Trending
Jumat, 10 Juni 2016

Menurut Penelitian, Musik Bagus Untuk Operasi Mata

  • Share
  • fb-share
Menurut Penelitian, Musik Bagus Untuk Operasi Mata

Euroanaesthesia 2016 yang diselenggarakan di London pada tanggal 27 sampai 30 Mei 2016 kemarin mengeluarkan suatu hasil yang sangat menarik Urbaners. Salah satu hasil studi dari Cochin University Hospital di Paris Prancis mengatakan bahwa memainkan musik ke pasien sebelum melakukan operasi mata dapat membuat pasien lebih santai dan nggak tegang.

 

Studi ini dilakukan ke 62 pasien secara acak

Dr Gilles Guerrier ditunjuk sebagai pimpinan dari Cochin University Hospital untuk penelitian ini. Senggaknya kampus yang juga mempunyai rumah sakit yang cukup terkenal di Paris ini sudah mencoba memainkan musik ke 62 pasien yang akan melakukan operasi mata. Dari ke 62 pasien tersebut, secara acak akan didengarkan musik melalui headphones selama 15 menit sebelum operasi katarak. Ada pasien yang mendengarkan dan ada yang tidak.

Setelah operasi, para peneliti ini menuliskan bagaimana laporan yang didapat dari dokter yang bersangkutan. Yang diteliti antara lain denyut nadi, detak jantung, kondisi fisik sampai tingkat psikologi. Hasilnya? Sebanyak 71% orang yang didengarkan musik lebih santai dan nggak tegang saat operasi. Hasil yang sangat mengejutkan kan Urbaners?

 

Jenis musik yang didengarkan oleh pasien

Lo pasti penasaran jenis musik apa yang didengarkan oleh pasien. Apakah musik rock, jazz, atau bahkan punk? Dalam penelitian yang dipublish tersebut, ada 16 jenis musik yang dimainkan juga secara acak. Jenis musik ini kebanyakan adalah musik jazz, flamenco, Cuban, klasik dan piano. Cochin University Hospital ini bekerja sama dengan MUSIC CARE. Sebuah yayasan produksi musik  dan juga meneliti tentang musik yang baik untuk manusia. MUSIC CARE ini memilih lagu yang ternyata juga sebagai obat anti stress, depresi dan penghilang sakit.

Bagaimana menurut Urbaners tentang penelitian yang dikeluarkan oleh Cochin University Hospital ini? Mereka membuat suatu terobosan, bahwa sakitnya operasi mata bisa sedikit dikurangi dengan musik. Masih belum diketahui apakah musik ini juga berpengaruh dengan operasi lain.

 

 

Source: sciencedaily.com

Comments
asrul firmansyah
Top markotop nich artikel ya
SAMSUL BAHRI
Lo pasti penasaran jenis musik apa yang didengarkan oleh pasien. Apakah musik rock, jazz, atau bahkan punk? Dalam penelitian yang dipublish tersebut, ada 16 jenis musik yang dimainkan juga secara acak. Jenis musik ini kebanyakan adalah musik jazz, flamenco, Cuban, klasik dan piano. Cochin University Hospital ini bekerja sama dengan MUSIC CARE. Sebuah yayasan produksi musik dan juga meneliti tentang musik yang baik untuk manusia. MUSIC CARE ini memilih lagu yang ternyata juga sebagai obat anti stress, depresi dan penghilang sakit.