Trending
Rabu, 14 September 2016

Sekilas Tentang Musik Afro-Punk

  • Share
  • fb-share
Sekilas Tentang Musik Afro-Punk

Pada dekade 50an, di Amerika Serikat masih banyak terjadi tindakan-tindakan rasis atar orang kulit putih dan orang kulit hitam. Beberapa pergerakan memang terjadi di sekitar tahun 60an dan 70an, ketika itu beramai-ramai para aktivis kulit hitam melancarkan anti rasis. Salah satunya pergerakan tersebut datang dari musik. Artis-artis kulit hitam seperti Jackson 5 dan Jimi Hendrix, khususnya Jimi Hendrix yang menegaskan aliran musiknya adalah afro-punk.

 

Afro adalah jenis rambut kribo

Hampir semua orang kulit hitam mempunyai jenis rambut yang kribo. Itulah alasan mengapa banyak orang kulit hitam di Amerika Serikat lebih memilih gundul ataupun jika dipanjangkan dibentuk gimbal ala Bob Marley. Pada tahun 60an, orang kulit hitam dilarang untuk memanjangkan rambut karena terlalu menarik perhatian. Tetapi para aktivitas kulit hitam ini lebih memilih untuk memanjang rambut, oleh karena itu mereka dijuluki afro yang berasal dari kata Afro-American atau bisa juga disebut sebagai alami.

Jackson 5, The Supremes dan Jimi Hendrix adalah salah satu penggiat musik yang memiliki rambut afro lebat. Jackson 5 dengan Michael Jacksonnya sudah memakai model rambut afro sejak kecil. Sedangkan The Supremes yang merupakan grup band yang semuanya perempuan berambut afro.

 

Soul funk

Jimi Hendrix pernah mengatakan musik afro-punk adalah aliran musik yang universal. Jika dimainkan oleh Jimi Hendrix, maka afro-punk bisa berubah menjadi rock n roll, sebaliknya yang terjadi pada Jackson 5 yang bisa berubah menjadi pop. Pokoknya musik afro-punk ini bisa digunakan oleh siapa saja yang berkulit hitam dan berambut kribo. Belakangan musik afro-punk juga dimainkan oleh beberapa orang kulit putih yang respect dengan kulit hitam,

Sekarang afro-punk lebih identik dengan soul-funk, nggak lagi rock seperti zaman dahulu. Di Indonesia musisi kribo sangat banyak, zaman dulu ada Ahmad Albar dan Ucok AKA, bahkan Kaka Slank sempat berambut afro. Sekarang mungkin yang afro ada vokalis Maliq n D’essentials Angga yang beraliran soul funk.

Banyak orang yang terinspirasi untuk berambut afro karena salut dan respect terhadap pergerakan orang kulit hitam zaman dahulu. Dan semangat mereka dituangkan ke dalam musik.

Comments
Heni Oen
Kenal kaset usia udah tuwir
RACHMAN EFFENDI
owwhhh tambah luas ilmu yaa