Trending
Kamis, 25 Februari 2016

Mary Lou Williams: Musisi Jazz Cewek Legendaris Abad 20

  • Share
  • fb-share
Mary Lou Williams: Musisi Jazz Cewek Legendaris Abad 20

Kalau ditanya soal musisi jazz cewek kesukaan, kira-kira nama siapa yang muncul di kepala lo, Urbaners? Sarah Vaughan? Ella Fitzgerald? Berapa banyak Urbaners yang bakal nyebut Mary Elfrieda Scruggs alias Mary Lou Williams? Musisi jazz satu ini mungkin nggak seterkenal yang lain, tapi sebenarnya dia adalah salah satu cewek yang pengaruhnya besar banget di dunia jazz. Yuk kenali Mary Lou Williams lebih jauh, Urbaners!

 

Berbakat Sejak Kecil

Mary Lou Williams lahir di Georgia, Atlanta, tahun 1910, Urbaners. Ia mendedikasikan sepanjang hidupnya untuk musik jazz, sampai akhirnya Williams meninggal di tahun 1981. Williams terkenal di dunia jazz sebagai pianis handal dan komposer luar biasa. Dia pernah membuat lagu untuk Duke Ellington sampai Bennie Goodman.

Karir Williams sendiri sudah mulai sejak dia masih kecil. Tepatnya, saat dia masih berusia 10 tahun. Williams belajar main piano dan sukses nguasain jazz swing, blues, dan bebop. Setelah itu, musik-musiknya Williams lebih mengarah ke nuansa spiritual. Dari kecil, bakat musik Williams memang sudah terlihat. Dia pernah bikin kaget ibunya karena bisa mainin lagu yang baru dia dengar pakai organ. Dari situ, ibunya semangat buat ngasah kemampuannya. Williams sudah bisa main musik seperti orang profesional sejak umur 7 tahun, Urbaners!

 

Pianis, Komposer, dan Pengajar

Soal karya, Williams sudah merilis banyak hasil kreativitasnya sendiri dari tahun 1930an. Karyanya yang berjudul Clouds of Joy jadi langkah awal Williams diakui kejeniusannya dalam bikin komposisi lagu. Dari situ, Williams jadi banyak dipanggil artis-artis lain untuk mengkomposisi lagu, Urbaners. Kalau dihitung dengan komposisi lagunya yang dinyanyiin sama artis lain, jumlahnya mencapai ratusan.

Permainan piano jazz Williams cocok banget didengar sambil minum kopi atau teh hangat, di ruangan serba kayu, dan latar rintik-rintik hujan. Romantis, ringan, bikin tenang, dan jenius. Makanya, biar pun sekarang sudah nggak ada, karyanya tetap hidup dan melegenda.

Williams jadi cewek pertama yang bikin label sendiri, Mary Records. Dia juga menerbitkan Cecilia Music Publishing Company. Kebanyakan label musiknya itu bekerja di genre jazz spiritual. Sampai akhirnya, Williams bisa bikin penampilan jazz pertama di katedral Saint Patrick, New York. Setelah itu, karir musiknya diabadikan lewat pendidikan. Williams mengajar musik di University of Massachusetts dan Duke University.

Lagu-lagunya Williams bisa lo masukin ke playlist makan malam romantis lo, Urbaners. Musiknya yang berkelas membuat lo makin kelihatan kece. Apalagi kalau lo bisa dengar rekamannya lewat vinyl, kualitasnya pasti lebih bagus. Selamat larut dalam musiknya Mary Lou Williams, Urbaners!

Baca Juga : 4 Penyanyi Jazz Wanita Indonesia Terfavorit

 

Sumber: www.biography.com, www.allmusic.com, www.ajc.com

Comments
Sandi Widiyantoro
Musisi Jazz skala Internasional 🤩
Sukamto
Keren lo bro