Home Music Pelajari Musik Jazz Dengan Cara Ini!

Pelajari Musik Jazz Dengan Cara Ini!

Thursday, January 28, 2016 - 14:40
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jazz is one beautiful music genre. Petikan gitar, dentingan piano, pekikan terompet, dan dentuman bass-nya membuat orang nggak pernah bosan untuk mendengarnya lagi dan lagi. Bahkan meski cuma terdiri dari instrumen musik pun, jazz masih menarik untuk didengerin. Daripada cuma jadi penikmat, kenapa lo nggak sekalian memainkan musik jazz, Urbaners? Lihat beberapa caranya berikut ini, deh.

 

Dengarkan Musik Jazz Standard

Mendengarkan musik jazz sama seperti mempelajari sebuah bahasa baru. Setiap petikan gitar atau dentingan pianonya dapat menjadi kata baru yang bisa lo gunakan dalam kalimat. Mempelajari lagu-lagu jazz bakal membuat lo mampu menerapkan ide lo sendiri dalam memainkan musik jazz. Sebagai permulaan, lo bisa dengerin lagu-lagu jazz dari Satin Doll, Blue Bossa, Misty, dan Autumn Leaves.

 

Pelajari Bahasa yang Sering Digunakan

Jazz berbeda dari musik klasik. Apabila nada dari musik klasik dicatat secara tertulis, maka banyak dari jenis jazz yang harus dipelajari melalui telinga. Ya, Urbaners, lo harus sering dengerin musik jazz sebagai proses dari belajar. Cari salah satu lagu atau instrumen yang lo suka dan pahami 2-4 bars salah satu bagiannya. Lakukan hal tersebut secara bertahap hingga lo bisa menyelesaikan keseluruhan lagu. Lalu, mainkan ulang selagi lo dengerin lagu tersebut.

 

Konsep Teori Piano Jazz

Sebagai pemula, penting juga bagi lo untuk mempelajari teori piano jazz. Cari tahu deretan nada apa yang sering muncul pada lagu-lagu jazz. Meskipun lo bukan seorang pemain piano, hal tersebut bakal sangat membantu lo dalam belajar. Lo bisa mulai mempelajarinya melalui shell voicings, rootless minor voicing, atau rootless dominant voicing. Lo bahkan bisa mencoba mempelajari beberapa nada dari permainan solo piano.

 

Menciptakan Nada Jazz Sendiri

Sudah dengerin banyak lagu dan instrumen jazz? Paham dengan nada yang sering muncul? Kini saatnya lo menciptakan nada jazz lo sendiri, Urbaners. Sebelumnya, cari tahu nada-nada mana aja yang menurut lo cocok dimainkan satu sama lain. Dengan menciptakan nada jazz sendiri, lo bakal menemukan “suara” lo sendiri dalam musik jazz. Siapa tahu tersebut bakal membuat lo mempunyai ciri khas, kan?

Saat belajar musik jazz, lo perlu inget bahwa jazz merupakan sebuah ekspresi personal. Jadi, jangan pernah mencoba untuk menjadi orang lain. Lo boleh mencari inspirasi dari musisi jazz lain, tapi jangan sampai lo menirunya. Jadi, pahami, analisis, lalu buat nada jazz lo sendiri. Selamat bereksperimen, Urbaners!

Baca Juga : 4 Penyanyi Jazz Wanita Indonesia Terfavorit

 

Source: freejazzlessons.com