Home Music Macklemore, Sang Hip-Hop Professor

Macklemore, Sang Hip-Hop Professor

Thursday, March 24, 2016 - 12:30
Bagikan
Facebook Twitter Email

Siapa yang nggak kenal sama Macklemore? Penyanyi rap yang berjuluk “Hip-Hop Professor” ini makin terkenal ketika bergabung bersama Ryan Lewis dengan nama Macklemore & Ryan Lewis ketike membawakan lagu Thrift Shop. Lagu tersebut bahkan sempat merajai Billboard Hot 100 di Amerika Serikat. Siapa sangka, Macklemore sempat masuk ke panti rehabilitasi karena kasus narkoba.

Pecinta Hip-Hop Underground

Ben Haggerty a.k.a. Macklemore lahir pada tanggal 19 Juni 1983. Nama Macklemore sendiri pada awalnya adalah Professor Macklemore yang diambil berdasarkan karakter superhero yang dia bikin sendiri semasa kecil. Macklemore saat ini berkolaborasi bersama produser musik Ryan Lewis dan merajai banyak tangga lagu dunia.

 

Macklemore saat itu masih berusia 15 tahun ketika dia menulis lirik lagu pertamanya. Ketika mulai nge-rap, Macklemore sering mendengar lagu-lagu hip-hop East Coast Underground, di antaranya Hieroglyphics, Freestyle Fellowship, Wu-Tang Clan, Nas, dan Talib Kweli. Mereka-lah yang menjadi kiblat dari Macklemore dalam membuat lagu. Ketika masih di bangku sekolah bahkan, Macklemore dan teman-temannya sempat membuat grup hip-hop bernama Elevated Elements dan merilis album di tahun 2000 berjudul Progress.

Di tahun 2000 juga, Macklemore melakukan rekaman EP yang berjudul Open Your Eyes di bawah nama Professor Macklemore. Namun kemudian, kata “Professor” dihilangkan dalam album solo pertamanya yang berjudul The Language of My World di tahun 2005.

Tersandung kasus narkoba

Siapa sangka, di tahun 2008, Macklemore menjalani rehabilitasi kecanduan terhadap obat-obatan terlarang dan alkohol. Hal ini dia lakukan selama 3 tahun sebelum pada tahun 2011 bebas sebenarnya. Hal ini dia abadikan dalam lagu berjudul Starting Over.

Bangkit dari keterpurukan, Macklemore bergabung dengan Ryan Lewis, teman lamanya, dan merilis album Irish Celebration di bulan Desember 2009. Dari situ kemudian nama Macklemore & Ryan Lewis mulai naik daun setelah mereka ikut berbagai festival seperti Bumbershot, Outside Lands, Lollapalooza, Rock the Bells, dan Bonaroo. Album The Heist yang dirilis pada bulan Oktober 2012 merajai tanggal lagu nomor 2 dibulan yang sama. Dari situlah Macklemore berkembang dan berkembang lagi hingga sekarang.

Terpuruk di titik nol bukan halangan buat Macklemore buat bangkit dan maju. Meskipun kecanduan obat-obatan menjadi halanagan utama, Macklemore melakukan hal yang benar. Intinya, niatan lo yang mendasari setiap keputusan lo.

 

Sumber:
Wikipedia.org
biography.com