• Music News
  • How To Dress Well Siapkan Album Terbaru

How To Dress Well Siapkan Album Terbaru

Tue, 16 August 2016
How To Dress Well Siapkan Album Terbaru

Pada tahun 2009, ada seorang yang bernama Tom Krell membuat suatu blog yang berisi karya-karya musiknya. Blog tersebut kemudian dinamakan oleh Tom Krell dengan nama How To Dress Well. Dan kerennya lagi, ternyata Tom Krell ini nggak pernah sekalipun menyebutkan nama dan foto di dalam blognya. Ketika blog How To Dress Well mengundang banyak sekali pengunjung, banyak sekali orang yang penasaran.

Debut album dan donasi

How To Dress Well Siapkan Album Terbaru
Ketika banyak orang yang pensaran dengan How To Dress Well, akhirnya Tom Krell membuat debut album di tahun 2010 berjudul Love Remains. Album Love Remains ini menjadi salah satu album terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Tom Krell. Nama panggung How To Dress Well ini menjadi perbincangan dimana-mana. Beberapa website review musik seperti Pitchfork Media, Stereogum dan Spin memberikan respon yang sangat positif untuk album ini.

Lalu pada album kedua, Tom Krell sangat emosional. Ketika itu temannya meninggal dunia dan Tom Krell membuat mini album berjudul Just Once yang dijual hanya 1000 kopi. Lalu setiap penjualannya akan didonasikan 1 dolar kepada orang yang mempunyai masalah mental.

Album terbaru lebih berani

How To Dress Well Siapkan Album Terbaru
Kebalikannya, pada saat album pertama How To Dress Well ini nggak pernah sekalipun menampilkan wajah dan nama. Begitu album yang muncul di tahun 2016 ini, Tom Krell tidak hanya muncul sebagai penyanyi dan aransemen di How To Dress Well. Tetapi juga muncul di video klip dan akan menggelarkan konser. Memang nggak bisa selamanya Tom Krell ini menyembunyikan jati dirinya. Para perusahaan rekaman pun harus mendapatkan keuntungan dalam penjualan merchandise ataupun konser.

Pada album terbaru yang rencananya akan muncul akhir Juli nanti ini, How To Dress Well akan menyelenggarakan konser keliling dunia, termasuk di Eropa dan Asia. Jika lo penasaran bagaimana musik dari How To Dress Well, lo bisa mendengar lagu berjudul Care.

 

Source: pitchfork.com

Pecinta Musik Wajib Datangi Museum Musik Indonesia di Malang

Monday, February 17, 2020 - 15:41
: Bagian depan dari Gedung Museum Musik Indonesia

Kota Malang memang menjadi salah satu kota paling populer di Indonesia. Selain memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik, di kota ini rupanya juga memiliki museum musik yang wajib didatangi oleh para pecinta musik. Museum Musik Indonesia yang terletak di Jalan Nusakambangan No. 19, Kota Malang ini merupakan satu-satunya museum seni musik yang ada di Indonesia.

 

Punya Banyak Koleksi yang Menarik

Museum Musik di Kota Malang ini memiliki banyak koleksi yang sangat menarik. Sejak tahun 2009 sampai tahun 2018 lalu Museum Musik ini diketahui memiliki lebih dari 26 ribu koleksi yang berhubungan dengan dunia musik. Mulai dari kaset, leaflet, CD, poster, buku musik, piringan hitam, peralatan audio hingga alat musik koleksi dari para musisi. Menariknya, di museum musik ini juga terdapat kostum dari koleksi para musisi.

Koleksi yang ada di Museum Musik ini rupanya sebagian besar didapatkan dari sumbangan masyarakat baik dari Malang ataupun luar Malang. Selain itu, juga terdapat beberapa musisi yang rela turut menyumbangkan barang-barangnya untuk dijadikan koleksi di museum yang satu ini. Sekitar 60 sampai 70 persen dari koleksi yang ada di museum ini berasal dari musisi Tanah Air. Sedangkan sisanya berasal dari musisi luar negeri. Koleksi di museum ini juga terdiri dari cukup banyak genre mulai dari lagu daerah, jazz, pop, rock, latin hingga lagu anak-anak.

 

Baru Diresmikan pada Tahun 2016 Lalu

Meskipun telah memiliki jumlah koleksi yang cukup banyak, Museum Musik ini baru diresmikan pada tahun 19 November 2016 lalu. Peresmian tersebut langsung dihadiri oleh pihak Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan bertempat di Gedung kesenian Gajayana lantai 2 di Jalan Nusakambangan No. 19 Malang.

Museum Musik ini juga telah didaftarkan ke Kementrian Hukum dan Ham. Pemerintah Kota Malang juga telah memberikan izin kepada pengelola museum untuk menempati Gedung Kesenian Gajayana. Jadi Gedung Kesenian Gajayana telah resmi menjadi lokasi dari Museum Musik tersebut. Sebelum menempati gedung tersebut, Museum Musik ini cukup sering berpindah tempat.

Sejarah Berdirinya Museum Musik

Koleksi di museum musik yang tertata rapi di display

 

Sejarah dari Museum Musik ini cukup menarik lho, Urbaners. Berawal dari koleksi yang dimiliki oleh salah satu pendirinya, Hengki Herwanto, kemudian museum ini bisa berkembang menjadi lebih besar. Sejak sekitar tahun 2009 lalu Hengki Herwanto berencana untuk mendirikan Galeri Malang Bernyanyi dan hanya memiliki sekitar 250 koleksi saja. Koleksi yang terdiri dari CD, kaset hingga piringan hitam itu merupakan milik dari Hengki Herwanto dengan teman-temannya.

Kemudian koleksi tersebut disimpan di garasi rumah Hengki Herwanto yang berada di jalan Citarum. Galeri koleksi musik itu pun semakin dikenal luas sehingga pada tahun 2013 mereka memindahkannya di sebuah rumah kontrakan di Griya Santa. Setelah itu, baru di tahun 2016 galeri musik itu pindah ke Gedung Kesenian Gajayana dan resmi disebut sebagai Museum Musik Indonesia.

Itulah sedikit ulasan mengenai Museum Musik Indonesia yang terletak di Malang. Apakah lo berencana untuk mampir ke tempat ini saat berkunjung ke Malang?

 

Sources: jawapos.com, kumparan.com, goodnewsfromindonesia.id