Trending
Rabu, 03 Februari 2016

4 Hal Penting Tentang NYC Winter Jazz Festival

  • Share
  • fb-share
4 Hal Penting Tentang NYC Winter Jazz Festival

Bukan New York City namanya kalau nggak punya acara-acara menarik yang selalu ramai dengan pengunjung. Bahkan ketika musim dingin, pun, mereka nggak lantas cuma berdiam diri menghangatkan badan di rumah. Musim dingin justru menjadi ajang musisi jazz untuk unjuk kebolehan pada acara NYC Winter Jazz Festival. Seru banget ya, Urbaners, menikmati jazz sambil ditemani butiran-butiran salju. Dingin sih, tapi alunan musik jazz pasti bakal menghangatkan suasana.

 

Diadakan Selama Lima Hari

Namanya juga festival, nggak asyik banget kalau cuma diadakan selama satu hari. NYC Winter Jazz Festival berlangsung selama lima hari, yakni pada tanggal 13-17 Januari 2016 lalu. Khusus pada tanggal 15 dan 16, NYC Winter Jazz Festival mengadakan program maraton dengan lebih dari 100 grup musik jazz. Ada sebelas panggung yang digunakan untuk program maraton tersebut, yakni lima panggung di The New School dan enam panggung di bagian selatan Washington Square Park.

 

Lebih dari 50 Musisi Jazz

NYC Winter Jazz Festival nggak tanggung-tanggung dalam menyajikan yang terbaik untuk para penggemar musik jazz. Secara total, ada 58 lineup yang dihadirkan di panggung NYC Winter Jazz Festival. Puas banget kan, Urbaners? Beberapa di antaranya adalah Kamasi Washington, Bill Laswell, Christian McBride, The Ex, Kaki King, Dave King, Don Bryon, Cory Henry, Dawn of Midi, dan lain sebagainya.

 

Memasuki Tahun Ke-12

Sebenernya, agak keterlaluan kalau lo ngaku sebagai pecinta musik jazz tapi nggak pernah mendengar tentang NYC Winter Jazz Festival. Pasalnya, acara tersebut merupakan acara tahunan yang udah dilakukan sejak 12 tahun lalu. Banyak review positif ditujukan untuk NYC Winter Jazz Festival 2016, mengatakan bahwa kualitas acaranya lebih baik dari tahun lalu. Dengan banyaknya lineup yang ada, pengunjung bisa memilih mau menikmati musik jazz versi favorit mereka sendiri.

 

Program Khusus Penyandang Cacat

Selain maraton, NYC Winter Jazz Festival juga mengadakan program Jazz Legends for Disability Pride pada tanggal 14 Januari 2016. Program ini merupakan konser jazz amal yang bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi penyandang cacat yang tergabung dalam komunitas Disability Pride NYC. Berkat Jazz Legends for Disability Pride tahun lalu, komunitas tersebut mampu menyelenggarakan Disability Pride Parade di New York City pada tanggal 12 Juli 2015.

Menarik banget, kan, Urbaners? Kalau lo juga suka menikmati musik jazz, NYC Winter Jazz Festival wajib ada dalam bucket list yang lo buat. Sebelumnya, cari tahu kondisi cuaca di New York City agar lo nggak menggigil kedinginan saat menonton penampilan berbagai lineup-nya. Sayang, kan, udah jauh-jauh terbang melintasi benua tapi nggak bisa menikmati musiknya?

 

Source: allaboutjazz.com, winterjazzfest.squarespace.com, timeout.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Putra ragil
Good inspiration