Home Music Selama 16 Tahun Akhirnya Sheila on 7 Memutuskan Indie

Selama 16 Tahun Akhirnya Sheila on 7 Memutuskan Indie

Monday, August 29, 2016 - 13:52
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tahun 2014 lalu, Sheila on 7 secara mengejutkan mengumumkan bahwa album terakhir berjudul Musim yang Baik (2014) adalah album terakhir So7 di bawah label. Tepatnya selama 18 tahun berkarya dari tahun 1996 sampai 2014, Sheila on 7 berada di bawah label Sony Music Entertainment. Dibawah Sony, So7 berhasil menelurkan 10 album dimana hampir seluruh albumnya tersebut berhasil mendapatkan tempat tersendiri di mata penggemarnya.

 

Label vs Indie

Sheila on 7 adalah salah satu band yang beruntung karena mereka langsung mendapatkan kontrak jangka panjang dari label. Padahal banyak sekali band di luar sana yang sebenarnya memiliki potensi besar tetapi harus tertatih-tatih di jalur indie. Indie vs Label adalah perdebatan cukup lama di dunia musik, bahkan sekarang ada sebutan bahwa band yang ikut label dapat dicap sebuah band yang nggak idealis. Karena selera bermusiknya akan ditentukan oleh pasar, berbeda dengan indie yang bebas.

So7 pun merasa demikian. Enaknya ketika berada di bawah sebuah label adalah para personel So7 hanya fokus dalam bermusik. Promosi, konser sampai penggarapan album sudah ada yang mengurusi. Tetapi kompromi yang dirasakan oleh para personel So7 dalam setiap penggarapan album juga nggak kalah beratnya. Dan sekarang Sheila on 7 berada di titik jenuh, lalu kemudian memutuskan untuk keluar dari label.

 

Para personel Sheila on 7 sudah berkomitmen kuat

Memutuskan untuk terjun di jalur indie bukan perkara mudah. Para personel So7 yang sebelumnya hanya fokus untuk bermusik, sekarang harus mikir bagaimana rekaman sampai bagaimana cara untuk promosi album. Duta dan Adam ternyata sudah memikirkan hal tersebut. Duta dan Adam sekarang akan menggarap hal-hal yang berbau administrasi, sedangkan Erros akan fokus kepada penggarapan musik.

Yogyakarta dan Jakarta adalah dua tempat yang tepat untuk menggarap label indie. Yogyakarta dikenal dengan iklim indie yang bagus, sedangkan Jakarta dapat dijadikan ajang marketing. Wajib ditunggu, album terbaru So7 dibawah indie label.