Trending
Rabu, 23 Maret 2016

1000 Jam Gratis Buat Dengerin Jazz Klasik

  • Share
  • fb-share
1000 Jam Gratis Buat Dengerin Jazz Klasik

Ada hadiah keren buat Urbaners pecinta musik jazz. Terutama, kalau lo suka dengar yang gratis-gratis, Urbaners. Dan nggak tanggung-tanggung, ada total 1000 jam lamanya lo bisa dengar lagu jazz legendaris. Lumayan kan, ada stok lagu jazz yang nggak bakal habis meski pun lo dengar selama satu bulan penuh. Tepatnya, perlu waktu sampai 41 hari lebih buat lo bisa tuntas dengar lagu-lagu jazz ini.

Siapa Si Dermawan ini?

Koleksi 1000 jam lagu jazz ini asalnya dari David Niven, Urbaners. Dia merilis 650 kaset jazz jaman dulu milik koleksi pribadinya di archive.org yang bisa didengar oleh umum. Lo bisa dengar lagu-lagunya Louis Armstrong, Duke Ellington, dan Jelly Roll Morton di situs tersebut, Urbaners. Bukan cuma dengar, lo juga bisa mendengar narasi ciptaan David Niven ketika dia memperkenalkan rekaman-rekaman ini. Setelah ditilik, kaset paling tua yang masuk di sini berasal dari tahun 1921. Di mana lagi coba lo bisa dengar musik jazz tahun 1921 dari kaset asli, seandainya David Niven nggak berbaik hati berbagi koleksi pribadinya di sini, Urbaners?

Terbawa Suasana

Perlu diingat Urbaners, kalau 1000 jam musik jazz jaman dulu ini asalnya dari kepingan kaset. Artinya, kualitasnya pun sesuai dengan produksi kaset jaman dulu. Lo bisa merasakan total lagu-lagu jazz ini sesuai dengan jamannya. Jadi, lo bisa sambil berandai-andai lagi hidup di tahun 1921 ketika dengar koleksi ini, Urbaners. Paul Contos, pengarah pendidikannya Monterey Jazz Festival pun mengakui, lagu-lagu jazz jaman dulu ini nampak sangat realistis. Lo bisa tahu dari mana asal musiknya, dan lo hendak di bawa kemana.

 

 

Cinta dan antusias lo ke musik jazz sebesar David Niven nggak, Urbaners? Dia pertama kali mendengarkan musik jazz ketika usianya masih 10 tahun, bareng sama sepupunya. Rekaman yang pertama kali dia dengar adalah Louis Armstrong. Sejak saat itu, dia pun ngoleksi segala kaset rekaman musik jazz sampai dia dewasa. Koleksinya terbilang luar biasa, bahkan disebut sebagai arkeologi musik jazz.

Nggak perlu segan untuk buka dan coba dengar koleksinya David Niven ini, Urbaners. Biar pun lo nggak begitu tertarik sama musik jazz, kemungkinan besar suara dan musiknya Louis Armstrong pasti bisa bikin hati lo luluh. Soalnya, musik jazz itu nggak ada matinya, Urbaners! Selamat menghabiskan waktu buat dengerin musik jazz.

 

Sumber:
www.montereycountyweekly.com
notable.ca

Comments
Sandi Widiyantoro
1000 jam nggak tuh
Argha hendriandika
Good inspiration