• Music News
  • Selama 16 Tahun Akhirnya Sheila on 7 Memutuskan Indie

Selama 16 Tahun Akhirnya Sheila on 7 Memutuskan Indie

Mon, 29 August 2016

Tahun 2014 lalu, Sheila on 7 secara mengejutkan mengumumkan bahwa album terakhir berjudul Musim yang Baik (2014) adalah album terakhir So7 di bawah label. Tepatnya selama 18 tahun berkarya dari tahun 1996 sampai 2014, Sheila on 7 berada di bawah label Sony Music Entertainment. Dibawah Sony, So7 berhasil menelurkan 10 album dimana hampir seluruh albumnya tersebut berhasil mendapatkan tempat tersendiri di mata penggemarnya.

 

Label vs Indie

Sheila on 7 adalah salah satu band yang beruntung karena mereka langsung mendapatkan kontrak jangka panjang dari label. Padahal banyak sekali band di luar sana yang sebenarnya memiliki potensi besar tetapi harus tertatih-tatih di jalur indie. Indie vs Label adalah perdebatan cukup lama di dunia musik, bahkan sekarang ada sebutan bahwa band yang ikut label dapat dicap sebuah band yang nggak idealis. Karena selera bermusiknya akan ditentukan oleh pasar, berbeda dengan indie yang bebas.

So7 pun merasa demikian. Enaknya ketika berada di bawah sebuah label adalah para personel So7 hanya fokus dalam bermusik. Promosi, konser sampai penggarapan album sudah ada yang mengurusi. Tetapi kompromi yang dirasakan oleh para personel So7 dalam setiap penggarapan album juga nggak kalah beratnya. Dan sekarang Sheila on 7 berada di titik jenuh, lalu kemudian memutuskan untuk keluar dari label.

 

Para personel Sheila on 7 sudah berkomitmen kuat

Memutuskan untuk terjun di jalur indie bukan perkara mudah. Para personel So7 yang sebelumnya hanya fokus untuk bermusik, sekarang harus mikir bagaimana rekaman sampai bagaimana cara untuk promosi album. Duta dan Adam ternyata sudah memikirkan hal tersebut. Duta dan Adam sekarang akan menggarap hal-hal yang berbau administrasi, sedangkan Erros akan fokus kepada penggarapan musik.

Yogyakarta dan Jakarta adalah dua tempat yang tepat untuk menggarap label indie. Yogyakarta dikenal dengan iklim indie yang bagus, sedangkan Jakarta dapat dijadikan ajang marketing. Wajib ditunggu, album terbaru So7 dibawah indie label.

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com