Trending
Kamis, 03 Maret 2016

Jangan Mau Bayar Konser Mahal Buat Lagu yang Keluar Cuma dari Laptop!

  • Share
  • fb-share
Jangan Mau Bayar Konser Mahal Buat Lagu yang Keluar Cuma dari Laptop!

Urbaners yang pernah atau sekarang masih berjuang main band pasti tahu rumitnya membuat musik yang berkualitas. Nggak sampai situ, mungkin lo juga pernah ngalamin kendala seperti bingung mau rekaman di mana, harganya cocok atau nggak, kualitasnya bagus atau kurang, perlengkapannya tersedia atau harus bawa sendiri. Kalau Urbaners tinggal di kota besar yang dikenal punya musisi bagus sih, mungkin hal-hal itu nggak terlalu bermasalah. Sayangnya, nggak semua orang bernasib beruntung seperti Urbaners. Seperti perjalanannya Jazz Goa dalam bermusik satu ini nih.

Membuka Kesempatan

Tahukah lo soal musisi jazz yang punya nama Colin D’Cruz, Urbaners? Mungkin lo lebih kenal dia dengan nama Goa, sesuai sama tempat asalnya yang dari Goa, India. Satu hal yang spesial dari Colin adalah bagaimana dia membuat dan ngejalanin studionya sendiri, Jazz Goa Studio. Musisi-musisi asal Goa tahu dan bangga banget dengan studio satu ini. Kalau lo masih belum ngerti apa yang bikin spesial, Urbaners perlu tahu bahwa Jazz Goa Studio letaknya ada di suatu desa, dengan pemandangan berhektar-hektar sawah. Tepatnya di Sangolda, Goa Utara, India.

Passion pada musik itu bisa dimiliki oleh siapa saja, nggak terbatas asalnya dari mana. Colin percaya kalau banyak musisi di awal karirnya yang bingung cari studio untuk menunjukkan karyanya. Makanya, Colin membuat Jazz Goa Studio. Bukan cuma tempat, Colin juga ngasih kesempatan ke orang yang pakai studionya untuk nge-jamm bareng. Oh iya, Colin juga matok harga yang sangat murah buat nyewa studionya. Bahkan, Colin berani bilang kemungkinan Jazz Goa Studio adalah yang paling murah di dunia. Karena tujuan Colin memang ingin mengembangkan kemampuan para musisi lokal.

Menghidupkan Live Music Lagi

Lebih dari sepuluh tahun, Colin D’Cruz dan bandnya keliling dunia untuk main musik. Lama-kelamaan, Colin mulai merasa kalau musik jaman sekarang lebih banyak pakai teknologi dibanding instrumen sungguhan. Dari pengalaman Colin, live music juga ditinggalkan dan diganti sama lagu dari komputer. Kalau masalahnya ada di latihan yang kurang dan bikin jadi nggak percaya diri, Colin ngasih kesempatan buat coba main di studionya.

Artis-artis terkenal dari berbagai belahan dunia bahkan sudah main di Jazz Goa Studio lho, Urbaners! Mereka tampil bareng Colin tanpa kepentok oleh perbedaan budaya, kebangsaan, dan lain-lain. Cuma di Jazz Goa Studio, lo bisa dengar pemain saxophone asal British mainin lagu tradisional Goan Konkani.

 

Sebenarnya, semangat Colin sendiri adalah mengajak para calon musisi terkenal buat nggak takut melawan arus pasar. Jangan terlalu ngandelin laptop dan software pas bikin dan ngerekam lagu, tapi cobalah belajar ahli mainin instrumen. Lo setuju nggak sama pikirannya Colin ini, Urbaners?

Udah kebayang kan bagaimana ramainya Jazz Goa. Gimana kalau kita bandingin sama Java Jazz Festival 2016 besok? Tentu nggak akan kalah keseruannya donk Urbaners.

 

Sumber:
www.yourstory.com

Comments
Sadam Husaeni tulloh
Kerennnnn bangetttttt bosssss
Epul Saepuloh
Thanks infonya