Trending
Selasa, 16 Agustus 2016

John Mayer Trio, Band Blues dari Ketidaksengajaan

  • Share
  • fb-share
John Mayer Trio, Band Blues dari Ketidaksengajaan

Hampir semua pecinta musik internasional pasti familiar dengan John Mayer, tapi gimana dengan John Mayer Trio? Ya, Urbaners, John Mayer Trio bukanlah nama band yang digunakan orang lain karena mereka ngefans sama John Mayer. John Mayer Trio adalah grup musik yang beranggotakan tiga orang, salah satunya adalah John Mayer. Mereka mengusung genre blues pada lagu-lagu yang diciptakan.

Proyek Sampingan John Mayer

Pada tahun 2005, John Mayer, Willie Weeks (bassist), dan Steve Jordan (drummer) didapuk untuk mengisi acara penggalangan dana bertajuk Tsunami Aid: A Concert of Hope di stasiun televisi NBC. Saat hari penyelenggaraan, Weeks mendadak nggak bisa tampil, sehingga Jordan merekomendasikan bassist lain bernama Pino Palladino. Ketika akhirnya tampil bertiga, mereka justru merasakan chemistry musik yang cocok. Mayer, Jordan, dan Palladino pun membentuk band bernama John Mayer Trio.

Bisa dibilang John Mayer Trio ini merupakan proyek sampingan John Mayer. Saat konsernya, terkadang John Mayer tampil dengan band-nya, secara akustik, atau bersama John Mayer Trio. Karir John Mayer Trio resmi dimulai ketika mereka menjadi opening act untuk The Rolling Stones pada bulan Oktober 2005. Dari penampilan tersebut, John Mayer Trio mendapat banyak review positif dari berbagai media dan para penikmat musik blues.

Berpengaruh pada Album John Mayer Selanjutnya

Meski feedback-nya bagus, John Mayer Trio memutuskan untuk menggelar penampilan terakhir mereka pada Tempe Music Festival pada bulan April 2006. Sebenarnya, Mayer, Palladino, dan Jordan udah setuju untuk merilis album, tapi di tengah prosesnya, mereka merasa cukup kesusahan sehingga cuma menghasilkan tiga lagu yang berjudul Good Love is on the Way, Vultures, dan Try. Bercampur dengan lagu-lagu Mayer lain yang dirombak, John Mayer Trio pun merilis album Try! pada bulan November 2005.

John Mayer Trio, Band Blues dari Ketidaksengajaan
Pengalaman Mayer bersama trio inilah yang memengaruhinya dalam pembuatan album Continuum. Mayer mengajak Jordan untuk memproduksi album ketiganya tersebut. Kalau dengerin Continuum, lo bakal menemukan beberapa lagu yang juga dirilis dalam album Try!. Setelah perilisan Continuum, Mayer pun mengumumkan melalui blognya kalau ia, Palladino, dan Jordan bakal melakukan reuni. Hal tersebut beneran terjadi pada tahun 2007 ketika Mayer menyelenggarakan konser Where the Light Is.

Sejak terakhir tampil pada tahun 2009, hingga kini John Mayer Trio belum pernah balik lagi ke atas panggung. Tapi, pada bulan Januari 2016 lalu, Mayer mem-posting foto bersama Palladino dan Jordan dengan caption yang menyiratkan kalau mereka sedang melakukan rekaman. Wah, kayaknya bentar lagi bakal ada album baru dari John Mayer Trio, nih!

 

Sources:
en.wikipedia.org

Comments
EDI SASONO
Berpengaruh pada Album John Mayer Selanjutnya
Selvi eyang surun
Keren yang nyata