Home Music Presiden Obama Turut Dukung International Jazz Day

Presiden Obama Turut Dukung International Jazz Day

Tuesday, May 17, 2016 - 10:35
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada tanggal 30 April 2016 lalu, ajang The International Jazz Day Global Concert kembali diadakan untuk memperingati Hari Jazz Internasional. Selain para musisi jazz internasional yang turut memeriahkan acara tersebut, hadir pula Presiden Obama beserta istrinya, Michelle Obama. Yes, Urbaners, you heard it right. Sepertinya Obama bener-bener pengen menghabiskan masa-masa terakhirnya sebagai seorang presiden Amerika dengan sesuatu yang fun.

 

Diadakan di White House

Biasanya, kebanyakan konser musik diadakan di venue-venue tertentu seperti Madison Square Garden di New York atau arena O2 di London. Berbeda halnya dengan The International Jazz Day Global Concert 2016 ini, Urbaners. Ketika dipresentasikan ke hadapan Presiden Obama dan ibu negara, mereka langsung mengiyakan rencana penyelenggaraan The International Jazz Day Global Concert 2016 di gedung White House. Keputusan tersebut nggak terlepas dari kegemaran keduanya terhadap musik jazz.

Ternyata, sejak remaja dulu, Obama sudah cukup sering mendengarkan musik jazz dari musisi seperti Miles Davis, Herbie Hancock, Wayne Shorter, dan lain sebagainya. Nggak mengherankan kalau musik jazz sudah jadi bagian penting dalam hidupnya. Sedangkan, kegemaran Michelle Obama terhadap musik jazz didapatnya dari sang kakek. Semasa hidupnya, pasangan tersebut familiar banget dengan musik jazz.

 

Ada Pianis Jazz Asal Indonesia

Namanya juga perayaan jazz penting, tentu musisi yang hadir pun juga nggak kalah megah. Sebut saja Herbie Hancock, Robert Glasper, Teraace Martin, Aretha Franklin, Buddy Guy, Esperanza Spalding, Wayne Shorter, Pat Metheny, John McLaughlin, dan masih banyak lagi. Ada pula John Beasley yang dipercaya untuk menjadi direktur musik pada ajang The International Jazz Day Global Concert 2016. Ia adalah sosok yang menyatukan para penampil jazz tersebut.

Selain itu, ada satu nama lagi yang pasti udah lo sering denger selama beberapa bulan belakangan ini, yaitu Joey Alexander. Sejak dinominasikan pada ajang Grammy Awards 2016 pada 15 Februari 2016 lalu, popularitas Joey makin meningkat pesat. Ia turut diundang untuk tampil langsung di hadapan Presiden Obama pada ajang The International Jazz Day Global Concert 2016. Rencananya, Joey juga bakal menggelar konser jazz pada tanggal 22 Mei 2016 mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Acara perayaan Hari Jazz Internasional tersebut memang nggak disiarkan di Indonesia, tapi lo masih bisa menyaksikannya secara streaming melalui video yang disiarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan UNESCO. Tahun depan, kira-kira The International Jazz Day Global Concert bakal diadakan di mana, ya, Urbaners?

 

 

Sources: revolt.tv, billboard.com, cumicumi.com