Trending
Selasa, 30 Agustus 2016

Album Baru Shaggydog yang Lebih Berwarna

  • Share
  • fb-share
Album Baru Shaggydog yang Lebih Berwarna

Shaggydog terakhir mengeluarkan album pada tahun 2009 berjudul Bersinar. Setelah vakum selama 7 tahun, Shaggydog akhirnya menelurkan album terbaru berjudul Putra Nusantara (2016). Album keenam Shaggydog ini dirasa istimewa, karena sebelumnya Shaggydog berhasil manggung di Amerika Serikat. Bahkan sebelum album keluar, mereka sempat “mengasingkan” diri di salah satu vila di Yogyakarta untuk fokus menciptakan aransemen lagu.

 

Manggung di SXSW berkat iseng-iseng berhadiah

Digawangi oleh Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyo, para punggawa Shaggydog ini sebenarnya nggak pernah benar-benar vakum. Karena sepanjang tahun 2009 sampai awal 2016 mereka masih sibuk manggung kesana-kemari. Baru pada tahun 2015 mereka ingin fokus untuk menggarap album baru. Tetapi album baru yang seharusnya muncul di awal tahun 2016 harus mundur karena mereka mendapatkan kesempatan manggung di South by South West (SXSW) di Texas, Amerika Serikat.

Ceritanya Shaggydog bisa manggung di SXSW yang pernah diisi musisi terkenal dunia ini terbilang cukup unik. Manajemen Shaggydog sudah lama mengirimkan album dan profil kepada panitia SXSW. Ternyata pada akhir tahun 2015, Shaggydog berhasil diundang. Hampir 10 ribu band dari seluruh dunia yang mengirimkan demo dan profil seperti Shaggydog, tetapi semua tidak seberuntung Heru dan kawan-kawan.

 

Album yang lebih berwarna

Sekembalinya dari SXSW, Shaggydog langsung ngebut untuk menyelesaikan album terbarunya tersebut. Di album terbarunya tersebut, Shaggydog mengatakan ini adalah album paling berwarna. Ada beberapa lagu yang berkolaborasi dengan musisi terkenal, semacam Sujiwo Tedjo, Iwa K, Danar Pramesti dan pemain harmonika asal Jepang Tony The Weed. Berisikan 12 lagu, Shaggydog menggabungkan berbagai jenis musik. Mulai dari reggae, ska, rock, jazz, folk dan ada lagu yang berjenis macapat.

Album ini juga spesial karena mastering dilakukan di Abbey Road Studio, London dan digarap langsung Andy Walter yang pernah menangani U2, Coldplay sampai Radiohead. Jika lo penasaran sama album Shaggydog ini, coba dengerin Putra Nusantara atau Kere Hore.

 

Source: rollingstone.co.id

Comments
SRI YAYA ASTUTI
Manggung di SXSW berkat iseng-iseng berhadiah
nicolas filbert tandun
Album ini juga spesial karena mastering dilakukan di Abbey Road Studio