Home Music Kenapa DJ Adalah Profesi yang Sedang Digandrungi?

Kenapa DJ Adalah Profesi yang Sedang Digandrungi?

Friday, September 16, 2016 - 18:36
Bagikan
Facebook Twitter Email

Dekat dengan kehidupan malam, bertemu dengan wanita-wanita cantik dan mungkin bisa bangun siang. Itu adalah sekilas kehidupan dari seorang Disc Jockey yang sekarang menjadi salah satu profesi yang sedang digandrungi. Mulai dari artis, pekerja hingga mahasiswa sudah beramai-ramai untuk belajar menjad seorang DJ handal. Sebenarnya enak nggak sih menjadi seorang DJ? Lalu yang terpinting adalah berapa bayaran seorang DJ?

 

DJ bukan sekedar memainkan lagu dan memutar tuner

Pada sekitar tahun 90an dan sebelumnya, menjadi seorang DJ adalah hal yang sangat rumit. Lo harus menyediakan piring hitam dulu, lalu berlatih setidaknya 5-6 jam sehari untuk mendapatkan musik yang enak didengar. Bahkan jika seorang DJ nggak memiliki turn table, maka DJ tersebut harus otodidak dan berimprovisasi ketika manggung. Tetapi sekarang, seorang DJ sudah bisa menyiapkan CD sendiri dengan lagu yang sudah siap dimainkan. Ketika di atas panggung, tinggal mixing tuner.

Seorang DJ memang bukan sekedar memainkan lagu di atas panggung. Tetapi mengaransemen sebuah lagu, membuat sebuah lagu sesuai ciri khas masing-masing. Tetapi pada kenyataannya, sekarang masih banyak DJ yang memainkan lagu orang lain dengan sedikit mixing. Seorang DJ seharusnya bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menciptakan musik yang sempurna. Ketika di atas panggung, sang DJ hanya memainkan beberapa tune agar pas dengan suasana café atau bar.

 

Berapa bayaran seorang DJ?

Lalu apakah dengan banyaknya orang yang berlomba-lomba menjadi seorang DJ ini menandakan gaji atau bayaran seorang DJ ini sangat banyak? Jawabannya nggak Urbaners. Seorang DJ pemula malah nggak mendapatkan bayaran untuk manggung. Lalu bagaimana dengan bayaran seorang residence DJ? Biasanya seorang DJ tetap ini mendapatkan gaji sebesar 1 sampai 2 juta rupiah per bulannya. Jika ada event, baru mendapatkan honor tambahan sekitar 500 ribu sampai 1 juta.

Jadi pada intinya adalah menjadi seorang DJ ini bukan menjadi profesi yang mudah. Karena banyak sekali yang menjadi DJ, persaingan pada pekerjaan ini juga menjadi yang sangat ketat.

 

Source: artofmanliness.com