• Music News
  • Rae Sremmurd, Berawal Dari Ruang Bawah Tanah Sang Bunda

Rae Sremmurd, Berawal Dari Ruang Bawah Tanah Sang Bunda

Mon, 19 December 2016

Mungkin lo jarang mendengar atau setidaknya membaca nama Rae Sremmurd sebelumnya. Meskipun nggak seberapa populer di Indonesia, namun di Amerika Serikat, duo rapper yang satu ini bisa dibilang sedang naik daun. Masih muda, lagu-lagu yang mereka buat tergolong sebagai favorit pecinta genre lagu hip hop. Siapa sangka, awal mula penampilan Rae Sremmurd justru di ruangan bawah tanah milik ibunya!

 

Masih muda namun banyak karya

Belum pernah dengar Rae Sremmurd? Duo hip hop ini terdiri atas adik kakak, Khalif ‘Swae Lee’ Brown dan Aaquil ‘Slim Jxmmi’ Brown. Swae Lee adalah pria kelahiran 1993, sedangkan sang adik, Slim Jxmmi, kelahiran tahun 1995. Beberapa lagu yang paling populer dari Rae Sremmurd adalah No Flex Zone dan No Type. Dua lagu tersebut masuk ke tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat dengan peringkat 36 dan 16 berturut-turut.

Ketika lo mendengar musik-musik yang mereka ciptakan, sekilas lo akan ingat lagu-lagu milik Drake. Dan meskipun keduanya masih tergolong muda, suara keduanya terdengar cukup berat bahkan nggak terlalu kedengaran kalau mereka masih muda.

 

Dua album, sering kolaborasi

Duo ini sebenarnya sudah tampil sejak tahun 2013 dengan nama Dem Outta St8 Boyz. Awalnya, duo hip hop ini hanya tampil sebatas pesta rumahan, bar, bahkan ruang bawah tanah milik ibu mereka. Saat itu, Swae Lee masih berjuluk Kid Krunk, sedangkan Slim Jxmmi punya nama panggung Caliboy.

Di awal tahun 2014, Dem Outta St8 Boyz bergabung dengan EarDrummers Entertainment. Di sinilah mereka mengganti nama grup duo dengan Rae Sremmurd yang merupakan kebalikan dari “Ear Drummers”. Album debut mereka, SremmLife, yang dirilis pada tahun 2015 menempati urutan ke 5 di Billboard 200 Amerika Serikat. Salah satu singlenya, No Flex Zone, kemudian di-remix dan dinyanyikan bersama dengan Nicki Minaj dan Pusha T. Bulan Agustus 2016, giliran album kedua, SremmLife 2, dirilis. Salah satu singlenya yang berjudul Black Beatles jadi andalan dalam album ini.

 

Ingin nikmati lagu-lagu milik Rae Sremmurd? Sebaiknya nikmati dulu Burn Slow yang merupakan single Wiz Khalifa featuring Rae Sremmurd. Baru nanti, No Flex Zone dan No Type bisa jadi awal untuk mengenal hip hop yang nigga banget ini.

Konser Drive-In akan Hadir di Jakarta

Thu, 04 June 2020
Konser musik drive-in dengan panggung megah dan kembang api, ditonton ratusan mobil

Belakangan ini, semakin banyak konser musik yang ditunda bahkan dibatalkan. Memang bukan jadi hal mengejutkan lagi, mengingat kondisi Indonesia terkini. Tetapi, ada kabar baik buat lo. Sebentar lagi lo bisa mengikuti konser musik, tetapi di dalam mobil.

Lo nggak salah baca, Bro. Konser drive-in akan hadir di Jakarta menghibur para pecinta musik yang sudah rindu berat, apalagi buat lo yang suka dengerin musik #MumpungLagiDirumah. Ini dia informasi lengkap mengenai konser unik ini.

 

Sudah Berhasil Diterapkan di Negara Lain

Seorang penyanyi wanita di atas panggung, ditonton oleh mobil-mobil di sebuah lapangan hijau

Pasti lo jadi bertanya-tanya apakah konser drive-in realistis untuk dilakukan. Jawabannya, tentu saja Bro! Konsep ini memang masih terdengar asing di telinga, namun ternyata sudah berhasil diterapkan di Amerika dan Eropa. Bahkan, musisi sekelas Keith Urban saja sudah menyelenggarakan konser drive-in pada bulan Mei lalu di Tennessee.

Nggak hanya itu saja, Amerika dan Eropa juga sudah mulai merencanakan serangkaian konser musik dengan konsep drive-in sejak bulan Maret. DJ D-Nice selepas manggung di acara konser drive-in ini juga mengungkapkan rasa antusiasnya. Di mana para penonton akan membunyikan klakson untuk menunjukkan apresiasi. Rasanya seperti konser pada umumnya. Tampaknya, para musisi juga ikut senang dan tertarik dengan adanya konsep baru ini.

 

Hadir di Bulan Agustus

Seorang penyanyi dengan gitar di atas panggung tampak di layar besar dalam sebuah konser drive-in

Melihat kesuksesan konser drive-in di luar negeri, Jakarta juga nggak mau ketinggalan. Rasanya, para pecinta musik di Indonesia sudah nggak sabar untuk bisa merasakan euforia sambil menikmati musik live. Kabar gembira buat lo, konser drive-in akan secara resmi digelar di bulan Agustus tahun ini.

Meski begitu, masih belum ada informasi lengkap mengenai line up konser ini. Diselenggarakan oleh Berlian Entertainment dengan Mata Elang Productions dan Mahaka Radio Integra, konser drive-in sudah memiliki akun Instagram resmi. Kalau lo tertarik untuk mendaftarkan diri segera mungkin, lo bisa melakukannya di sini.

 

Tetap Patuh Terhadap Protokol Kesehatan

Dua orang wanita duduk di atas mobil sambil mengenakan masker kain

Serupa dengan konsep bioskop drive-in, konser ini juga dinikmati di dalam mobil masing-masing orang. Tetap mengikuti himbauan dan protokol pencegahan virus, ya. Musisi-musisi di atas panggung tetap menjaga jarak satu sama lain. Selain itu, konsep drive-in juga memungkinkan lo untuk menikmati konser tanpa harus berdesakan dengan penonton lainnya.

Berlian Entertainment sendiri berkomitmen untuk menghadirkan konser yang mengedepankan aturan sesuai kondisi terkini. Maksudnya, konser yang akan diselenggarakan di bulan Agustus ini bisa dinikmati tanpa rasa khawatir akan penyebaran virus, namun diharapkan tetap waspada dengan kondisi kesehatan masing-masing.

 

Solusi untuk Industri Musik

Tampak konser sebelum COVID-19, ramai penonton yang berdempetan, empat orang di atas panggung

Seperti yang lo tahu, adanya pandemi ini membuat industri musik terpuruk. Nggak ada lagi konser atau acara musik, tempat orang-orang berkumpul untuk menikmati musik live dari musisi kesayangan. Alasan dibuatnya konser drive-in ini adalah untuk membangkitkan kembali industri musik, menjadi secercah harapan bagi para musisi serta pecinta musik, dan menggerakkan roda ekonomi yang bertumpu sepenuhnya pada musik.

Konser bisa ditonton dari dalam mobil, alunan musiknya juga bisa terdengar jelas meski lo ada di dalam mobil. Menurut Berlian Entertainment, konser ini akan tetap menghadirkan tata cahaya dan panggung spektakuler layaknya konser pada umumnya. Musik akan terhubung langsung ke jaringan FM radio di dalam mobil masing-masing.

 

 

Sources: The Jakarta Post, Billboard, Kompas