Home Music John Williams, Legenda Pencipta Music Scores

John Williams, Legenda Pencipta Music Scores

Friday, May 20, 2016 - 10:35
Bagikan
Facebook Twitter Email

John Williams adalah pemegang rekor dengan 45 nominasi Oscar di kategori best original score. Apa saja music scoring yang diciptakan oleh John Williams? Salah satunya adalah Jaws, Star Wars, Superman, Jurassic Park sampai Harry Potter. Lagu-lagu di film di atas, semua adalah karya sang legenda hidup John Williams. Di umurnya menginjak ke 84 di tahun ini, John tidak berhenti berkarya. Terakhir Star Wars: The Force Awakens menjadi jagoan nominasi best original scores.

 

Memulai karir dari bawah

John Williams yang akrab dipanggil Johnny ketika kecil ini memulai karir dari bawah. Ketika duduk di bangku kuliah, dirinya kerap menjadi pemain figuran dalam pembuatan musik untuk acara televisi. Johnny membuat efek-efek gitar bersama seniornya Peter Gunn. Tetapi jiwa orkestra yang kental di dalam diri Johnny membuat ciri khas tersendiri. Akhirnya Johnny dipercaya untuk membuat music scores sendiri, walaupun awalnya hanya program televisi biasa.

 

Steven Spielberg dan George Lucas

Kedua nama di atas adalah sutradara dan produser papan atas. Keduanya mampu membuat film fiksi seakan menjadi nyata. Jika George Lucas terkenal dengan Star Wars, maka Steven Spielberg terkenal dengan Jurassic Park. Pada tahun 70an, Johnny pertama kalinya bekerja sama dengan Steven Spielberg di film The Sugarland Express (1971). Setelah itu nama Johnny meledak ketika berhasil membawa Jaws menjadi salah satu film terbaik.

Sukses bersama Steven Spielberg membuat Johnny bekerja sama dengan George Lucas. Ketika itu film Star Wars akan dibuat, dan Johnny berhasil membuat Luke’s Theme, Force Theme, dan Princess Leia’s Theme menjadi salah satu music scoring terbaik sepanjang masa.

 

Dibalik kerennya Harry Potter

Di era millennium, Johnny juga turut menyumbang beberapa karya besarnya. Jika lo merupakan fans berat Harry Potter, scoring yang sangat keren tersebut adalah karya John Williams. Hampir semua scoring film Harry Potter buatan John Williams. Kerennya lagi, Johnny hanya bekerja di  4 film pertama Harry Potter. Selanjutnya, film Harry Potter hanya mengaransemen ulang lagu dari John Williams.

Dibalik semua yang kita banggakan atau semua yang kita idolakan pasti ada orang yang bekerja keras di belakang layar. Contohnya John Williams, dirinya tidak banyak dikenal. Sedikit yang mengetahui siapa pembuat dibalik musik-musik keren tersebut.

 

 

Source: Wikipedia.org