Home Music Formation, Masterpiece Baru dari Beyonce

Formation, Masterpiece Baru dari Beyonce

Tuesday, February 16, 2016 - 11:40
Bagikan
Facebook Twitter Email

Beberapa waktu lalu, Beyonce tampil memukau bareng Coldplay di pertengahan waktu pertandingan Super Bowl yang ke-50. Penyanyi berkulit hitam yang selalu tampil bersemangat dan ambisius ini, memang nggak main-main soal kemampuan vokal. Sebagai pecinta musik, lo harus tahu kalau karya Beyonce bukan cuma Crazy in Love atau Single Ladies aja!

 

Rilis Sebelum Super Bowl

Beyonce terkenal punya suara emas dan aksi panggung yang nggak nanggung. Cewek yang masih berusia 34 tahun ini, sudah mengabdikan dirinya di dunia musik sejak tahun 1997. Bukan cuma penyanyi, Beyonce juga adalah seorang penulis lagu, produser rekaman, aktris, penari, dan businesswoman. Nggak lupa, Beyonce juga ibu dari satu anak, hasil hubungannya dengan Jay Z. Mantan personil Destiny’s Child ini seolah nggak berhenti membuat kejutan untuk penggemar-penggemarnya.

Selain soal tampil di Super Bowl, yang bikin Beyonce jadi topik pembicaraan adalah kabar rilisnya single baru berjudul Formation. Kabar itu keluar satu hari sebelum jadwal tampil Beyonce di Super Bowl! Karena itu, nggak heran kalau nama Beyonce jadi disebut di mana-mana. Single ini hadir lengkap dengan videonya juga.

 

Lagu Politis tentang Cinta Diri Sendiri

Formation mendapat banyak pujian dari mana-mana. Beyonce berhasil melahirkan masterpiecenya yang baru, setelah sebelumnya sempat bikin cemas penggemar karena ada perubahan gaya di album terakhirnya. Lewat Formation, Beyonce bukan hanya bisa menjawab kecemasan penggemar, tapi juga ngebuktiin dirinya mampu bikin karya sedemikian hebat, sesuai dengan kata-katanya selama ini.

Lirik di lagu Formation bisa dibilang menarik dan lucu. Videonya pun punya banyak aksen yang bikin Formation tambah juara. Secara garis besar, Formation bercerita tentang Beyonce yang mencintai dirinya sendiri secara radikal, dan diceritain dengan kata-kata yang sedikit menyindir keadaan masa lalu, yaitu ketika artis kulit hitam belum diakui. Tarian yang ada di video Formation, bisa jadi bahan lo belajar karena koreografinya nggak kayak lagu-lagu pop biasanya.

Video Formation sedikit nampak politis dengan Beyonce yang duduk di atas mobil polisi, cowok yang bawa koran berjudul The Truth dan foto Martin Luther King Jr., cowok dengan hoodie yang nari di depan petugas SWAT, dan graffiti bertuliskan stop shooting us. Beyonce punya pesan yang mau dia sampaikan lewat lagu ini, Urbaners. Kalau lo sendiri, nangkapnya Beyonce lagi cerita soal apa sih, di lagu ini? Lo bisa nonton videonya di Youtube, atau unduh di Tidal ya, Urbaners!

 

Sumber: www.billboard.com, www.theguardian.com