Home Music Film Dokumenter The Beatles Terbaik

Film Dokumenter The Beatles Terbaik

Wednesday, June 29, 2016 - 15:29
Bagikan
Facebook Twitter Email

The Beatles, band legendaris asal Inggris satu ini memang udah nggak diragukan lagi kemahsyurannya di bidang musik. Mereka bahkan masih punya penggemar berat hingga sekarang. Udah beberapa dekade sejak band ini didirikan, udah banyak juga film-film documenter yang mengisahkan cerita epic tentang pembentukan band ini, mulai dari sisi kontroversial hingga keromantisan hubungan satu sama lain. Dari puluhan film dokumenter tentang The Beatles, berikut ini adalah daftar yang terbaik.

 

The Compleat Beatles (1982)

Film dokumenter yang berdurasi 2 jam ini menceritakan kisah perjalanan karir the Beatles. Disutradarai oleh Patrick Montgomery, film ini dilengkapi dengan banyak rekaman-rekaman wawancara dari berbagai sumber. Tak hanya The Beatles, orang-orang yang bekerja di sekitarnya seperti manajer hingga penulis lagu pun tak lepas dari sorotan film dokumenter ini.

 

Imagine: John Lennon (1988)

Film ini nggak menceritakan The Beatles secara umum, melainkan salah satu anggotanya yang paling terkenal, John Lennon. Film ini dibuat berdasarkan rekaman pribadi dari Yoko Ono, istri setia Lennon. Tak ayal, film ini terkonsentrasi di masa-masa Lennon bersama dengan Ono. Kisah mengenai Lennon yang mendukung gerakan anti perang sangat jelas diceritakan disini.

 

The Beatles Explosion (2008)

Untuk film dokumenter yang satu ini, bukan The Beatles atau hanya John Lennon yang dikisahkan dalam film. Film dokumenter ini lebih menceritakan bagaimana meledaknya Beatlemania, sebutan khusus untuk pecinta The Beatles. Kisah-kisah mengenai bagaimana John, Paul, George, dan Ringo menjadi selebritis besar di dunia diceritakan secara lengkap disini.

 

Let It Be (1970)

Film yang berjudul sama dengan salah satu lagu The Beatles ini disutradarai oleh Michael Lindsay-Hogg. Sesuai judulnya, film ini menceritakan bagaimana proses rekaman lagu berjudul Let It Be dibuat, mulai dari latihan, tampil, bahkan adegan dimana mereka berdebat satu sama lain. Salah satu adegan terkenal di film ini adalah ketika The Beatles bermain secara live di atas gedung.

Cukup menarik, kan? Mana nih yang jadi film dokumenter The Beatles favorit kalian Urbaners? Memang sih sama-sama menceritakan The Beatles, tapi dengan sudut pandang yang berbeda satu sama lain. Jadi, yang mana yang paling menarik menurut lo?

 

Source: Wikipedia.org, rottentomatoes.com