• Music News
  • 4 Hal Penting Tentang NYC Winter Jazz Festival

4 Hal Penting Tentang NYC Winter Jazz Festival

Wed, 03 February 2016

Bukan New York City namanya kalau nggak punya acara-acara menarik yang selalu ramai dengan pengunjung. Bahkan ketika musim dingin, pun, mereka nggak lantas cuma berdiam diri menghangatkan badan di rumah. Musim dingin justru menjadi ajang musisi jazz untuk unjuk kebolehan pada acara NYC Winter Jazz Festival. Seru banget ya, Urbaners, menikmati jazz sambil ditemani butiran-butiran salju. Dingin sih, tapi alunan musik jazz pasti bakal menghangatkan suasana.

 

Diadakan Selama Lima Hari

Namanya juga festival, nggak asyik banget kalau cuma diadakan selama satu hari. NYC Winter Jazz Festival berlangsung selama lima hari, yakni pada tanggal 13-17 Januari 2016 lalu. Khusus pada tanggal 15 dan 16, NYC Winter Jazz Festival mengadakan program maraton dengan lebih dari 100 grup musik jazz. Ada sebelas panggung yang digunakan untuk program maraton tersebut, yakni lima panggung di The New School dan enam panggung di bagian selatan Washington Square Park.

 

Lebih dari 50 Musisi Jazz

NYC Winter Jazz Festival nggak tanggung-tanggung dalam menyajikan yang terbaik untuk para penggemar musik jazz. Secara total, ada 58 lineup yang dihadirkan di panggung NYC Winter Jazz Festival. Puas banget kan, Urbaners? Beberapa di antaranya adalah Kamasi Washington, Bill Laswell, Christian McBride, The Ex, Kaki King, Dave King, Don Bryon, Cory Henry, Dawn of Midi, dan lain sebagainya.

 

Memasuki Tahun Ke-12

Sebenernya, agak keterlaluan kalau lo ngaku sebagai pecinta musik jazz tapi nggak pernah mendengar tentang NYC Winter Jazz Festival. Pasalnya, acara tersebut merupakan acara tahunan yang udah dilakukan sejak 12 tahun lalu. Banyak review positif ditujukan untuk NYC Winter Jazz Festival 2016, mengatakan bahwa kualitas acaranya lebih baik dari tahun lalu. Dengan banyaknya lineup yang ada, pengunjung bisa memilih mau menikmati musik jazz versi favorit mereka sendiri.

 

Program Khusus Penyandang Cacat

Selain maraton, NYC Winter Jazz Festival juga mengadakan program Jazz Legends for Disability Pride pada tanggal 14 Januari 2016. Program ini merupakan konser jazz amal yang bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi penyandang cacat yang tergabung dalam komunitas Disability Pride NYC. Berkat Jazz Legends for Disability Pride tahun lalu, komunitas tersebut mampu menyelenggarakan Disability Pride Parade di New York City pada tanggal 12 Juli 2015.

Menarik banget, kan, Urbaners? Kalau lo juga suka menikmati musik jazz, NYC Winter Jazz Festival wajib ada dalam bucket list yang lo buat. Sebelumnya, cari tahu kondisi cuaca di New York City agar lo nggak menggigil kedinginan saat menonton penampilan berbagai lineup-nya. Sayang, kan, udah jauh-jauh terbang melintasi benua tapi nggak bisa menikmati musiknya?

 

Source: allaboutjazz.com, winterjazzfest.squarespace.com, timeout.com

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com