Trending
Selasa, 10 Mei 2016

Purwokerto, Kota Penikmat Musik

  • Share
  • fb-share
Purwokerto, Kota Penikmat Musik

Kota Purwokerto, yang terletak di Jawa Tengah, mengalami perkembangan yang pesat kalau bicara musik. Cara orang-orang menikmati musik di kota ini berkembang, mereka mulai apresiatif.

“Kota ini sudah tidak sama lagi dengan beberapa tahun yang lalu, sekarang musik jadi salah satu hiburan penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja,” tutur Hendy Kristianto, pemilik Society Coffee, salah satu lokasi menarik tempat anak muda Purwokerto biasa menghabiskan waktu di akhir pekan.

Banyak band memutuskan untuk main di Purwokerto di tengah perjalanan tur mereka. Karena potensinya memang besar. Termasuk MLD Spot Stage Bus Jazz Tour 2016. Publik lokal bisa dengan mudah berkumpul apabila musik dimainkan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Cafe di Purwokerto

 

Publik lokal bisa dengan mudah berkumpul apabila musik dimainkan

Malam itu, di Taman Andhang Pangeran, sekitar dua ratus orang muncul untuk menikmati musik. Padahal, itu adalah hari minggu dan berbagai macam aktivitas hari kerja menanti keesokan harinya.

“Perkembangannya juga dibantu oleh lokasi, kalau menurut saya. Ada beberapa kota satelit model Purbalingga, yang memang kalau akhir pekan, anak mudanya menghabiskan waktu mencari hiburan ke Purwokerto. Jadi, tidak heran kalau acaranya punya penonton yang bagus,” lanjut Hendy lagi.

Tidak hanya kemampuan untuk apresiatif terhadap sebuah pertunjukan musik, musisi lokal juga menggeliat. Booth deMajors yang dibuka di salah satu sudut MLD Spot Stage Bus Jazz Tour 2016 juga menjual dua rekaman asli buatan band lokal Purwokerto, penyanyi muda bersuara keren, Mutiara dan Adie Unyil and the Bawor. Keduanya dirilis oleh label lokal, Noend Records.

“Yang dua ini asli Purwokerto, baru rilis. Musiknya agak jazzy, yang satu band, yang satunya penyanyi perempuan,” ujar penjaga booth yang menjual kedua rekaman tersebut mempromosikan.

Sekilas, infrastrukturnya sudah terbentuk. Ada publik penikmat yang dari segi jumlah terus bertambah, serta produsen musik yang terus berkarya. Keberadaan tur model begini, setidaknya juga menambah referensi musik bagi kota tersebut.

Bukan tidak mungkin, dalam beberapa tahun terakhir kita bisa melihat band lokal Purwokerto menjadi salah satu headliner tur dan merebut perhatian penggemar musik secara nasional. Kota ini, mengejutkan.

Comments
triyoo purnama
keren dan mantap artikel2nyaaaa
Argha hendriandika
Mantap guys