Trending
Jumat, 26 Februari 2016

Cecile McLorin Salvant, Bawa Pulang Piala Grammy untuk Pertama Kali

  • Share
  • fb-share
Cecile McLorin Salvant, Bawa Pulang Piala Grammy untuk Pertama Kali

Pada tanggal 15 Januari 2016 lalu, ajang terbesar di belantika musik internasional, Grammy Awards, baru aja diselenggarakan. Di balik nama-nama musisi familiar seperti Taylor Swift, Ed Sheeran, Meghan Trainor, dan lain sebagainya, masih ada pemenang-pemenang untuk kategori musik jazz. Salah satu sosok yang mencuri perhatian pada malam itu adalah Cecile McLorin Salvant, seorang penyanyi jazz asal Amerika yang berhasil membawa pulang piala Grammy pertamanya.

 

Fokus Menyanyi Sejak Kecil

Ketertarikan Salvant terhadap dunia musik mulai muncul ketika ia belajar memainkan piano klasik pada usia lima tahun. Masih berkutat pada genre yang sama, Salvant mulai mengasah kemampuan vokalnya tiga tahun kemudian, bersama dengan mentor pribadinya bernama Edward Walker. Ia bahkan tergabung dalam kelompok Miami Choral Society. Transformasinya pada musik jazz bermula ketika ia mengenyam pendidikan di Darius Milhaud Conservatory pada tahun 2007.

Terinspirasi oleh musisi Sarah Vaughn, Billie Holiday, dan Bessie Smith, Salvant mendeskripsikan musik yang dibawakannya sebagai jazz, blues, dengan sedikit elemen folk dan teater musikal. Nggak cuma Bahasa Inggris, terkadang Salvant juga membawakan lagu dalam Bahasa Perancis dan Spanyol. Pada tahun 2010, wanita kelahiran 28 Agustus 1989 ini merilis album perdananya yang berjudul Cecile, disusul oleh WomanChild pada tahun 2013 dan For One to Love dua tahun kemudian.

 

Memenangkan Piala Grammy Pertamanya

Album kedua Salvant menuai banyak respon positif para penikmat musik jazz. Ia bahkan dinominasikan pada Grammy Awards 2014 untuk kategori Best Vocal Jazz Album. Sayangnya, Salvant nggak memenangkan penghargaan tersebut. Namun, ia kembali dinominasikan untuk kategori yang sama pada ajang Grammy Awards 2016 berkat album ketiganya, For One to Love. Kali ini, Salvant bisa berbangga hati karena berhasil membawa pulang piala Grammy pertamanya.

Kalau lo sudah mendengarkan For One to Love, Salvant mendedikasikan albumnya tersebut untuk kaum wanita yang mandiri dan kuat. Ada lima lagu original bernuansa jazz standart yang bisa lo dengerin. Penghargaan Best Vocal Jazz Album yang didapatkan Salvant tersebut berhasil membuatnya mengalahkan empat musisi jazz lain, yakni pemenang Grammy Awards tahun lalu Robert Glasper, Alexander, Terence Blanchard, dan Jimmy Greene.

Selain Grammy Awards, sebelumnya Salvant juga pernah meraih beberapa penghargaan, di antaranya adalah Jazz Journalists Association: Female Vocalist of the Year (2015), DownBeat Critics Poll: Jazz Album of the Year (2014), dan NPR Music Jazz Critics Poll: Top Five (2013). Congratulations, Salvant!

 

 

Source: latimes.com, en.wikipedia.org

Comments
ANI YUNITA
Memenangkan Piala Grammy Pertamanya
diana mayasari
Keren banget