• Music News
  • Miguel Zenón, Master Saxophone Peraih Nominasi Grammy

Miguel Zenón, Master Saxophone Peraih Nominasi Grammy

Mon, 07 March 2016

Berbicara tentang musik jazz, nama Miguel Zenón nggak pernah luput untuk disebutkan. Rasanya cukup keterlaluan, ya, Urbaners, kalau lo mengaku sebagai penggemar musik jazz tapi nggak familiar dengan nama musisi tersebut. Zenón merupakan salah satu pemain saxophone terbaik, lho! Nggak cuma itu, ia juga cukup sering dipercaya untuk menjadi komposer, produser musik, dan pengajar. Pada ajang Grammy Awards 2016 lalu, ia berhasil masuk pada salah satu nominasinya.

Merilis Sembilan Album

Lahir pada tanggal 30 Desember 1976, Zenón menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Residencial Luis Llorens Torres, sebuah housing project di San Juan, Puerto Rico. Di sana jugalah ia mendapat pengetahuan musikal pertamanya dari Ernesto Vigoreaux. Nggak lama kemudian, ia fokus mempelajari saxophone klasik dari Angel Marrero selama enam tahun di Escuela Libre de Música. Ia lalu melanjutkan pendidikannya di Berklee College of Music dan Manhattan School of Music.

Sejauh ini, Zenón sudah merilis sembilan album. Album debutnya, yang rilis pada tahun 2002 dan diberi judul Looking Forward, dipilih oleh New York Times sebagai album alternative jazz nomor satu. Delapan album lainnya yang dirilis Zenón sebagai seorang leader adalah Ceremonial (2004), Jibaro (2005), Awake (2008), Esta Plena (2009), Alma Adentro: The Puerto Rico Songbook (2011), Rayuela (2012), Oye!!! Live in Puerto Rico (2013), dan Identities are Changeable (2014).

Berulang Kali Masuk Nominasi Grammy

Pada ajang Grammy Awards 2016 yang baru diadakan beberapa waktu lalu, nama Zenón berhasil menjadi salah satu nominasi, yakni kategori Best Latin Jazz Album berkat album Identities are Changeable miliknya. Sayang, ia belum berhasil memenangkan penghargaan tersebut. Hebatnya, ternyata ini bukan pertama kalinya Zenón masuk pada nominasi Grammy Awards.

Demi mencari inspirasi untuk album kelimanya, Esta Plena, Zenón rela kembali ke kampung halamannya di Puerto Rico. Usahanya tersebut nggak sia-sia, namanya masuk pada dua nominasi Grammy, yakni untuk kategori Best Improvised Solo dan Best Latin Jazz Recording of the Year. Ia kembali muncul pada Grammy Awards 2012 ketika album Alma Adentro: The Puerto Rico Songbook dinominasikan untuk kategori Best Large Jazz Ensemble Album.

Selain merilis album sebagai leader, Zenón juga sudah berulang kali melakukan kolaborasi dengan banyak musisi lain, seperti Charlie Haden, Fred Hersh, Kenny Werner, dan Gullermo Klein. Semoga Zenón bisa mendapatkan piala Grammy Awards pada tahun-tahun yang akan datang, ya, Urbaners!

 

Sumber:
en.wikipedia.org
miguelzenon.com

5 Album Terkece yang Bakal Dirilis di Tahun 2020

Thursday, January 16, 2020 - 17:20
Justin Bieber menggunakan cargo denim pants berforo di groceries store

Ada banyak musisi yang dikabarkan akan merilis album baru di tahun 2020 ini. Buat pencinta musik tentunya nggak sabar kan dengan karya-karya terbaru dari para musisi dunia favorit lo. Berikut ini 5 album terkece yang bakal dirilis di tahun 2020, yuk cari tahu di bawah ini:

 

Dua Lipa

Dua Lipa akan merilis album Future Nostalgia di tahun ini

Penyanyi cantik kelahiran Albania ini akan merilis album barunya yang bertajuk Future Nostalgia di tahun ini. Album keduanya memang masih belum dijadwalkan perilisannya, tapi Dua Lipa sudah memberikan sedikit bocoran bahwa album barunya nanti cukup berbeda dengan album perdananya. Musik yang diusung di album barunya akan lebih kental dengan unsur pop klasik. Menuju perilisan albumnya, penyanyi asal Inggris ini juga sudah merilis dua single yaitu Don’t Start Now dan Future Nostalgia.

 

BTS

BTS telah mengumumkan akan merilis album barunya di bulan Februari.

Boy group asal Korea Selatan yang satu ini tengah berada di puncak kepopulerannya. Album baru dari BTS tentunya sangat ditunggu oleh para penggemarnya. BTS sendiri telah mengumumkan akan merilis album barunya yang merupakan sekuel dari Map of the Seoul: Persona yang dirilis pada bulan April 2019 lalu. Album terbarunya tersebut disebut dengan Ma of the Soul: 7 dan akan dirilis pada 21 Februari 2020 mendatang.

 

Selena Gomez

Selena Gomez telah merilis album Rare di awal tahun ini

Kembalinya Selena Gomez ke industri musik pastinya sudah sangat ditunggu oleh para penggemarnya. Album terakhir yang dirilis oleh Selena Gomez adalah Revival yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Setelah menanti selama 5 tahun akhirnya Selenator (sebutan fans Selena Gomez) merasa lega setelah penyanyi idolanya tersebut merilis album barunya yang disebut dengan Rare pada 10 Januari lalu. Sebelumnya, penyanyi berusia 27 tahun itu juga sudah merilis singleLose You to Love Me” dan “Look at Her Now” pada akhir 2019 lalu.

 

Niall Horan

Niall Horan bermain gitar saat perform

Mantan anggota One Direction ini juga dikabarkan akan merilis album di tahun 2020 ini. Setelah resmi melakukan debut solo dengan merilis album Flicker di tahun 2017 lalu, karya-karya terbaru dari Niall Horan selalu dinantikan oleh penggemarnya. Penyanyi asal Inggris itu pun telah memanjakan penggemarnya dengan merilis dua single yaitu Nice to Meet Ya dan Put a Little Love On Me di akhir tahun 2019 lalu. Meskipun judul album barunya belum diumumkan, tapi sebaiknya lo tungguin aja karya terbarunya ya Urbaners!

 

Justin Bieber

Justin Bieber dengan rambut dan hoodie berwarna pink

Penyanyi fenomenal yang satu ini dikabarkan juga akan segera merilis album terbarunya di tahun ini nih, Urbaners! Penggemar Justin Bieber tentunya sudah merasa rindu sekali dengan karya-karya penyanyi asal Kanada itu karena ia terakhir merilis album Purpose pada tahun 2015 lalu. Meskipun belum ada keterangan lebih detail mengenai judul dan waktu perilisan album terbarunya, tapi suami dari Hailey Baldwin ini telah lebih dahulu menyapa penggemarnya dengan merilis single Yummy pada 3 Januari lalu.

 

Setelah melihat daftar di atas, album siapa nih yang paling lo tungguin, Urbaners?

 

 

Sources: rollingstone.com