Home Music Anti-mainstream, Mocca Luncurkan Album Dalam Format Kaset

Anti-mainstream, Mocca Luncurkan Album Dalam Format Kaset

Thursday, April 28, 2016 - 11:51
Bagikan
Facebook Twitter Email

Apa hubungan antara kaset dengan pensil? Mungkin cuma generasi 90an yang tahu soal itu. Era 90an, musik memang disebarkan melalui jalur kaset pita. Sayang, saat ini kepopuleran kaset pita udah meredup bahkan udah nggak ada. Baru-baru ini, band indie pop asal Bandung, Mocca, merilis album terbaru mereka dalam versi kaset. Apa yang jadi motivasi mereka?

 

Cukup anti-mainstream, memang

Lo pasti sering denger band asal Bandung, Mocca. Ya, band yang terkenal berkat lagu Secret Admirer ini mungkin familiar di telinga. Tahun lalu, band ini merilis album baru berjudul Home. Nah, dalam rangka memeriahkan Record Store Day 2016, Mocca baru-baru ini merilis album Home dalam format yang berbeda, kaset.

Masih ingat kaset pita kan? Untuk merayakan rilisan fisik berupa kaset, CD, dan vinyl, banyak musisi Indonesia yang meramaikan gelaran Record Store Day Indonesia, salah satunya ya Mocca ini.

Album Home sendiri dirilis di bawah naungan label Lucky Me Music dan bisa lo beli secara offline maupun online sejak tanggal 16 April 2016 lalu. Lo juga bisa dapetin kaset Home ini di website mereka, tokomocca.com.

Kaset Home juga tersedia pada gelaran Record Store Day Indonesia di Pasar Santa Jakarta, dan Record Store Day Banding di Omuniuum. Kalau lo pengen dapetin kaset ini, sebaiknya cepet beli. Pasalnya, kaset ini hanya diproduksi secara terbatas dan hanya seharga 60 ribu rupiah saja, Urbaners. Nyesel kan kalau sampai kehabisan?

 

Record Store Day, ajang berkumpulan kolektor rilisan fisik dunia

Sejak 2007 lalu, Record Store Day sempat digagas oleh kalangan penggemar musik dan kolektor di Amerika. 2008, setahun setelah gagasan tersebut muncul, diadakanlah acara Record Store Day yang dimeriahkan oleh kalangan penggemar dan kolektor rilisan fisik di Amerika Serikat, Eropa, bahkan Asia, salah satunya ya Indonesia ini.

Tahun ini, perayaan RSD digelar di 20 kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Semarang, Bali, Surabaya, Medan, Bali, Yogyakarta, dan beberapa kota lain. Karena cuma sehari dan serentak di seluruh dunia, ya lo udah pasti ketinggalan eventnya.

Tahun depan deh, ingat-ingat tanggalnya. Jadi sewaktu-waktu, kalau ada pengumuman eventnya bakal ada dimana, lo bisa mampir buat beli versi album musisi kesukaan lo. Kali aja ada.

 

 

 

Source: mymocca.com, rollingstone.co.id