Home Music Bastille, Naik Ke Puncak “Gunung Popularitas” Berkat Pompeii

Bastille, Naik Ke Puncak “Gunung Popularitas” Berkat Pompeii

Tuesday, June 28, 2016 - 17:26
Bagikan
Facebook Twitter Email

But if you close your eyes,

Does it almost feel like nothing changed at all?

Nggak gaul kalau lo nggak pernah denger cuplikan lirik di atas. Yup, yang jawab Pompeii dari Bastille, lo bener banget. Lagu yang ngehits banget sejak tahun 2013 ini membawa mereka ke puncak popularitas. Pompeii bahkan dapat banyak penghargaan di tahun perilisannya. Lantas, apa kisah dibalik kesuksesan Bastille? Bagaimana mereka mampu jadi yang terbaik di antara jajaran musikus dunia?

 

Berkat Pompeii

Populer berkat Pompeii, salah satu single dalam album ‘Bad Blood’, Bastille punya jenis musik yang cukup menarik. Membawa genre indie pop dan electropop, lagu-lagu dengan arena-friendly chorus membuatnya semakin banyak dikenal oleh kalangan. Dengar aja Pompeii yang langsung dikonotasikan oleh banyak orang dengan chorusnya yang berbunyi “eo eo e eo eo e”. Nggak jarang orang bahkan nggak tahu judulnya tapi langsung inget lagunya hanya dengan mendengar chorus tersebut.

Lagu-lagu mereka juga sering dijadikan soundtrack di berbagai game dan film. Lagi-lagi, Pompeii, muncul di game First Touch Soccer 15, Pro Evolution Soccer 15, serta film Mr. Peabody and Sherman yang rilis tahun 2014. Selain itu, lagu mereka yang berjudul Haunt juga muncul sebagai soundtrack di TV series Finding Carter.

 

Gagal di single pertama

Bastille sendiri merupakan band indie asal London, Inggris, yang dibentuk pada tahun 2010. Awalnya, Bastille bukanlah sebuah band, melainkan sebuah solo project penyanyi Dan Smith, yang sekarang jadi vokalis mereka. Beranggota awal Chris Wood, Will Farquarson, dan Kyle Simmons, band ini mulai merilis single 7” secara indie yang berisi dua trek lagu berjudul Flaws dan Icarus pada July 2010. Sayang single 7” tersebut nggak laku, bahkan hanya 300 copy yang terjual.

Desember 2011, Smith menandatangani kontak bersama Virgin Records. Album studio pertama mereka, Bad Blood, pun dirilis Maret 2013 dan langsung naik ke puncak UK Album Chart. Band ini bahkan sempat dinominasikan di 4 kategori pada ajang Brit Award 2014 dan memenangkan salah satu nominasi, British Breakthrough Act.

Baru-baru ini Bastille tengah bersiap untuk ngerilis album terbarunya, Wild Blood. Album ini diawali dengan single Good Grief yang baru aja dirilis beberapa hari yang lalu di Youtube. Kita tunggu aja, bakalan booming lagi nggak Bastille dengan arena-friendly chorus mereka Urbaners.

 

Source:
Wikipedia.com
bastillebastille.com