Trending
Jumat, 01 Juli 2016

4 Musik Klasik yang Terilhami Dari Matahari

  • Share
  • fb-share
4 Musik Klasik yang Terilhami Dari Matahari

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Mau itu hadir dalam bentuk yang nyata maupun nggak, inspirasi selalu datang tiba-tiba. Begitu juga dengan musik klasik. Beberapa komposer mengaku mendapatkan inspirasi dari matahari yang bersinar indah bagaikan musim semi. Selagi mengagumi ciptaan Tuhan yang paling indah, mereka membuat alunan nada cantik nan enak buat didengerin meskipun lo bukan pecinta musik klasik sekalipun. Mau tahu apa aja Urbaners?

 

Richard Strauss – Alpine Symphony Op. 64

Musik klasik yang satu ini menceritakan tentang kisah pendakian Bavarian Alps di bawah cuaca terik yang hangat berkat matahari. Lagu yang diciptakan pada tahun 1915 ini mengalun secara episodik dan beruntun. Suasana matahari yang mulai terbit di awal lagu terasa kuat ketika harmoni simbal perlahan masuk. Ketika lagu ini dimainkan oleh grup orchestra yang kuat di bagian brass, efeknya luar biasa. Simfoni ini pun ditutup dengan kesan matahari yang tenggelam di kaki gunung.

 

Hadyn – String Quartets Op. 20 ‘Sun’

Lagu yang ditulis pada tahun 1772 ini memberikan Hadyn sebuah reputasi yang cukup gemilang. Lagu ini merupakan set ketiga dari kuartet buatannya yang diberi judul ‘Sun quartets’. Kuartet yang dibuat Hadyn ini bahkan menginspirasi musisi klasik kenamaan seperti Mozart, Beethoven, Brahms, dan banyak musisi klasik lainnya. Lagu kuartet ini diberi nama kuartet ‘Sun’ karena cover cetakan pertamanya bergambarkan ilustrasi matahari yang sedang terbit.

 

Sally Beamish – The Imagined Sound of Sun on Stone

Saxophone concerto milik Beamish pada tahun 1999 mengadopsi suara yang sangat primitif. Lagu ini bahkan dibuka dengan nada-nada yang membawa kita masuk ke “dunia mistis”. Beamish benar-benar menggunakan saksofonnya hingga batas tertinggi. Semua aspek timbre dan beragam teknik dijelajahi. Hasilnya, luar biasa menawan.

 

Edvard Grieg – Peer Gynt Op. 23 ‘Morning Mood’

Punya judul yang sama dengan drama karangan Henrik Ibsen, salah satu bagian dari Peer Gynt ini menceritakan suasana matahari terbit dimana sang pahlawan menemukan bahwa dirinya terdampar di sebuah gurun sendirian. Alunan melodi flute dan oboe yang lirikal mampu menaikkan lagu ini hingga ke titik klimaks.

Cobain deh satu per satu lagu-lagu di atas Urbaners. Meskipun lo nggak seberapa suka musik klasik, tapi suasana matahari yang dibawakan benar-benar menenangkan jiwa. Nggak percaya? Coba aja.

 

Source: classical-music.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Sadam Husaeni tulloh
Kerennn bangetttt bossss