Trending
Jumat, 14 Oktober 2016

Lauren Kinsella Ratu Jazz Dari Inggris

  • Share
  • fb-share
Lauren Kinsella Ratu Jazz Dari Inggris

Dari namanya jelas nggak ada yang tahu bahkan mendengarnya saja belum pernah. Lauren Kinsella adalah penyanyi jazz asal Irlandia dan sekarang menetap di Inggris. Lauren Kinsella ini adalah penyanyi jazz spesialis konser jazz di seluruh dunia, Pokoknya Urbaners, jika lo lihat ada konser jazz terkenal di seluruh dunia, nama Lauren Kinsella pasti ada di sana.

Hal menarik dari Lauren Kinsella adalah teknik bernyanyinya yang sangat sempurna. Sejak kecil, ternyata Lauren Kinsella ini sudah belajar bernyanyi dan ketika remaja dirinya membabat habis seluruh les vokal yang ada di Irladia. Jadi wajar sekarang Lauren Kinsella bisa disebut sebagai ratu jazz dari Inggris.

 

Jazz adalah suara alam

Jika lo mendengar lagu-lagu dari Lauren Kinsella, lo akan mendengar bahwa musik jazz ternyata nggak selalu terdengar suara bass yang menggema atau tiupan trompet yang sangat khas. Lagu dari grup jazz-nya yaitu Snowpoet yang berjudul Butterflies juga terdengar seperti sedang di alam luas.

Tentu ini bukan menjadi suatu hal yang kebetulan. Lauren Kinsella sejak kecil ternyata sangat tertarik dengan apa pun yang berhubungan dengan suara. “Apa pun biasa disuarakan, mulai dari suara hewan ataupun suara yang keluar dari dalam mulut. Karena itu adalah sebuah nada,” ujar Lauren.

 

Improvisasi

Selain jazz dengan suara alam, Lauren juga sangat terkenal dengan nyanyian improvisasinya. Ketika kecil belajar balet, Lauren merasa tertekan. Tetapi setelah di jam terakhir, seluruh anak diharuskan mengeluarkan tari balet dengan ciri khas masing-masing. Dari situ Lauren sangat senang karena diberi kebebasan dalam menari. Dalam menyanyi pun demikian, Lauren sangat suka melakukan improvisasi ketika di atas panggung.

Jazz bukan musik yang stagnan, jazz itu berubah setiap waktu,” ujar Lauren menanggapi tentang improvisasi.

Dalam suatu tur di suatu negara, Lauren bersama band-nya hanya cukup mendengar satu kali lagu tradisional dan diubahnya menjadi musik jazz. Para penonton pun berdecak kagum dengan keahlian Lauren dan band-nya tersebut.

 

Source: irishtimes.com

Comments
Sarinah
Aktifitas keren
Heni Oen
Jazz adalah suara alam