bernama Zubop, Philip berhasil menciptakan sebuah aliran musik jazz baru yang diberi nama African-infused world-jazz. Saat ini, mereka sedang dalam masa touring dengan kuartetnya yang baru, yaitu Trinity Laban. Mereka merupakan pemain seksofon junior bernama Samuel Eagles. Eagles ini merupakan seksofon solo yang punya gaya khas dalam bermain. Ia selalu berjoget ria ala reggae dan mahir memainkan musik khas ala North African Sufi Music.

 

Album Baru Philip Clouts

Nggak hanya itu, hal ini juga didukung dengan adanya seorang gitaris bass bernama Alex Keen dan drummer Dave Ingamells. Sedangkan, pada bagian rhythm, disisipkan pula musik elektrik yang riang. Philips Clouts juga mendukung suksesnya grup ini dengan memainkan piano beraliran musik santai namun masih bisa digunakan untuk menggoyangkan badan. Grup musik jazz ini sudah menciptakan album berjudul Umoya, yang langsung membuat seluruh penggemarnya melompat ketika mendengarkan musik ini.

Urbaners, anggapan yang bilang bahwa musik jazz membuat orang mengantuk berhasil diubah oleh Philips Clouts. Hal ini bisa lo jadikan referensi baru untuk menikmati musik jazz dengan cara yang berbeda. Dengan musik jazz yang alirannya baru ditemukan ini, para penikmat musik akan merasakan sensasi yang berbeda dari mendengarkan musik jazz yang biasanya.

 

Source: http://www.theguardian.com

Comments
MULYO WIDODO
Album Baru Philip Clouts
SAWI TRI
Album Baru Philip Clouts