Trending
Selasa, 08 Maret 2016

4 Cara Menikmati Musik Secara Legal

  • Share
  • fb-share
4 Cara Menikmati Musik Secara Legal

Siapa sih yang nggak suka dengar musik, Urbaners? Lo sendiri pastinya selalu siap sedia music player di kantong kan? Entah disimpan di ponsel, iPod, atau mungkin ada di antara lo yang mobilnya masih bisa memutar kaset? Dengerin musik enak emang haknya lo semua Urbaners, tapi pernah nggak sih lo mikirin soal berapa jumlah kerugian yang mungkin didapat seorang artis karena lo ngebajak / download secara ilegal lagunya?

Bagus kalau mayoritas atau seluruh lagu lo selama ini dapatnya legal. Tapi, lo tahulah Urbaners, jaman sekarang gampang buat download lagu sana-sini. Nah, buat Urbaners yang merasa nikmatin musik itu termasuk menghargai artisnya juga, ini dia empat cara lo bisa dengar lagu secara legal dan asik di internet!

Radio Online

Cara pertama buat lo nikmatin musik di internet dengan legal dan asik adalah dengan cara streaming radio. Banyak channel radio baik dari dalam atau luar negeri yang online 24 jam, dengan announcer seru dan bisa nambahin pengetahuan lo soal musik baru. Minusnya, lo memang nggak bisa milih mau dengar lagu apa. Tapi lo bisa jadi tahu lagu apa yang lagi atau bakal hits, jokes baru ala-ala radio keren dan dengar berita juga.

Internet Radio

Apa bedanya yang ini sama yang di atas? Nah, internet radio yang di sini itu maksudnya macam last.fm atau 8tracks. Tempat di mana teman lo bisa bikin playlistnya sendiri, dan lo bisa dengar dari sana. Lo bisa milih mana yang lo suka dan sesuai sama mood lo. Nggak ada announcernya juga, Urbaners. Lo juga bisa bikin playlist lo sendiri, tinggal pilih dari lagu-lagu yang ada di library situsnya. Gampang kan?

Streaming

Urbaners pasti tahu dong nama-nama seperti Spotify atau Apple Music? Bisa dibilang, ini gabungannya radio online beneran, internet radio, dan berkembang lebih keren lagi dengan fiturnya masing-masing. Lo cuma perlu langganan sekitar 200 ribuan selama satu bulan buat bisa dapat akses ke music library yang punya stok sampai lebih dari 30 juta lagu. Nggak semua artis masukin lagunya di internet radio, jadi Spotify atau Apple Music (dan aplikasi streaming lagu besar lainnya) bisa jadi pilihan lo.

Beli Original

Nah, yang ini sebenarnya paling betul, Urbaners. Beli original nggak selalu mahal kok, Urbaners. Apalagi sekarang, lo dikasih kesempatan milih buat beli satu album langsung atau lagu satuan. Jadi, lo bisa beli lagu yang memang lo suka saja, nggak perlu sampai sealbum-albumnya. Jatuhnya lebih murah, iya nggak sih? Dan harga beli di internet memang jatuhnya nggak mahal-mahal banget, soalnya pasarnya kan lebih banyak. Buat dukung idola lo, it’s ok dong keluar uang sedikit?

Hal terbaik buat dinikmati itu memang harusnya bayar, Urbaners. Tinggal trik lo saja gimana bisa dapat dengan cara yang lebih hemat dan efisien. Kira-kira kalau ternyata segala downlad ilegal lo ketahuan terus lo ditangkap polisi, lo dapat hukuman berapa lama coba tuh, Urbaners? Untung kita tinggalnya di Indonesia ya, bukan di Jepang. Tapi menikmati musik secara legal itu kebiasaan yang bagus dan boleh banget buat diikuti kok, Urbaners!

 

Sumber:

www.wikihow.com

Comments
DEVI TRI HANDOKO
Internet Radio
Sadam Husaeni tulloh
Kerennn bangettt bossss