Home Music Polar Bear, Ramuan Jazz Lengkap dari Inggris

Polar Bear, Ramuan Jazz Lengkap dari Inggris

Monday, February 1, 2016 - 14:48
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, lo suka mendengarkan musik jazz? Inggris ternyata punya grup band jazz keren yang wajib ada dalam playlist lo, yakni Polar Bear. Ternyata band ini bukan band jazz kemarin sore, pasalnya, Polar Bear ternyata udah aktif di industri musik sejak tahun 2004. Tentunya band yang terdiri dari lima orang anggota ini udah mendapatkan cukup banyak penghargaan berkat kemampuan bermusik mereka.

 

Gabungkan Berbagai Elemen Jazz dalam Satu Album

Polar Bear dipimpin oleh drummer mereka yang bernama Seb Rochforn. Posisi tenor saxophone dipegang oleh Pete Wareham dan Mark Lockheart, lalu ada Tom Herbert pada double bass, dan Leatcutter John pada electronics serta gitar. Album pertama Polar Bear, yakni Dim Lit, dirilis pada tahun 2004 dan cukup menuai kesuksesan. Pada tahun yang sama pula, mereka dinominasikan dalam kategori Best Band untuk ajang BBC Jazz Awards 2004, sementara Rochford masuk nominasi kategori Rising Star.

Setahun setelahnya, Polar Bear merilis album kedua berjudul Held on the Tips of My Fingers dengan menggabungkan elemen cool jazz, funk, dance music, free jazz, electronica, dan drum and bass. Kejeniusan tersebut membuat Polar Bear kembali dinominasikan dalam BBC Jazz Awards 2006. Album Held on the Tips of My Fingers bahkan menjadi salah satu album yang dipilih dalam daftar The 100 Jazz Album that Shook  the World versi majalah Jazzwise.

 

Kolaborasi dengan Musisi Non-Jazz

Album ketiga Polar Bear merupakan sebuah self-titled album dan dirilis pada tahun 2008. Mereka bisa dibilang cukup produktif dalam memproduksi musik, Urbaners. Dua tahun setelahnya, yakni pada tahun 2010, Polar Bear kembali merilis album ketiga yang diberi nama Peepers. Nggak cuma itu, mereka juga membuat mini-album berjudul Common Ground, yang merupakan sebuah album kolaborasi dengan Jyager, seorang rapper kelahiran Portugis.

Pada tahun 2014, album In Each and Every One pun lahir dan berhasil masuk pada shortlist dari Mercury Music Prize. Polar Bear juga sempat merilis single berjudul Cuckoo sebagai hasil kolaborasi mereka dengan penyanyi bernama Jin Jin. Setahun setelahnya, tepatnya pada bulan Maret 2015 lalu, Polar Bear merilis album keenam mereka berjudul Same as You. Lagu single mereka yang berjudul Don’t Let the Feeling Go merupakan hasil kolaborasi dengan Shabaka Hutchings dan Hannah Darling.

Selain beberapa artis yang udah disebutin di atas, Polar Bear juga pernah berkolaborasi dengan musisi-musisi lain, yakni Paul McCartney, Yoko Ono, Grace Jones, dan sebagainya. Masih ngaku sebagai penggemar musik jazz? Buruan dengerin lagu-lagu dari Polar Bear, Urbaners!

 

 

Source: en.wikipedia.org, polarbearmusic.com, bcbits.com