Trending
Senin, 23 Januari 2017

Jazz di Pantai? Tidak Masalah

  • Share
  • fb-share
Jazz di Pantai? Tidak Masalah

Pantai sering menjadi venue pertunjukan. Biasanya dance atau folk sekalian. Tapi untuk jazz? Rasanya baru Sarapan Jazz yang melakukannya di Indonesia.

Pantai Watu Kodok berjarak sekitar dua jam dari pusat kota Jogjakarta. Lokasi tepatnya ada di kompleks Pantai Baron di Wonosari, salah satu kota pesisir Pantai Selatan Jawa yang kesohor sebagai tempat liburan alternatif untuk orang Jawa Tengah.

Akses untuk masuk ke pantai ini, sudah bagus. Hanya, jalan berliku yang mengelilinginya, mungkin membuat orang tersasar. Selain Pantai Watu Kodok, ada beberapa pantai lain yang juga bisa dikunjungi. Infrastrukturnya sedang dalam tahap berkembang, jadi belum sepenuhnya bagus.

Bibir pantainya, tidak jernih sepenuhnya. Tapi, cukup ideal untuk menjadi tuan rumah sebuah festival musik.

Selain pantai landai yang bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor, ada sejumlah warung dan penginapan yang bisa melengkapi fasilitas dasar pantai ini. Tercatat, ada sejumlah guest house yang terletak di dataran tinggi pantai, berjarak sekitar dua ratus meter dari lokasi panggung utama.

Pengalaman menyaksikan musik di bibir pantai, sungguhlah unik. Kalau bosan, tinggal jalan beberapa belas langkah dan berenang. Ketika letih, tinggal menikmati musik kembali.

Di Sarapan Jazz 2017, beberapa rombongan pengunjung juga secara khusus menggelar tenda di pinggir pantai dan menyiapkan alat panggang yang siap untuk digunakan sebagai alat pembakar makanan. Benar-benar khas liburan di pantai yang akrab dengan orang kota.

Kemungkinan-kemungkinan aktivitas itu, membuat sebuah festival musik punya nilai lebih ketimbang sesuatu yang biasa dilakukan di kota. Makin majemuknya pilihan untuk berkegiatan tentu saja, makin memanjakan penonton yang datang untuk menikmati musik.

Karena jadwal yang padat, tentu saja festival ini menuntut orang untuk bermalam dan tidur di bawah langit langsung. Kendati hujan deras di malam hari, tetap saja kegiatan di alam terbuka ini bisa menjadi alternatif penyegaran bagi mereka yang datang.

Selama dua hari, Pantai Watu Kodok kebagian giliran untuk menjadi tuan rumah yang baik. Ratusan orang datang dan meluangkan waktu. Tidak apa akhir pekan dicuri untuk liburan jazz yang unik dan menarik.

Comments
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya
Ahdan Maulana Muhammad
Keren banget