Trending
Senin, 14 Maret 2016

Lebih dekat dengan Azerbaijani Jazz yang sangat unik

  • Share
  • fb-share
Lebih dekat dengan Azerbaijani Jazz yang sangat unik

Suka mendengarkan musik jazz? Kalau iya, sepertinya nggak lengkap kalo lo belum dengerin Azerbaijani Jazz. Belum familiar dengan genre jazz ini? Tenang. Nggak semua orang tahu tentang cabang jazz dari Azerbaijan ini. Siapa sangka, ternyata genre jazz ini punya gaya bermusik yang cukup unik dan berbeda dari yang lain.

Musik jazz dari tanah Kaukasia

Selama ini kita tahu jazz berasal dari tanah Amerika, meskipun pada awalnya berakar dari Afrika. Ternyata, setelah melalui beragam akulturasi budaya, ada jazz yang muncul dari tanah Kaukasia. Jazz jenis ini biasa disebut sebagai Azerbaijani Jazz.

Nggak bisa dipungkiri, kehadiran Azerbaijan jazz menambah ragam musik jazz konvensional. Jazz yang mulanya di aransemen dari alat-alat musik biasa seperti gitar, bass, drum, dan mungkin piano serta saxophone ini jadi makin berwarna ketika ada alat-alat musik ala Arabia seperti tar, daf, dan kamancha. Suasana jazz yang bercampur dengan alunan kamancha dan tar berasa seperti kopi yang diaduk dengan susu, nikmat sekali!

Gabungan dari mugham dan jazz klasik

Jazz pertama kali diperkenalkan di Azerbaijan di awal abad ke 20. Di periode Soviet, saat Azerbaijan masih jadi bagian dari USSR alias Uni Soviet, Kota Baku (Ibukota Azerbaijan) menjadi salah satu dari tiga kota dengan musik jazz terbaik selain Saint Petersburg dan Riga. Hal ini membuat jazz di Azerbaijan bukan sebagai fenomena musik, melainkan lebih sebagai tradisi.

Dua orang yang berjasa dalam perkembangan jazz di Azerbaijan adalah Vagif Mustafazadeh, ayah Azizah Mustafazadeh yang sering melanglang buana di dunia permusikkan internasional, serta Rafig Babayev. Keduanya menggabungkan dua jenis musik, musik tradisional Mugham dan jazz klasik, dalam satu bahasa, improvisasi.

Musisi Azebaijani jazz sering muncul di luar negeri dan banyak yang sudah terkenal di segala penjuru dunia. Mereka aktif dalam event festival jazz internasional dan menyabet banyak penghargaan di kompetisi musik dunia. Beberapa nama yang mungkin pernah kamu dengar antara lain Salman Gambarov, Rain Sultanov, Amina Figarova, Aziza Mustafa Zadeh, dan Isfar Sarabski (jazz pianis muda pemenang 43th Jazz Festival di Montreaux tahun 2009).

Makin pengen nyobain buat denger Azerbaijan jazz kan? Kalo mau nyobain, kita saranin buat denger lagu-lagu dari Tofig Ahmadov atau Rain Sultanov. Dijamin lo akan ketagihan!

 

Sumber:
en.wikipedia.org
unesco.org

Comments
Riza Astuti
Gabungan dari mugham dan jazz klasik
AGUS NAWING
Keren banget