Trending
Kamis, 09 Juni 2016

Bic Runga, Sang One Hit Wonder?

  • Share
  • fb-share
Bic Runga, Sang One Hit Wonder?

Bic Runga sekarang sedang menikmati puncak ketenarannya, lagunya yang berjudul Sway berada hampir semua tangga lagu New Zealand. Padahal nih Urbaners, Sway adalah lagu lama dari Bic Runga, lagu Sway ini muncul pada tahun 1997 dan masuk ke dalam original sound track dari film American Reunion. Pada tahun 2001, lagu ini masuk ke posisi 6 ke dalam lagu terbaik sepanjang masa di New Zealand.

 

Siapa sebenarnya Bic Runga?

Sekilas Bic Runga ini namanya mirip orang Indonesia, wajar karena Bic Runga adalah orang Malaysia. Ibu dan ayahnya asli orang Malaysia, tetapi Bic Runga sendiri besar di New Zealand. Kakaknya yang bernama Boh adalah seorang vokalis band asal New Zealand bernama Stellar.

Runga sebenarnya bukan artis baru atau artis indie yang sedang naik daun. Runga ini umurnya sudah 40 tahun lho Urbaners dan sudah bermusik sejak tahun 1996. Berarti sudah 20 tahun Bic Runga mengarungi jagat musik dunia.

 

Lagu Sway adalah lagu tersukses yang dimiliki oleh Bic Runga

Sebelumnya Runga memulai karir musik bersama Kelly Horgan, sesama pemusik dari New Zealand. Bersama Kelly Horgan, dirinya mengeluarkan EP atau mini album yang dinamakan Drive. Album tersebut membutuhkan waktu 1 tahun untuk membuatnya dan promo-promo yang dilakukan. Dan pada tahun 1995, Runga dan Kelly iseng-iseng mengirimkan album demonya tersebut ke Sony Music. Ternyata Sony Music menyetujui album tersebut dan Runga pun rekaman kembali.

Pada tahun 1996, ketika album tersebut diluncurkan Sony Music membuat terobosan yang sangat menarik. Lagunya dimasukkan ke dalam salah satu soundtrack film American Reunion. Dengan masuknya lagu “Sway” ke soundtrack film tersebut, kepopuleran Runga mulai melesat naik.

Setelah itu Runga menikmati kepopulerannya dan bahkan pemerintah New Zealand memuji bakat yang dimiliki oleh Runga. Walaupun bukan asli New Zealand, pemerintah New Zealand tetap menghargai lagu yang dikerjakan oleh Runga. Sekarang lagu berjudul Sway kembali naik daun lho Urbaners, sudah pernah menikmati lagu tersebut?

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Kamto mun
Keren guys