Sarapan Jazz yang Berkesan - MLDSPOT

Sarapan Jazz yang Berkesan

Mon, 23 January 2017

Satu lagi festival jazz seru kejadian di Indonesia: Sarapan Jazz. Dimulai larut malam, dilanjutkan pada pagi hari sampai menjelang siang. Tempatnya: Pinggir pantai.

Insan jazz Indonesia seolah tidak kehilangan ide baru untuk merayakan musik. Pantai Watu Kodok di pesisir Pantai Selatan Jawa, menjadi tuan rumah bagi Sarapan Jazz 2017, festival baru yang dihelat oleh Jazz Mben Senen, komunitas jazz yang sudah cukup lama eksis di Jogjakarta.

Acara ini mulai diperkenalkan ke orang banyak sejak penyelengaraan Ngayogjazz 2016 yang lalu. Secara khusus, flyers acara disebar. Menjadi tantangan tersendiri untuk mendorong orang datang pada hari biasa. Terlebih, waktu festival ini tidak biasa. Dimulai di malam hari dan berlanjut di waktu yang sangat pagi sampai tengah hari.

Perjalanan dari pusat kota Jogjakarta pun harus ditempuh. Menguras fisik dan waktu, tapi perpaduan musik dan pantai tidak pernah salah.

Keberanian untuk mencoba ide baru menemui jawabannya. Ratusan orang datang meluangkan waktu mereka untuk ikut serta di festival ini. Tenda-tenda yang disediakan panitia terisi penuh oleh para pengunjung yang berdatangan dari berbagai macam kota.

Menyelenggarakan festival yang harus berjalan selaras dengan alam, memang punya tantangannya sendiri. Maklum, ia selalu punya kuasa yang lebih besar. Manusia bisa berencana tapi alam juga yang menentukan. Sarapan Jazz mengalami tantangan yang sangat besar: Hujan.

Secara konstan, ia turun; kadang dalam bentuk yang deras, kadang rintik tapi awet. Ada banyak rencana yang harus disesuaikan. Misalnya saja, acara pagi hari yang dijadwalkan berlangsung sejak pukul lima pagi, harus diundur sampai sekitar tiga jam. Hujan yang turun sepanjang malam, benar-benar memaksa semua pihak untuk menyesuaikan diri.

Memang, ini sifatnya rain or shine event, sama seperti banyak festival yang berlangsung di alam terbuka lainnya. Tapi, tidak lantas membuatnya bisa diterjang begitu saja.

Yang perlu dicatat dan dirayakan adalah kesetiaan semua pihak untuk menunggu alam bersahabat untuk kemudian memainkan musik sekali lagi. Seluruh penampil bisa unjuk gigi dan festival selesai dilangsungkan dengan kesan mendalam.

Panggung yang berada benar-benar di bibir pantai menjadi saksi bagaimana serunya festival ini berlangsung. Suasana menikmati musik yang tidak biasa menjadi menu yang membekas di benak banyak orang yang datang ke sini.

Ini baru awalan, semoga komunitas Jazz Mben Senen punya banyak energi untuk meneruskannya di tahun depan karena Sarapan Jazz adalah salah satu festival jazz paling seru yang bisa didatangi beramai-ramai.

Setelah 12 Tahun, Kings of Convenience Ngasih Surprise Lagu Baru!

Sat, 08 May 2021
Kings of Convenience

Sejak awal mendengarkan lagu, apakah lo punya satu lagu yang selalu dikenang – iya kan? Sebagai penikmat musik, pastinya lo juga punya musisi atau band yang selalu jadi favorit lo kan?

Mungkin sekarang musisi atau band yang dulu lo suka dengerin udah nggak produksi lagu lagi dan alhasil lo dengerin lagu-lagu lawanya lagi dan lagi. Kalo kayak gini, lo pasti jadi kangen sama musisi atau band favorit lo itu nggak sih? Pasti lo pengen dong denger mereka punya lagu baru.

Baru-baru ini, duo folk asal Norwegia – Kings of Convenience mengumumkan bahwa mereka bakal kembali produktif bermusik dalam waktu dekat. Kembalinya duo ini diawali dengan merilis single baru.

Lagu baru yang ear-catchy dan jadi yang pertama setelah 2009 lalu pastinya bikin para penggemarnya. Penasaran kembalinya grup ini kayak apa? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kembali Setelah 12 Tahun

Setelah terakhir mengeluarkan karyanya pada 2009 lalu, duo musik ini sebenarnya sudah membocorkan kalo mereka bakal kembali ke dunia musik sejak 2019 lalu. Kabar baik dari duo musik ini tentunya disambut baik oleh para penggemarnya.

Kabar burung ini beredar karena mereka sempat mengatakan bahwa akan menggarap album keempatnya. Namun saat merekam, mereka merasa kurang materi dan kurang sempurna pada proses produksinya. Akhrinya, mereka mencoba istirahat sejenak dan baru sempat melanjutkan proyek ini hingga dirilis pada 2021 ini.

Comeback dengan Lagu “Rocky Trail”

Kings of Convenience

Credit image – Kings of C on Twitter

Comeback ini ditandai dengan dirilisnya single baru mereka dengan tajuk “Rocky Trail”. Duo yang terdiri dari Erlend Øye dan Eirik Bøe ini kayaknya benar-benar serius akan kembali menjadi produktif dalam bermusik lagi.

Lagu yang ear-catchy ini emang jadi lagu yang worth it banget buat dinikmati setelah 12 tahun lamanya para penggemar nggak menikmati lagu baru dari mereka. Tapi yang menjadi fakta unik – lagu ini sebenarnya udah mereka rekam pada tahun 2016 lalu. Lalu akhirnya mereka memutuskan untuk merilis lagu “Rocky Trail” sebagai penanda comeback mereka di tahun 2021.

Menyapa Penggemar Kembali

Kings of Convenience

Credit image – Spotify

Sebagai musisi yang udah cukum lama vakum dari dunia musik, Kings of Convenience pastinya banyak dirindukan oleh banyak penikmat musik. Musisi yang terakhir kali meluncurkan karya mereka pada 2009 dengan album “Declaration of Dependence”.

Jadi album terakhir dalam vakumnya – dan berhenti berkarya selama 12 tahun, lagu “Rocky Trail” berhasil bikin para penggemarnya menghilangkan rasa kangennya.

Pada perilisan lagu ini – tepatnya 27 April 2021 kemarin, Kings of Convenience mengunggah pengumuman comeback-nya melalui jejaring Instagram bahwa mereka akan merilis lagu baru. Lagu baru ini juga bukan lagu yang satu-satunya dirilis untuk comeback-nya, melainkan jadi awal dari langkah baru mereka dalam bermusik.

Unggahan mereka pada instagram yang bertuliskan “Thanks for waiting, hope you will like it – Erlend and Erik“ ini berhasil membuat para penggemar nggak sabar menantikan lagu baru lainnya yang akan dirilis di tahun ini.

Penasaran nggak sih sama lagu-lagu baru yang bakal dirilis sama King of Convenience? Tungguin aja perilisan satu album comeback dari duo ini ya, bro!

 

Feature image – Rocky Trail