Home Music Keseruan Live Audition MLDARE2PERFORM

Keseruan Live Audition MLDARE2PERFORM

Monday, February 1, 2016 - 15:12
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setelah fase 1 MLDARE2PERFORM selesai, terkumpullah lebih dari 300 video yang mengikuti kompetisi ini. Hampir semua kontestan menunjukkan bakatnya secara maksimal dengan style nya masing-masing. Dari video tersebut, akhirnya juri memilih 27 finalis dengan 6 kategori yaitu Vocal, Drum, Bass, Saxophone, Piano, dan Gitar. Ke-27 finalis berkompetisi kembali secara langsung pada tanggal 28 Januari 2015 lalu di Naches Cafe Kemang, Jakarta.

Finalis yang terpilih berasal dari berbagai kota seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, sampai Tapanuli. Terdiri dari 23 pria dan 4 wanita dengan kategori alat musik yang berbeda-beda. Pada acara audisi, para finalis dapat memilih lagu wajib yang sudah ditentukan oleh juri sebelumnya dengan caranya masing-masing, bahkan tidak jarang para peserta mengaransemen ulang lagu tersebut, sampai lagu terdengar berbeda. Mereka dituntut untuk tampil solo dengan band pengiring yang akan membantu. Para finalis punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing, yang kerennya lagi, terdapat salah satu finalis dari kategori keyboard yang memiliki kekurangan fisik, tetapi hal tersebut tidak mengurangi bakatnya memainkan alat musik. Bahkan Bagus Adimas finalis asal Surabaya ini berhasil memukau para penonton dan tentunya para juri.

Mereka sangat totalitas dalam menunjukkan bakatnya. Bagaimana tidak, mereka tampil di depan 6 juri yang merupakan musisi-musisi jazz profesional setiap kategorinya, seperti Syahrani pada Vocal, Nikita Dompas pada Gitar,  Indro Hardjodikoro pada Bass, Aksan Sjuman pada Drum, Adra Karim pada Keyboard, dan Devian Zikri pada Saxophone.

Secara keseluruhan, penampilan para finalis mendekati sempurna, mereka sangat apik memainkan lagu wajib dari juri. Sepertinya pada saat audisi solo, juri agak kebingungan untuk memutuskan siapa yang akan maju ke 6 besar. Maka dari itu, beberapa finalis dari setiap kategori ditantang untuk tampil ulang oleh juri dengan lagu yang bisa mereka pilih sendiri.

Tidak hanya berkompetisi secara solo, pada saat audisi, para finalis juga ditantang untuk tampil secara grup dengan finalis lainnya yang dibagi menjadi 6 grup. Semalam sebelum audisi, mereka mengambil undian untuk menentukkan grup tersebut. Bayangin aja Urbaners, apa rasanya tampil tanpa latihan, bahkan mereka baru kenal satu sama lain saat itu juga. Eits, tapi hal tersebut nggak menghambat mereka menampilkan lagunya dengan baik, bahkan mereka berhasil menghidupkan suasana dengan jamming seru.

Setelah penampilan para finalis, para juri mendiskusikan siapa yang akan menjadi  pemenang pada masing-masing kategori. Mereka tidak hanya memilih dengan pendapat individual, tetapi juga menilai banyak hal, seperti apa yang bisa dikembangkan dengan masing-masing bakat mereka, penampilan, kualitas musik, dan masih banyak lainnya.

Akhirnya diputuskan 6 terbaik yang berhak memenangkan kompetisi MLDARE2PERFORM ini adalah, Kiara Riz asal Bekasi pada Vocal, Mikail asal Surabaya pada Gitar, Agil Nur Pambudi asal Jakarta pada Bass, Michael Setiawan asal Jakarta pada Keyboard, Rizal asal Yogyakarta pada Saxophone, dan Karell asal Surabaya pada Drum. Mereka masing-masing berhak mendapatkan hadiah senilai 10 juta rupiah. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan perform di beberapa titik Road Show Java Jazz, dan juga mendapatkan coaching clinic oleh para juri untuk mempersiapkan penampilannya di main stage MLD pada Java Jazz Festival 2016 nanti. Dengan diumumkan nama para pemenang, maka selesai sudah audisi MLDARE2PERFORM 2016 ini. Acara ditutup dengan penampilan keenam juri di satu panggung. Seru banget kan, Urbaners?